Presiden Jokowi Serahkan Bonus Apresiasi Sejumlah Rp 289 Miliar kepada Atlet SEA Games 2023

Berita398 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan penghargaan dan apresiasi atas prestasi para atlet Indonesia yang berlaga di ajang SEA Games ke-32 yang diselenggarakan di Kamboja, 5-17 Mei 2023 lalu.

Penghargaan berupa bonus dengan jumlah total Rp 289 miliar itu, diserahkan oleh Presiden kepada para atlet, Senin petang (5/06/2023), di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa masyarakat Indonesia sangat bangga atas perolehan medali yang diraih pada ajang SEA Games tahun ini.

“Atas nama masyarakat, atas nama rakyat, atas nama bangsa, atas nama negara saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas perjuangan saudara-saudara semuanya, baik para peraih medali, para atlet, para pelatih, asisten pelatih, para pendamping, semua yang telah bekerja keras untuk mencapai itu,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi berjalan menyapa para atlet usai menyerahkan bonus apresiasi kepada perwakilan atlet dan pelatih peraih medali SEA Games ke-32. (Foto: Setpres)

Dalam ajang SEA Games ke-32 itu, kontingen Indonesia berhasil memperoleh 276 medali, terdiri atas 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu.

Presiden mengatakan, perolehan medali tersebut, khususnya medali emas, telah melampaui target yang ditentukan sebelumnya.

“Kita ingat saat pemberangkatan, saya bertanya ke Menpora target medali emas berapa, beliau menyampaikan, ‘Pak minimal 60.’ Saya bilang, ‘Saya enggak mau 60, minimal 69’, dan sekarang di Kamboja dapatnya 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu,” jelas Presiden Jokowi.

Pada beberapa Cabor, Presiden mengaku gembira sekaligus terkejut atas perolehan medali emas yang sudah dinanti sejak lama.

Seperti pada Cabor bola basket putri yang berhasil menyabet medali emas setelah penantian selama 64 tahun dan Cabor hoki dalam ruangan putra, serta kriket putri yang juga berhasil membawa pulang emas sejak pertama kali Indonesia mengikuti ajang SEA Games.

“Dan juga tim sepak bola yang sudah 32 tahun enggak pernah kita itu dapat emas, 32 tahun enggak pernah dapat emas ini dapat,” lanjut Presiden

Atas perolehan medali tersebut, pemerintah pun memberikan bonus apresiasi dengan nilai total Rp289 miliar untuk para atlet, pelatih, dan asisten pelatih.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyerahkan bonus apresiasi secara simbolis kepada perwakilan atlet peraih medali, yaitu:

1. Emas beregu (Rp 367,5 juta) kepada Rizky Ridho, Cabor sepak bola putra;
2. Emas beregu (Rp 367,5 juta) kepada Henny Sutjiono, Cabor bola basket putri;
3. Emas beregu (Rp 367,5 juta) kepada Muhammad Alfiana, Cabor hoki dalam ruangan putra;
4. Emas beregu (Rp 367,5 juta) kepada Andriani, Cabor kriket putri;
5. Emas perorangan (Rp 525 juta) kepada Odekta Elvina Naibaho, Cabor atletik maraton;
6. Emas perorangan (Rp 525 juta) kepada Janis Rosalita Suprianto, Cabor finswimming;
7. Perak ganda/pasangan (Rp 252 juta) kepada Ririn Rinasih, Cabor pencak silat;
8. Perak perorangan (Rp 315 juta) kepada Nurul Akmal, Cabor angkat beban putri;
9. Perunggu beregu (Rp 110,25 juta) kepada Agustin Gradita Retong, Cabor bola basket putri; dan
10. Perunggu ganda/pasangan (Rp 126 juta) kepada Dhendy Krhistanto, Cabor biliar.

Para atlet berswafoto dengan Presiden Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jakarta, usai menerima bonus dari Presiden. (Foto: Setpres)

Selain itu, bonus apresiasi secara simbolis juga diserahkan kepada perwakilan pelatih peraih medali emas, yaitu Indra Sjafri dari Cabor sepak bola putra sebesar Rp 315 juta, July Wong dari Cabor bola basket putri sebesar Rp 157,5 juta, dan Wirjawan Sugiharta dari Cabor tenis Rp 315 juta.

Presiden pun berpesan agar bonus apresiasi tersebut sedapat mungkin dimanfaatkan sebaik mungkin utamanya untuk investasi jangka panjang.

“Saya titip ini karena perjuangan saudara-saudara masih panjang dalam meningkatkan prestasi di masa yang akan datang,” tandas Presiden Jokowi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sekkab Pramono Anung, Menpora Dito Ariotedjo, Menkeu Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *