BUMN Gelar Fordigi Goes to Campus di Unhas untuk Dorong Tumbuhnya Talenta Digital

Berita, Kabar Unhas651 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar program forum digital (Fordigi) BUMN bertajuk Fordigi Goes to Campus, di Ballroom Unhas Hotel & Convention, Selasa (6/06/2023).

Fordigi Goes to Campus yang diikuti 500 orang mahasiswa ini mengangkat tema, “Unlock Growth Using Combined Principle of Insight, Identity and Innovation”.

Makassar adalah kota keempat yang menjadi tempat kegiatan Fordigi setelah Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Kegiatan Fordigi Goes to Campus ini akan menyambangi 10 kota di Indonesia.

Ketua Bidang IV Fordigi Beatrix Santi Anugrah mengatakan, kegiatan Fordigi Goes to Campus bertujuan untuk melakukan akselerasi transformasi digital untuk mengubah Indonesia semakin modern dan mampu menghadapi tantangan.

“Membentuk ekosistem digital tidak mudah. Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong pertumbuhan talenta digital untuk transformasi digital,” ujar Beatrix.

Seorang peserta Fordigi Goes to Campus tampil memberikan testimoni terkait materi yang didiskusikan dalam kegiatan ini.

Senada dengan Beatrix, Deputi Bidang Manajemen SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, juga menekankan pentingnya kehadiran talenta digital dalam era transformasi digital saat ini.

“Kebutuhan talenta digital menjadi kunci, itu menjadi kebutuhan secara nasional. Teknologi atau inovasi digital itu penting, kita harus fokus untuk transformasi dengan prinsip kolaborasi. Growth mindset harus ada,” tegas Tedi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg. M. Ruslin, M.Kes., Sp.BM(K), dalam sambutan pembukaannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh jajaran BUMN yang bertandang ke Unhas.

“Kami yakin kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk menjalin hubungan kerja sama antara perguruan tinggi dan industri,” ujar Prof Ruslin.

Deputi Bidang Manajemen SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata menyerahkan cendera mata kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg. M. Ruslin, M.Kes., Sp.BM(K).

Ia menjelaskan, Unhas saat ini mulai merombak tata kelola kampus untuk beradaptasi dan menyambut era digitalisasi. Salah satu terobosan Unhas adalah memberlakukan ijazah bertanda tangan digital.

Pada sesi diskusi panel tampil sebagai pembicara, adalah Kepala Divisi Kelembagaan & Strategi Korporasi Jasa Raharja, Radito Risangadi; IT Division Head PT Taspen, Henrisa Yunan Lubis; dan IT Expert yang juga dosen Unhas, Prof Indrabayu.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur PT Jasa Raharja Munadi Herlambang, dan sejumlah pejabat BUMN lainnya.

Dari pihak Unhas, hadir Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier Abdullah Sanusi, Ph.D, Kasubdit Penyiapan Karier Sahriyanti Saad, Ph.D, dan Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa Catharina, M.M. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *