Tiba di Port Moresby, Presiden Joko Widodo Disambut Perdana Menteri Marape

Berita843 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Setelah menyelesaikan agenda lawatannya ke negeri kanguru Australia, Presiden Joko Widodo beserta rombongan selanjutnya bertolak ke Papua Nugini, Rabu (5/07/2023). Presiden beserta rombongan bertolak dari Bandara Internasional Kingsford Smith Sydney, sekitar pukul 07.20 waktu setempat, menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Tampak melepas keberangkatan Presiden menuju Port Moresby, adalah Duta Besar RI untuk Australia Siswo Pramono beserta istri, dan Atase Pertahanan RI untuk Australia Laksma TNI Anak Agung Oka Wirayudha beserta istri.

Dari pihak Australia, adalah Menteri Perencanaan dan Ruang Publik Australia Paul Scully, Menteri Pendidikan Australia Jason Clare, Direktur Protokol New South Wales Leanne Byrne, Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams, Sekretaris Gubernur New South Wales Christopher Sullivan, dan Sekretaris Gubernur Jenderal Australia Paul Singer.

Setelah menempuh penerbangan sekitar 3,5 jam, Presiden Joko Widodo beserta rombongan tiba di Bandara International Jacksons, Port Moresby, Papua Nugini, sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape menyambut kedatangan Kepala Negara di bawah tangga pesawat.

Selanjutnya, PM Marape memperkenalkan para penyambut dari Papua Nugini, yakni Menteri Acara Kenegaraan Justin Tkachenko, Gubernur Ibu Kota Negara Powes Parkop, Kepala Sekretariat Departemen Pemerintahan Kantor PM dan NEC Ivan Pomaleu, Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri Elias Wohengu, dan Panglima Angkatan Bersenjata Mayor Jenderal Mark Goina.

Presiden Joko Widodo melambaikan tangan di pintu pesawat sebelum terbang menuju Port Moresby, Papua Nugini, dari Bandara Internasional Kingsford Smith Sydney, Rabu pagi (5/07/2023). (Foto: BPMI Setpres).

Sementara itu, dari pihak Indonesia yang menyambut kedatangan Kepala Negara, adalah Duta Besar RI untuk Papua Nugini Andriana Supandy dan Atase Pertahanan KBRI Port Moresby, Kolonel Inf Piter Dwi Ardianto.

Usai perkenalan, kedua pemimpin menuju panggung kehormatan dengan iringan dentuman meriam untuk kemudian mendengarkan lagu kebangsaan. PM Marape kemudian mempersilakan Presiden Jokowi untuk melakukan pemeriksaan pasukan jajar kehormatan.

Setelah itu, Presiden Jokowi bersama PM Marape berdiri di panggung kehormatan untuk kembali mendengarkan lagu kebangsaan dari kedua negara.

Usai menjalani upacara penyambutan yang berlangsung sekitar 30 menit, Presiden Joko Widodo kemudian menyaksikan tarian ‘Hiri Motu’ sebelum menuju mobil untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.

Di Papua Nugini, Presiden Joko Widodo diagendakan untuk melakukan pertemuan dengan Gubernur Jenderal Papua Nugini Bob Dadae. Selanjutnya, Presiden dijadwalkan melakukan pertemuan tatap muka dan pertemuan bilateral dengan PM Papua Nugini, James Marape. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *