Anggota SAR Unhas Raih Juara I Pada Perlombaan Orienteering Labirin Woman 21 FORNAS VII di Jawa Barat

Berita, Kabar Unhas797 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Rostika Salenda Paseleng, anggota SAR Unhas berhasil meraih juara 1 pada perlombaan orienteering kategori labirin women 21.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Federasi Orienteering Indonesia (FONI) ini berlangsung di Jawa Barat pada Rabu-Jumat (5-7/07/2023), dan diikuti utusan dari beberapa daerah di Indonesia.

Sulawesi Selatan menurunkan 12 orang atlet atau orienteer untuk berlaga meraih prestasi terbaik dalam perlombaan ini. Setelah mengikuti seluruh rangkaian lomba, kontingen Sulsel akhirnya berhasil meraih 2 medali emas dan 1 perak.
.
Bagi Rostika, prestasi yang ia raih diharapkan dapat menjadi sumber motivasi agar lebih meningkatkan kemampuan dan skill-nya. Ini

Orienteering adalah olahraga adu kecepatan dan ketepatan yang bisa dilakukan menggunakan kaki (foot orienteering), bersepeda (bike orienteering), ski orienteering, dan masih banyak cara yang bisa digunakan.

Para orienteer asal Sulsel yang ikut berkompetisi pada FORNAS VII di Jawa Barat. (Foto: Ist.)

Dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VII di Jawa Barat itu, hanya Foot Orienteering dengan tipe Middle Sprint Orienteering yang diperlombakan.

Para orienteer menggunakan kaki (lari/berjalan) untuk mengunjungi titik kontrol secara berurutan (point to point) dengan tepat hingga mencapai finish dalam waktu yg telah ditentukan.

Selain Tipe Middle Sprint Orienteering, FORNAS VII juga memperlombakan tipe Maze Orienteering Labirin (Foot). Para atlet atau orienteer bermain dan berlomba pada arena berbentuk labirin dengan konsep point to point untuk mencapai finish.

Sebelum mengikuti perlombaan, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan para orienteer, yakni persiapan fisik dan latihan rutin, untuk mengasah skill dan kemampuan orientasi peta. (*/rs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *