Berlangsung Khidmat, Karyawan PT Tiran Group Bersama PP IKA Unhas Peringati HUT Kemerdekaan RI di Halaman AAS Building

Berita, Kabar Alumni858 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Ekspresi rasa nasionalisme dan semangat kebangsaan terasa kental di mana-mana, dari kota hingga pelosok dalam berbagai permainan dan atraksi, pada memontum memperingati HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, tidak hanya dilaksanakan oleh instansi pemerintah dan BUMN, tetapi juga oleh instansi dan perusahaan swasta dan komunitas.

Karyawan PT Tiran Group dan anggota PP IKA Unhas yang berjumlah kurang lebih 100 orang, juga melaksanakan upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kamis (17/08/2023), di halaman kantor PT Tiran Group AAS Building, jalan Urip Sumoharjo, Makassar.

Bertindak sebagai inspektur upacara, adalah Dirut PT Tiran Group Justan Riduan Siahaan, AK, M.Acc. Sedangkan sebagai komandan upacara adalah Ridwan, anggota sekuriti AAS Building.

Peserta upacara dari karyawan PT Tiran Group dan PP IKA Unhas dengan khidmat menghormat kepada sang saka Merah Putih. (Foto: Tiran Group/Didit)

Inspektur upacara dalam amanatnya mengatakan bahwa upacara memperingati HUT kemerdekaan RI, menyadarkan kita tentang sejarah perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang bangsa kita di masa lalu.

Di masa pandemi Covid-19 yang lalu, upacara peringatan kemerdekaan tidak bisa dilaksanakan secara bebas karena pembatasan aktivitas sosial.

Kini keadaan sudah kembali normal, rakyat sudah bisa berkegiatan secara leluasa tanpa pembatasan sosial lagi.

“Melihat kondisi negara kita saat ini, tidaklah elok jika kita tidak menyadari bagaimana negara kita ini dibentuk. Baru saja kita mendengarkan ulang, termasuk saya sudah tiga tahun tidak pernah mendengarkan secara langsung, pembacaan ulang Proklamasi kemerdekaan RI yang dibacakan oleh Presiden Soekarno bersama Bung Hatta pada saat itu,” ujar Justan.

Direktur AAS Foundation memabacakan Teks Proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945. (Foto: Tiran Group/Didit)

Melihat diksi yang ada dalam Proklamasi itu, kata Justan, bahwa mengisi kemerdekaan dan segala sesuatu harus dilakukan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Hal ini mengingatkan mengenai pentinganya seluruh karyawan PT Tiran Group segera melaksanakan apa yang diperintahkan, baik oleh owner maupun pimpinan perusahaan.

“Dan kalau kita ingat owner kita, kalau ada perintah haruslah dilaksanakan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Itulah dasar kita,” ujar Justan.

Kalau kita melihat perjuangan bangsa kita dulu, hanya bersenjatakan dengan bambu runcing, tetapi dapat meraih kemerdekaan. Itu menunjukkan semangat juang yang tinggi untuk mencapai kemerdekaan.

“Ayo kita camkan konsep, prinsip dan semangat juang itu untuk memajukan semua perusahaan yang tergabung dalam Tiran Group,” tandas Dirut.

Menurut Dirut, pajak yang dibayar oleh perusahaan kepada negara yang jumlahnya besar yang dinikmati oleh masyarakat, seperti infrastruktur menjadi sarana untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Begitu juga gaji yang dibayarkan kepada pegawai yang dinikmati oleh keluarganya.

“Hal itulah yang terkandung dalam makna dasar negara kita Pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tandas Justan.

Anggota PP IKA Unhas yang mengikuti upacara memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI di halaman AAS Building. (Foto: Tiran Group/Didit)

Tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum ini untuk mewujudkan Indonesia maju.

Hadir dalam upacara pagi tadi, dari PT Tiran Group adalah Direktur Pengadaan dan Teknis, Avanti S. Uloli, Direktur Legal Andi Damisnur, dan Deputy Direktur SDM Abdul Halim Sihotang.

Sedangkan dari PP IKA Unhas, hadir antara lain, Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Keanggotaan, A.M. Irwan Patawari, Wakil Bendahara Umum Poppy Trisnawati, Wakil Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan, Andi Amri, Sekretaris bidang Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Patris Suyuti, Ketua Bidang Komunikasi dan Informatika, Suwardi Thahir, Ketua bidang Koperasi Suharman Usman, dan Muhammad Ruslan dari kabarika.id. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *