Gelar BALANCE 2023, Rektor Unhas Tekankan Pentingnya Penguatan Karakter kepada Mahasiswa Baru

Berita, Kabar Unhas936 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Basic Learning Skills, Character and Creativity (Balance) untuk mahasiswa baru angkatan 2023, Sabtu (26/8/2023).

Balance merupakan salah satu program penerimaan mahasiswa baru di Unhas. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu pintu masuk mahasiswa baru Unhas untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus.

Selain itu, Balance juga menjadi wadah bagi mahasiswa Unhas dalam mengembangkan karakter dan soft skills sehingga dapat menjadi insan cendekia yang yang memiliki integritas, inovatif, katalistik, arif, dan berjiwa patriotik.

Seorang mahasiswa baru mengajukan pertanyaan pada narasumber pada program Balance untuk mahasiswa baru angkatan 2023, Sabtu (26/8/2023). (Foto: Humas Unhas)

Balance kali ini diikuti 8.724 mahasiswa baru program sarjana dan vokasi. Program ini akan digelar selama tiga pekan berturut-turut, setiap Sabtu secara luring. Selain mahasiswa baru, Balance juga melibatkan 249 instruktur yang merupakan dosen Unhas dan 256 mentor yang terdiri dari mahasiswa Unhas dari masing-masing fakultas.

Pada Balance pekan pertama ini, mahasiswa baru diberikan sejumlah pembekalan mengenai Pembelajaran Orang Dewasa dan Gaya Belajar, Alat Bantu Belajar dan Pencarian Literatur, serta Integritas Belajar.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc mengharapkan bahwa Balance ini menjadi wadah untuk membekali semua mahasiswa baru 2023 tentang karakter, keterampilan belajar dasar dan bagaimana menjadi mahasiswa yang kreatif.

“Masa transisi dari lingkungan sekolah ke lingkungan kampus itu tidak mudah. Oleh karena itu, melalui Balance ini mahasiswa baru diharapkan bisa mengembangkan karakter dan kemampuan-kemampuan belajar dasar yang akan berguna selama menempuh studi di Unhas,” ujar Prof JJ dalam sambutannya secara daring kepada peserta Balance.

Prof JJ menekankan bahwa Balance ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga lebih efektif untuk membantu mahasiswa baru memasuki dunia kampus.

“Semoga kegiatan ini dapat semakin menguatkan nilai-nilai Unhas kepada Maba 2023, yaitu menjadi insan cendekia yang yang memiliki integritas, inovatif, katalistik, arif, dan berjiwa patriotik,” tegas Rektor. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *