Wujudkan Kontribusi Nyata kepada Masyarakat, Unhas Laksanakan Pengabdian di Pulau Camba Cambang, Pangkep

Kegiatan ini merupakan bagian dari 32 jenis pengabdian yang telah dilaksanakan, sebagai rangkaian peringatan Dies Natalis ke-67 Unhas.

Berita, Kabar Unhas421 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Mewujudkan tanggung jawab sosial sebagai wujud komitmen dalam berkontribusi terhadap kehidupan masyarakat, Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan Pemkab Pangkep menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, di Pulau Camba Cambang, Kabupaten Pangkep, Selasa (29/08/2023).

Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian peringatan Dies Natalis ke-67 Unhas yang jatuh pada 10 September 2023 mendatang.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-67 Unhas, Prof. Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp.,M.Si, menjelaskan, dalam laporannya mengatakan bahwa sebelumnya panitia penyelenggara telah beraudiensi dengan Bupati Pangkep H. Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi.,M.Si untuk menindaklanjuti agenda pengabdian masyarakat bersama LPPM Unhas dan pimpinan OPD Pangkep.

Menurut Prof Ariyanti, ada 32 jenis kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan.

Bupati Pangkep H. Muhammad Yusran Lalogau mengamati produk olahan rumput laut dari pengabdian masyarakat Unhas yang diserahkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K), di Pulau Camba Cambang, Kabupaten Pangkep, Selasa (29/08/2023). (Foto: Humas Unhas)

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang SDM, Alumni, dan Sistem Informasi Unhas, Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan wujud komitmen dari tanggung jawab Unhas untuk optimalisasi kontribusi dalam peningkatan kemajuan daerah.

Prof Farida menambahkan, pengabdian dilakukan pada berbagai bidang dan disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi wilayah.

“Unhas terus berupaya menghadirkan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan. Kami datang bukan sebagai tamu, tapi ingin menjadi bagian dari masyarakat Pangkep,” ujar Prof. Farida.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pangkep H. Muhammad Yusran Lalogau mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Unhas, yang memberikan perhatian serius dalam upaya peningkatan kualitas dan kemajuan masyarakat Pangkep.

Yusran mengatakan, pembangunan suatu wilayah akan maju jika melibatkan perguruan tinggi dalam pengambilan kebijakan. Di Pangkep, lanjut Yusran, peran Unhas sangat dirasakan pada pembangunan dan tata kelola. Ia mengharapkan pengabdian tersebut terus berlangsung.

Wakil Rektor Bidang SDM, Alumni, dan Sistem Informasi Unhas, Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K), Ketua Majelis Wali Amanat Unhas, Prof Dr. Andi Alimuddin Unde, M.Si, Ketua Senat Prof. Dr. drg. Baharuddin Thalib, M.Kes., Sp.Pros(K), Ketua LPPM Unhas Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp.MK, foto bersama dengan Bupati Pangkep, H. Muhammad Yusran Lalogau di arena pameran produk hasil pengabdian masyarakat, di Pulau Camba Cambang, Kabupaten Pangkep, Selasa (29/08/2023). (Foto: Humas Unhas)

Dalam kegiatan tersebut, ada beberapa agenda yang dilaksanakan, yakni penyerahan bantuan tempat penyimpanan rumput laut yang berkapasitas 100 kilogram dari Unhas kepada Pemkab Pangkep.

Selain itu, juga dilaksanakan pameran produk hasil pengabdian masyarakat.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan penyerahan hasil olahan rumput laut dari pengabdian masyarakat, oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) kepada Bupati Pangkep dan Camat sebagai perwakilan dari masyarakat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga dihadiri Ketua Majelis Wali Amanat Unhas, Prof Dr. Andi Alimuddin Unde, M.Si, Ketua Senat Prof. Dr. drg. Baharuddin Thalib, M.Kes., Sp.Pros(K), Ketua LPPM Unhas Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp.MK, Sekretaris LPPM Unhas Ir. Suharman Hamzah, ST., MT., Ph.D (Eng), HSE, seluruh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan LPPM Unhas, seluruh Dekan Fakultas dan seluruh panitia dari Unhas dan Pemkab Pangkep. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *