Universitas Okayama dan FKM Unhas Sepakati Kerja Sama Riset serta Kolaborasi Publikasi Hasil Riset

Berita, Kabar Unhas510 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Sukri Palutturi, S.KM., M.Kes., M.ScPh., Ph.D menerima kunjungan rombongan dari Universitas Okayama, Jepang, Selasa (5/09/2023) di ruang rapat FKM Unhas kampus Unhas Tamalanrea, Makassar.

Rombongan tersebut terdiri dari 14 mahasiswa dan tiga orang dosen. Yaitu, Prof Masahiro Kuroda, Ph.D, ahli di bidang radiation oncologist; Dr. Takahiro Kataoka ahli di bidang radiation technologist, dan Dr. Masataka Oita ahli di bidang medical physicist.

Dekan FKM Unhas Prof Sukri Palutturi mendatangani naskah IA/MoA dengan disaksikan oleh Prof Masahiro Kuroda dari Universitas Okayama, Jepang, Selasa (5/09/2023) di ruang rapat FKM Unhas kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. (Foto: Humas Unhas)

Kedua belah pihak menyepakati untuk menggiatkan lagi kegiatan-kegiatan kerja sama yang meliputi pertukaran civitas academica untuk pembelajaran dan riset, kolaborasi riset dan publikasi hasil riset, penggabungan kurikulum program studi untuk tingkat sarjana dan tingkat magister.

Selain itu, juga dirintis kerja sama promosi sumber daya untuk program akademik dan pelaksanaan seminar/konferensi internasional, dan kerja sama lainnya yang bertujuan meningkatkan kapasitas akademik kedua belah pihak.

Setelah melalui pembicaraan yang intens, kedua belah pihak sepakat menandatangani Implementing Arrangement or Memorandom of Agreement (IA/MoA), berlangsung di ruang dekan FKM Unhas dan disaksikan oleh dekan Fakultas Kedokteran Gigi yang merupakan kolega para dosen dari Universitas Okayama itu.

Pimpinan dan mahasiswa FKM Unhas foto bersama dengan rombongan mahasiswa dari Universitas Okayama, Jepang, usai meninjau sejumlah laboratorium dan prasarana pendukung kegiatan akademik di FKM, Selasa (5/09/2023) di ruang rapat FKM Unhas kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. (Foto: Humas Unhas)

Acara penandatanganan kesepakatan tersebut, disaksikan oleh wakil dekan FKG bidang akademik dan kemahasiswaan, wakil dekan FKG bidang kemitraan, riset dan inovasi, ketua program studi S1 ilmu kesehatan masyarakat FKM, serta beberapa dosen dari FKM.

Setelah acara penandatanganan dokumen MoA, dilanjutkan dengan kunjungan oleh 14 mahasiswa Okayama ke laboratorium yang ada di FKM, yaitu Laboratorium Biokimia dan Biofisik, Laboratorium Komputer, serta sarana dan prasarana lainnya di FKM. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *