Pemerintah Bulukumba Nantikan Peran Strategis IKA Unhas dalam Memajukan Daerah Melalui Kreasi dan Inovasi

Berita, Kabar Alumni775 Dilihat

KABARIKA.ID, BULUKUMBA – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf memberi perhatian khusus terhadap acara pelantikan pengurus IKA Unhas daerah Bulukumba periode 2023-2027.

“Biasanya Sabtu-Minggu saya sudah tidak ada di Bulukumba, tapi karena ini spesial ada pelantikan pengurus IKA Unhas Bulukumba, maka saya harus ada di sini,” ujar Andi Muchtar dalam sambutannya pada acara pelantikan pengurus IKA Unhas daerah Bulukumba, Sabtu malam (16/09/2023) di Ballroom Hotel Agri, jalan Suprapto, Ujung Bulu, Bulukumba.

Pada kesempatan itu, Bupati yang akrab disapa Andi Utta itu, mengajak IKA Unhas Bulukumba berkontribusi positif dan strategis membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta memajukan daerah Bulukumba.

“Sekiranya IKA Unhas nantinya menjadi lembaga atau organisasi Litbang yang bisa memberi kontribusi, ini yang saya sangat harapkan. Bukan sekadar organisasi, tapi bagaimana alumni Unhas membantu pemerintah Bulukumba, apa yang harus dilakukan dengan segera sehingga mempercepat pembangunan Bulukumba,” ujar Bupati Andi Utta.

Peran strategis IKA Unhas Bulukumba dalam dinamika pemerintahan dalam rangka mengakselerasi kemajuan daerah, sangat mungkin dilakukan. Sebab, jumlah alumni Unhas yang ada di Bulukumba saat ini mencapai angka 400 orang.

Ketua IKA Unhas daerah Bulukumba, Ir. Hj. Misbawati A. Wawo, M.M. mendampingi Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf saat memasuki ruang pelantikan pengurus IKA Unhas daerah Bulukumba periode 2023-2027, Sabtu malam (16/09/2023) di Ballroom Hotel Agri, jalan Suprapto, Ujung Bulu, Bulukumba. (Foto: Musralim Tahir)

Dalam jajaran pengurus IKA Unhas Bulukumba yang dilantik semalam yang jumlahnya sekitar 300 orang, 85 persen di antaranya adalah ASN yang telah menduduki jabatan strategis dalam pemerintahan daerah Bulukumba.

Menurut Bupati Andi Muchtar, Bulukumba memiliki potensi yang masih memerlukan sentuhan dan bantuan dari IKA Unhas untuk mengoptimalkan pemanfaatannya, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap alumni Unhas mempunyai peran strategis untuk membantu pemerintah daerah mewujudkan masyaratkat yang lebih produktif lagi, dengan kondisi pertanian dan perikanan yang masih perlu ditingkatkan pengelolaannya,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, Bulukumba memiliki potensi yang luar biasa, termasuk garis pantai sepanjang 128 kilometer. “Tentu ada berbagai macam potensi yang bisa kita maksimalkan, termasuk potensi wisatanya,” ujar Andi Muchtar.

IKA Unhas, lanjut Andi Muchtar, diharapkan bekerja secara maksimal dengan sumber daya yang ada dengan inovasi dan terbosan.

“Alumni Unhas nantinya bisa melakukan riset dan kajian untuk kemajuan daerah di masa depan, termasuk bagaimana mengatasi kekuarangan debit air yang kita alami yang kehilangan 30 kubik per detik,” tandas Bupati Andi Muchtar.

Namun, Bupati juga mengingatkan bahwa yang sangat dibutuhkan saat ini adalah program kerja yang dapat diaplikasikan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, bukan konsep yang bersifat angan-angan.

“Yang penting bagaimana aplikasinya, bukan bagaimana konsepnya,” tandas Bupati Andi Utta.

Ajakan dan harapan yang disampaikan oleh Bupati Bulukumba itu, merupakan tantangan sekaligus peluang yang harus segera ditangkap oleh pengurus IKA Unhas Bulukumba untuk membuktikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan daerah Bulukumba.

Melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, IKA Unhas Bulukumba dengan beragam latar belakang keilmuan dan keahlian, dapat menunjukkan perannya yang signifikan dalam mengakselerasi pembangunan daerah untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Dua masalah sosial yang perlu menjadi perhatian khusus, seperti disebutkan oleh Bupati Andi Muchtar, yakni masalah stunting dan kemiskinan ekstrem.

Problema sosial itu perlu dijadikan ladang pengabdian para alumni Unhas di Bulukumba untuk menyelesaikannya, seperti semangat dalam Mars Unhas.

Pengurus inti IKA Unhas Bulukumba yang dilantik semalam, adalah Ir. Hj. Misbawati A. Wawo, M.M. (ketua), A. Muhammad Nur Fajri (sekretaris), dan Arnisa Mustafa (bendara). (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *