Kontingen Indonesia Tampilkan Nuansa Bhinneka Tunggal Ika pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-19 Tiongkok

Berita1206 Dilihat

KABARIKA.ID, HANGZHOU – Upacara pembukaan Asian Games ke-19 2023 Hangzhou, Tiongkok berlangsung meriah dengan permainan tata cahaya yang menakjubkan.

Pembukaan berlangsung di Hangzhou Olympic Sports Expo Centre Stadium di Hangzhou, Tiongkok, Sabtu (23/09/2023). Acara dimulai pukul 20.00 waktu setempat, atau pukul 19.00 WIB.

Dihadiri langsung Presiden Republik Rakyat Tiongkok, Xi Jinping, dan dihadiri sederet undangan dari negara peserta, seperti Presiden Suriah Bashar al-Assad dan Perdana Menteri Korea Selatan, Han Duck-soo, serta Presiden Dewan Olimpiade Asia, Raja Randhir Singh dan Presiden Komite Olimpiade International, Thomas Bach.

Opening ceremony (upacara pembukaan) Asian Games 2023 diawali dengan persembahan tarian dan pertunjukan yang memperkenalkan aspek sosial budaya Tiongkok. Selanjutnya, defile peserta memasuki lapangan.

Kontingen Afghanistan peserta pertama yang memasuki lapangan dalam sesi pembawa bendera peserta. Tiongkok sebagai tuan rumah, menutup sesi defile dengan masuk terakhir.

Defile Indonesia dipimpin dua atlet perempuan, yakni Hernanda Zulfi dari cabang voli, dan Nandhira Mauriskha dari cabang wushu. Keduanya bertugas membawa bendera Merah Putih dan papan nama Indonesia di Hangzhou Stadium.

Tim Indonesia tampil menyajikan berbagai keberagaman budaya dalam acara ini.
Keberagaman budaya direpresentasikan melalui pakaian adat yang menghiasi defile Tim Indonesia.

Perwakilan atlet, ofisial dari cabang olahraga renang, voli indoor, hockey, modern pentathlon, wushu, taekwondo ikut dalam defile. Perwakilan atlet anggar, judo, rowing, tennis, skateboard, dan tinju serta tim Chef de Mission (CdM) juga ikut ambil bagian.

Kontingen Tim Indonesia dipimpin oleh Jadi Rajagukguk (Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia -NOC) selaku Vice CdM. Sedangkan CdM adalah Basuki Hadimuljono yang jga Menteri PUPR.

“Kebetulan Pak Bas selaku CdM baru bisa bergabung dengan tim mulai tanggal 24, jadi sehari setelah pembukaan. Sebab itu, saya sebagai Vice CdM yang menggantikan tugas beliau untuk memimping Kontingen Tim Indonesia di pembukaan,” kata Jadi.

Dalam defile, pembawa bendera, Nandhira mengenakan baju kurung adat Betawi berwarna kuning dibalut kerudung berwarna oranye. Ini melambangkan optimisme untuk mencapai prestasi terbaiknya di Asian Games 2023 Hangzhou.

Nandhira, atlet wushu kelahiran Jakarta, 4 Januari 1999, merupakan adik legenda wushu tanah air, Ahmad Hulaefi. Nandhira berhasil meraih dua medali emas saat tampil di Pekan Olahraga Mahasiswa se-dunia atau Universiade.

Nandhira juga merupakan peraih medali perak di SEA Games Vietnam 2021 di nomor Women’s Taolu Jianshu. Nandhira juga berhasil menorehkan prestasi di ajang ASEAN Wushu Festival 2021.

Sedangkan Hernanda Zulfi memakai baju adat Rote, pulau di ujung selatan Indonesia yang masuk Nusa Tenggara Timur.

Ia menggunakan jas putih tertutup yang bawahannya kain tenun dan topi tradisional khas Rote yang disebut Ti’i Langga.

Hernanda lahir 27 Januari 1997. Atlet dengan tinggi badan 197 cm merupakan atlet kelahiran Kota Batam.

Ia merupakan middle blocker Tim voli Indonesia. Ia turut membawa Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2019, 2021, dan 2023 saat di Kamboja.

“Pakaian adat adalah busana yang menjadi simbol identitas dan kekayaan budaya suatu daerah dan juga kekayaan Indonesia sekaligus simbol dari Bhineka Tunggal Ika yang di dalamnya ada nilai-nilai sportivitas, solidaritas dan kejujuran. Sudah sepatutnya kita turut memperkenalkan kepada dunia keberagaman Indonesia melalui momentum Asian Games ini,” kata Jadi.

Maskot Asian Games ke-19 tahun 2023 Tiongkok terdiri dari Chenchen, Congkong, dan Lianlian. Trio robot ini akan menjadi simbol dari semangat Olimpiade, perdamaian dan persahabatan. (Foto: bbc)

Dalam defile, Jadi menggunakan pakaian adat Sumatera Utara khas Batak Toba yang terbuat dari kain ulos.

Jadi mengenakan tutup kepala bulang-bulang, selendang ulos, serta Tongkat Panaluan yang menjadi tongkat sakti suku Batak Toba.

“Ulos yang digunakan dalam pakaian adat Batak Toba ini memiliki makna sebagai wujud kesatuan hati untuk bisa mempersembahkan prestasi terbaik buat Merah Putih,” tandas Jadi.

Asian Games ke-19 mulai digelar di Hangzhou, Tiongkok, pada 23 September hingga 8 Oktober 2023.

Kota Hangzhou menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2023. Meski demikian, ada lima kota lainnya di Tiongkok yang turut serta sebagai tuan rumah, yakni Ningbo, Wenzhou, Huzhou, Shaoxing, dan Jinhua.

Ajang olahraga terbesar di Asia ini semestinya digelar pada 2022, namun saat itu ditunda akibat kasus Covid-19 yang meningkat di Tiongkok.

Indonesia mengirimkan 413 atlet untuk 30 cabang olahraga di Asian Games 2023. Ada sebanyak 45 negara peserta, dengan belasan ribu atlet bersaing memperebutkan medali emas. Tuan rumah Tiongkok menurunkan lebih dari 800 atlet.

Meski baru dibuka pada 23 September, beberapa cabang olahraga sudah mulai dipertandingkan sejak awal pekan lalu. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *