Tingkatkan Kualitas Penanganan Operasi SAR, Basarnas Makassar Gelar Latihan “Under Water Rescue”

Berita460 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Guna meningkatkan kualitas dan kemampuan, sebanyak 25 personel Basarnas Makassar mengikuti latihan Satuan Under Water Rescue di perairan pulau Samalona Makassar selama dua hari, mulai 23-24 Oktober 2023.

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel dalam sambutannya saat memimpin upacara pembukaan latihan tersebut mengatakan, kegiatan latihan ini dilakukan secara berkala sebagai bagian dari tugas menghadapi pelaksanaan operasi SAR.

Menurut Mexianus, latihan ini berguna untuk meningkatkan kualitas personel Basarnas, khususnya para rescuer yang menjadi ujung tombak pelaksanaan operasi SAR.

“Kita melaksanakan latihan guna meningkatkan kualitas personel, sehingga dalam pelaksanaan operasi bisa berjalan cepat, tepat, andal, dan aman,” ujar Mexianus.

(Foto: Ist)

Ia berharap agar seluruh peserta yang mengikuti latihan dapat serius menyerap ilmu dan pengalaman yang diberikan pemateri serta proses aplikasinya di lapangan.

Sementara itu, Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Makassar Andi Sultan selaku ketua panitia penyelenggara latihan mengatakan, 25 personel yang mengikuti latihan tersebut terdiri dari 22 peserta dan tiga panitia.

Mereka merupakan pegawai dan rescuer dari personel yang ada di kantor SAR Makassar, Pos SAR Bone, Unit Siaga SAR Bantaeng dan Unit Siaga SAR Parepare.

“Peserta yang hadir gabungan dari Kantor SAR Makassar, Pos SAR, dan Unit Siaga SAR yang memang sering diterjunkan melaksanakan operasi SAR, khususnya pencarian di bawah air,” ujar Sultan.

Ia menambahkan, latihan Satuan Under Water Rescue ini sengaja dipilih berdasarkan intensitas kejadian kondisi membahayakan manusia yang ditangani Basarnas Makassar selama ini.

“Sesuai dengan data pelaksanaan operasi SAR, kondisi membahayakan manusia yang ditangani Basarnas Makassar didominasi kejadian orang tenggelam yang memang membutuhkan keterampilan penyelaman di bawah air,” tandas Sultan.

Kegiatan pelatihan diawali penyajian materi kelas di Kantor SAR Makassar. Kegiatan dilanjutkan dengan aplikasi di kolam renang Unhas dan simulasi pencarian dengan penyelaman di perairan Pulau Samalona Makassar. (maya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *