KABARIKA.ID, BALIKPAPAN–Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman (AAS) beserta istri Hj. Martati kini berada di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk menghadiri upacara puncak HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu, 17 Agustus 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mentan AAS yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA UNHAS) bertolak dari bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta, Jumat (16/8/2024), pukul 16.45 WIB.

Mentan AAS dan Hj. Martati yang telah berada di IKN langsung akan mengikuti agenda malam ini.

Rencananya, tepat pukul 00.00 dini hari nanti Mentan AAS diagendakan mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN.

Sebelumnya, Amran menghadiri rangkaian acara Sidang MPR dan Pidato RUU APBN 2025 di Gedung Nusantara kompleks MPR-DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Setiba di bandara Sepinggan, Balikpapan waktu sudah menunjukkan pukul 19.45 Wita.

Tiba di Balikpapan, Mentan Amran beserta istri langsung menuju Swisotel Nusantara IKN melalui perjalanan darat.

Ibu Mentan, Hj. Martati sendiri sangat antusias menghadiri upacara esok mendampingi Mentan AAS sebagai wujud solidaritas sesama anggota OASE KIM.

OASE KIM adalah singkatan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM). Merupakan organsisai istri menteri dan wakil menteri, pembinanya ibu negara dan istri wapres

Hj. Martati bahkan terbang langsung dari Makassar ke Jakarta pada Kamis Malam agar dapat menemani Owner Tiran Group ini ke IKN.

Diketahui, upacara peringatan hari Kemerdekaan 17 Agustus tahun ini merupakan upacara terakhir Kabinet Indonesia Maju (KIM) setelah 10 tahun di bawah kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo.

Tentu semua Menteri ingin memeriahkan upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia bersama Presiden Joko Widodo dan begitu pula para istri Menteri juga ingin memeriahkan bersama ibu negara, Iriana JokonWidodo.

Upacara kenegaraan HUT Kemerdekaan RI tahun ini diselenggarakan secara bersamaan di tiga tempat, Istana Negara Jakarta, IKN dan daerah terpencil.

Upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, diikuti Mentan AAS dan Menteri lainnya yang telah ditentukan oleh Sekretariat Negara (Setneg).

Di istana negara Jakarta dipimpin oleh Wapres KH Ma’ruf Amin didampingi Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka beserta menteri lainnya yang juga diatur dan ditentukan Setneg.

Adapun di daerah terpencil dipimpin langsung oleh menteri-menteri yang ditugaskan ke sana.

Upacara di IKN sendiri akan dimulai pukul 11 pagi waktu Indonesia Bagian Tengah.