Teknik Mesin Unhas Jadi Tuan Rumah Musyawarah Badan Kerja Sama Teknik Mesin Seluruh Indonesia

Berita457 Dilihat

Departemen Teknik Mesin Universitas Hasanuddin (Unhas) yang merupakan anggota Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKS TM) Indonesia, menggelar musyawarah BKS TM di Hotel Four Points, Makassar, Rabu (12/10/2022).

Acara dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, ST yang juga alumni teknik mesin Unhas.

Di hadapan para praktisi dan akademisi teknik, Andi Sudirman memberikan apresiasi terhadap kegiatan pertemuan organisasi teknik mesin seluruh Indonesia. Sebagai alumni teknik mesin Unhas, ia merasa bangga dan menyambut gembira dilaksanakannya musyawarah BKS TM ini.

“Kita berharap semoga Departemen Teknik Mesin dapat berkontribusi banyak dalam memajukan perekonomian Indonesia, dan mendorong pemerintah dengan inovasi ide-ide visioner yang dapat bermanfaat untuk masyarakat luas,” ujar Andi Sudarman.

Acara Musyawarah BKS TM tersebut juga dihadiri Sekjen BKS TM Prof Dr. Ario Sunar Baskoro, ST., MT., M.Eng, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Djompa, serta dekan Fakultas Teknik Unhas Prof. Dr. Eng Isran Ramli. ST, MT.

Setelah agenda musyawarah selesai, para peserta dan anggota BKS TM bertolak ke kampus Fakultas Teknik Unhas di Gowa. Di tempat ini para anggota BKS TM memanfaatkan waktu mengunjungi seluruh laboratorium Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Unhas.

Dari kunjungan laboratorium itu diharapkan mampu membawa angin segar untuk Fakultas Teknik Unhas, untuk saling bertukar ide inovatif yang telah dijalankan di universitas lain. Pada kesempatan tersebut, Departemen Teknik Mesin Unhas menunjukkan hasil-hasil inovasi yang telah dihasilkan dalam beberapa tahun terakhir.

Selain melakukan kunjungan laboratorium, para peseta musyawarah BKS TM juga mengunjungi pameran industri yang diikuti berbagai perusahaan, seperti PT. Vale Indonesia, PT. Krisbow Indonesia, PT. Catur Sekawan Solusindo (Chemco), PT. Faaza Amelia Berkah, dan beberapa pameran dari kegiatan Fakultas Teknik Unhas serta Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Unhas.

 

Para anggota BKS TM seluruh Indonesia mengunjungi pameran industri di Kampus FK Unhas Gowa, Rabu (12/10/2022).

Gelaran pada hari kedua, Kamis 13 Oktober 2022, berupa seminar nasional dan internasional, SNTTM dan ISAIME 2022 yang berlangsung di gedung CSA Fakultas Teknik Unhas kampus Gowa. Peserta seminar berasal dari berbagai negara, seperti Jepang, Thailand, dan Malaysia. Seminar internasional menyajikan 118 artikel, sedangkan seminar nasional mempresentasikan 96 artikel.

Pembicara utama pada seminar tersebut adalah Prof. Jarruwat Chareonsook dari Thai Society of Mechanical Engineering (TSME) Thailand, Associated Prof. Muhammad Aziz dari The University of Tokyo, Japan, Ir. Muhammad Rifa’i, ST., IPU., PMP dari PT. Vale Indonesia. Pembicara akhir adalah praktisi senior Ir. Alif Abadi selaku Direktur PT. Kawasan Berikat Nusantara Indonesia.
Kegiatan lain digelar alah Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Teknik Mesin (LNT RBM) tahun 2022, bertempat di gedung COT Fakultas Teknik Unhas Kampus Gowa. Sebanyak 55 proposal masuk ke panitia dan berasal dari 30 program studi Teknik Mesin seluruh Indonesia.

Setelah melalui seleksi yang ketat, diperoleh 10 finalis yang mempresentasikan hasil rancangannya di depan tim penilai Fakultas Teknik Unhas.

Sementara itu, kepala departemen Teknik Mesin Unhas, Dr.Eng Ir. Jalaluddin, ST., MT. mengatakan, pertemuan simposium ini dalam rangka upaya pengembangan ilmu sains dan teknologi serta terbangunnya konektivitas atau jejaring antarpeneliti, akademisi, praktisi atau antarlembaga penelitian di dalam dan luar negeri, serta upaya mendorong peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian bertaraf internasional.

Pernyataan Dr.Eng Ir. Jalaluddin, ST., MT. itu sejalan dengan tema keseluruhan kegiatan ini, yakni Strengthening Mechanical Engineers Role in National Industrial Development.

Kegiatan musyawarah BKS TM ini diakhiri dengan agenda malam ramah tamah di Hotel The Rinra, Makassar. Kemudian dilanjutkan dengan field trip ke beberapa tempat wisata di sekitar Kota Makassar.

Hajatan besar tahunan BKS TM ini kembali akan diadakan di Universitas Pasundan di Bandung pada 2023. Sampai jumpa di Bandung. (sa/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *