Unhas dan Unissula Jalin Kerja Sama dalam Bidang Pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi

Berita900 Dilihat

Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Jawa Tengah, menjalin kerja sama dalam bidang pengembangan Tridarma perguruan tinggi. Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc dan Rektor Unissula Prof. Dr. H. Gunarto, SH., M.Hum menandatangani naskah Memorandum of Understanding (MoU) untuk memperkuat kerja sama tersebut, bertempat di Ruang Kerja Rektor, Gedung Rektorat Unhas Lantai 8, Kampus Unhas Tamalanrea Makassar, Kamis (24/11).

Penandatanganan MoU itu disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Unhas Prof. Dr. Eng. Adi Maulana, S.T., M.Phil serta Dekan Fakultas Hukum Unhas beserta jajarannya. Sedangkan dari pihak Unissula adalah para wakil Rektor, Dekan Fakultas Hukum dan para ketua departemen Fakultas Hukum Unissula.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc yang akrab disapa Prof. JJ, menyambut baik kerja sama kolaboratif tersebut. Menurut Prof JJ, kontribusi perguruan tinggi, termasuk Unhas, akan lebih optimal jika melibatkan perguruan tinggi lain sebagai mitra. Sehingga, fungsi universitas dalam Tridarma dapat tercapai secara optimal melalui peningkatan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Prof. JJ memberikan gambaran berkaitan capaian Unhas selama ini dan upaya yang terus dioptimalkan dalam mendukung ketercapaian berbagai program kerja. Melalui kerja sama ini, Prof. JJ berharap hubungan antara Unhas dan Unissula akan terbangun dengan kokoh dan bisa melangkah bersama memberikan kontribusi bagi Indonesia.

Sebab, Unhas mempunyai tanggung jawab dalam mendorong upaya penguatan institusi lainnya.

“Kami mempunyai SDM yang terus didorong untuk berkiprah secara nasional maupun internasional. Unhas memiliki 2.000 lebih dosen dan mempunyai profesor terbanyak di antara perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Tentu kami juga mempunyai kelemahan, namun kami terus membenahi kelemahan tersebut,” tandas Prof. JJ

Sementara itu, Rektor Unissula Prof. Gunarto menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat pimpinan Unhas. Ia menjelaskan bahwa maksud kunjungannya bersama pejabat Unissula adalah dalam rangka menjalin silaturahmi dan kemitraan dengan Unhas.

Menurutnya, Unhas memiliki posisi strategis dalam mendorong pencapaian Unissula masa mendatang melalui sumber daya manusia berkualitas yang dimiliki Unhas.

“Unhas merupakan perguruan tinggi terbaik yang mampu menjadi panutan bagi universitas lainnya untuk berkembang,” tegas Prof. Gunarto.

Rektor Unissula Prof. Dr. H. Gunarto, SH., M.Hum menyerahkan kenang-kenangan dengan sampul bertuliskan “Unissula Go Green” kepada Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc.

Olehnya itu, lanjut Prof. Gunarto, membangun kemitraan dengan Unhas merupakan satu hal yang akan memberikan manfaat besar bagi upaya Unissula untuk terus berkembang dan berkontribusi bagi masyarakat.

“Kami sangat menyakini dengan adanya kerja sama ini, Unissula akan semakin baik ke depan dalam berbagai hal. Kami Ingin sekali belajar banyak dari Unhas. Telah banyak capaian prestasi membanggakan yang diraih Unhas, dan menurut kami sangat tepat untuk melakukan kemitraan bersama Unhas,” jelas Prof. Gunarto.

Selain penandatanganan MoU antara Rektor Unhas dan Rektor Unissula, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Hukum Unissula dan Fakultas Hukum Unhas.

Naskah kerja sama tersebut ditandatangani oleh Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., M.A.P. dan Dekan Fakultas Hukum Unissula Dr Bambang Tri Bawono, S.H., M.H.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi membahas implementasi kerja sama yang akan dilaksanakan oleh kedua perguruan tinggi tersebut, maupun PKS dua Fakultas Hukum dari Unhas dan Unissula. (MolUH/*/rs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *