Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Sulsel Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia

Berita787 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Pemprov Sulsel Andi Winarno Eka Putra membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan kapasitas (Capacity Building) Sumber Daya Manusia (SDM), bertempat di Hotel Maxone, Sabtu (26/11/2022).

Tampil sebagai pemateri adalah Agus Haruna dan Hilman Wirawan.

Andi Winarno dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Bimtek Capacity Building ini. Kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk lebih meningkatkan kedisiplinan, semangat kerja, profesionalitas dan solidaritas sebagai satu kesatuan Tim Work yang solid, baik para ASN maupun tenaga non-ASN yang ada di lingkungan Biro Adpim.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan visi misi Gubernur Sulawesi Selatan, yaitu “Pemerintahan yang berorientasi melayani, inovatif, dan berkarakter”. Hal itu hanya dapat dicapai melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM aparatur yang terarah dan berkesinambungan pada setiap tingkatan unit kerja maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Karo Adpim Pemprov Sulsel Andi Winarno Eka Putra

Untuk itu, sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam suatu instansi atau OPD untuk mencapai keunggulan kompetitif. Perkembangan teknologi dan perubahan lingkungan menjadikan SDM sebagai faktor penting dalam menentukan keberhasilan suatu OPD.

“Potensi yang dimiliki oleh SDM juga sangat berpengaruh terhadap upaya suatu organisasi dalam mencapai target atau tujuannya. Meskipun teknologi semakin maju dan terus berkembang, penyebaran informasi semakin mudah dan cepat, serta berbagai sarana dan prasarana yang semakin memadai, tapi tanpa adanya SDM yang berkualitas maka tujuan atau keberhasilan suatu OPD sulit untuk tercapai,” ujar Andi Winarno.

Ia menjelaskan, capacity building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) individu di dalam suatu organisasi.

Proses ini dapat dilakukan, antara lain melalui pelatihan yang berkesinambungan dalam aspek-aspek penting, seperti kemampuan berkomunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas, dan kepemimpinan.

“Saya menekankan kepada rekan-rekan, khususnya kepada para Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, pejabat struktural maupun staf terkait, untuk lebih mengoptimalkan dan memaksimalkan lagi pelaksanaan program maupun kegiatan serta serapan dan realisasi anggaran, dengan tetap berpedoman pada norma-norma serta kaidah peraturan perundang-undangan yang berlaku,” papar Andi Winarno.

Dalam rangka penegakan disiplin pegawai di lingkungan Biro Administrasi, ia mengimbau para pejabat struktural untuk senantiasa mengevaluasi kinerja bawahannya secara berkala dan melaksanakan pembinaan secara proporsional terhadap PNS maupun tenaga non-ASN yang berada di bawah kewenangannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya berharap kepada ASN maupun tenaga non-ASN yang ada di Biro Adpim agar dapat menyikapinya dengan bijak dan objektif. Tetap bekerja dan melaksanakan Tupoksi dengan baik dan profesional. Sebagai bawahan kita senantiasa harus mendukung dan mengikuti setiap kebijakan pimpinan yang bersifat positif,” ujar Andi Winarno.

Menurutnya, pimpinan sebelum memutuskan dan mengambil suatu kebijakan pasti telah melalui kajian serta proses pertimbangan yang panjang, matang dan mendalam, baik dari aspek teknis maupun pertimbangan-pertimbangan objektif lainnya.

“Saya berharap kegiatan ini diikuti dengan sungguh-sungguh oleh seluruh pegawai yang ada di lingkungan Biro Adpim agar dapat memberikan nilai dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita,” tandas Andi Winarno.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bagian lingkup Biro Administrasi Pimpinan, pejabat fungsional, Kasubag, dan Sub Koordinator. (rls/fit/rs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *