Andi Anugrah Sulaiman Harumkan Nama Indonesia pada Ajang Kontes Robotik Internasional 2022 di Malaysia

Berita622 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Teknologi robotik mengalami perkembangan pesat saat ini dan menjadi daya tarik kalangan pelajar dan mahasiswa. Bahkan teknologi robotik telah dimasukkan sebagai pelajaran ekstrakurikuler di sejumlah sekolah.

Sekolah MTs Negeri 1 Kota Makassar merupakan salah satu sekolah yang telah memasukkan sains robotik sebagai pelajaran ekstrakurikuler. Pengetahuan sains robotik siswa MTsN 1 Kota Makassar mengalami perkembangan yang membanggakan.

Hal ini terbukti ketika tim robotik MTs Negeri 1 Kota Makassar sukses menyabet juara pertama pada 11th World Robotic for Piece 2022 University Technology di Johor, Malaysia, Rabu (1/12/2022).

Kepala Sekolah MTs Negeri 1 Kota Makassar, Zulfikah Nur merasa bangga atas prestasi yang telah diraih oleh siswanya di ajang bergengsi tingkat internasional itu.

“Saya menyampaikan rasa bangga dan mengucapkan selamat kepada siswa-siswa kami yang telah berhasil merancang dan menyelesaikan robotnya sehingga sukses menyabet juara I di Malaysia,” ujar Zulfikah.

MTs Negeri 1 Kota Makassar mengirim tiga tim untuk bertanding di ajang kontes robotik internasional tersebut. Tim yang dikomandoi Andi Anugrah Sulaiman sukses menyabet juara I SUMO IOT 500 gram.

Andi Anugrah Sulaiman yang saat ini duduk di kelas IX Sains, adalah anak ketiga dari pasangan Dr H. Andi Amran Sulaiman, M.P. dengan Ir. Hj. Martati. Dr. Andi Amran adalah mantan Menteri Pertanian RI periode 2014-2019 yang kini menjadi ketua umum PP IKA Unhas periode 2022-2026.

Menurut Zulfikah, Andi Anugrah Sulaiman terbilang siswa yang paling menonjol di sekolah, baik dari segi prestasi akademik maupun kepemimpinan.

“Andi Anugrah adalah Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK). MPK ini di atasnya OSIM atau Organisasi Siswa Madrasah. Majelis ini mengayomi seluruh organisasi kesiswaan,” jelas Zulfikah.

 

Andi Anugrah Sulaiman (kiri) memegang trofi juara pertama SUMO IOT 500 gram.

Ia menambahkan, Andi Anugrah Sulaiman adalah siswa berbakat di bidang sains dan robotik. Selain itu, siswa berusia 15 tahun tersebut juga memiliki kemampuan kepemimpinan (leadership) yang baik.

“Anaknya cerdas, sopan, dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi. Makanya dia terpilih jadi Ketua MPK. Pemilihan ketua MPK di sekolah ini dilaksanakan secara demokratis, dimana seluruh siswa dan guru mempunyai hak pilih,” papar Zulfikah.

Di MTs Negeri 1 Kota Makassar pelajaran robotik telah dimasukan sebagai pelajaran ekstrakurikuler. Tenaga pengajarnya didatangkan khusus dari Jakarta yang dikolaborasikan dengan mahasiswa teknik Universitas Hasanuddin.

Zulfikah berharap siswanya kelak menjadi pribadi yang berkarakter dan selalu beradaptasi dan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang berubah sangat cepat, khususnya bidang robotik.

Kepala Sekolah MTs Negeri 1 Kota Makassar Zulfikah Nur

“Selamat atas kerja kerasnya. Usaha kalian telah terbayarkan dengan capaian yang luar biasa. Janganlah cepat berpuas diri, tetaplah semangat dalam berkarya, dan menjadi bagian SDM unggul Indonesia,” tandas Zulfikah.

Keberhasilan tim robotik MTs Negeri 1 Kota Makassar yang dikomandoi Andi Anugrah Sulaiman dan berhasil menyabet juara I pada kontes robotik internasional di University Technology Johor, Malaysia, tidak saja mengharumkan nama sekolah, tetapi juga nama Indonesia di kancah perlombaan sains robotik antarbangsa. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *