Hasil Tapak Tilas di Kampus, Ketum IKA Unhas Gagas Lomba Kebersihan Antar-Fakultas

Berita262 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Ketua umum (Ketum) IKA Unhas Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman menghadiri undangan peringatan HUT ke-62 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas, dirangkaikan dengan pelantikan pengurus IKA Fakultas Ilmu Budaya dan Sastra (FIBRA) Unhas periode 2022-2026, Sabtu (10/12/2022).

Namun sebelum kegiatan senam berlangsung, sebagai kegitan pertama rangkaian peringatan HUT ke-62 FIB, Andi Amran mengajak beberapa anggota IKA Unhas dan IKA FIBRA untuk berjalan menelusuri kampus Unhas. Saat itu jam menunjukkan pukul 06.25 WITA.

Perjalanan tapak tilas dimulai dari halaman FIB kemudian melewati pelataran Pusat Bahasa Unhas, kemudian ke gedung Fakultas Teknik, lalu terus ke fakultas Pertanian.

Sepanjang perjalanan Ketum IKA Unhas, Andi Amran memperhatikan lingkungan kampus yang memerlukan perhatian serius untuk menangani kebersihannya, baik  dari sampah yang berserakan maupun penataan rumput yang tumbuh di area kosong di antara gedung-gedung kampus.

“IKA perlu mengadakan kegiatan bersih-bersih kampus bersama mahasiswa. Segera bentuk panitianya. Yang ada di sini saja (yang ikut jalan tapak tilas) yang jadi panitianya,” ujar Andi Amran.

Rencana kegiatan itu langsung disahuti dengan persetujuan oleh direktur eksekutif IKA Unhas, Salahuddin Alam bersama beberapa orang pengurus IKA Unhas dan IKA FIBRA.

Andi Amran Sulaiman menunjuk plafon salah satu bedung fakultas yang sudah mulai lapuk karena usia.

Sepanjang perjalanan Ketum IKA juga singgah sejenak memperhatikan ruangan himpunan mahasiswa di gedung fakultas yang dilewatinya. Menurutnya, kondisi ruangan himpunan mahasiswa akan jauh lebih baik dan menyegarkan jika ditata dengan baik, terutama aspek kebersaihannya.

Sebuah meja yang terletak di depan ruangan himpunan mahasiswa tersebut penuh dengan botol minuman dan sampah makanan.

“Keadaan ini mereka anggap biasa saja. Tapi kebiasaan ini akan terbawa saat mereka bekerja nanti. Tidak terbiasa disiplin,” ujar Andi Amran.

Di area fakultas pertanian tempat dia dulu kuliah, banyak kenangan yang ia sampaikan. Termasuk salah satu hasil penelitian mahasiswa berupa alat tanam kedelai yang tidak berfungsi sesuai harapan.

Ketum IKA Unhas Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman singgah duduk sejenak di sebuah taman dan tempat istirahat buatan mahasiswa di area fakultas Pertanian.

Ketika melewati salah satu ruangan himpunan mahasiswa di fakultas Pertanian, Andi Amran sempat memperhatikan penghuninya yang masih tertidur.

“Mereka mengantuk habis nonton bola tadi,” tuturnya sambal menuju ke sebuah tempat istirahat untuk duduk sejenak.

Salah seorang mahasiswa yang masih tidur dibangunkan, kemudian mendekati Ketum IKA untuk bersilaturahmi.

Di sebuah sudut taman dan tempat isitrahat di fakultas Pertanian, seorang mahasiswa mendekati Ketum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman untuk berjabat tangan dan bersilaturahmi.

Sambil berjalan dan mengenang masa-masa kuliah di fakultas Pertanian Unhas, Andi Amran sebenarnya hendak mengirim pesan kepada para alumni dan seluruh civitas academika Unhas bahwa masalah kebersihan di seluruh sudut kampus, perlu mendapat perhatian serius dan penanganan secara berkelanjutan.

Sebab, hal itu untuk mendukung program Unhas untuk menjadi universitas kelas dunia alias world class university.

Sebagai kontirbusi IKA Unhas, dalam waktu dekat pengurus pusat IKA Unhas akan menggelar kegiatan lomba kebersihan antar-fakultas di lingkungan Unhas.  Tujuannya adalah membangun kesadaran di kalangan civitas academica Unhas untuk menjaga dan merawat kebersihan dan keasrian kampus. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *