Petugas Kebersihan Unhas dan Mahasiswa Yatim FIB Dapat Karitas dari Andi Amran Sulaiman

Berita366 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Sikap dermawan yang bersumber pada rasa simpati dan empati untuk membantu sesama yang dimiliki ketua umum (Ketum) IKA Unhas, Dr. H. Andi Amran Sulaiman, MP selalu mewujud pada segala kondisi dan keadaan.

Seperti halnya yang terjadi saat mantan Menteri Pertanian itu melakukan jalan tapak tilas di kampus Unhas bersama beberapa pengurus pusat IKA Unhas dan pengurus IKA FIB, sebelum menghadiri puncak peringatan HUT ke-62 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas, Sabtu (10/12/2022).

Sesaat setelah melintas di samping gedung olahraga Unhas alias JK Arenatorium, Andi Amran Sulaiman tiba-tiba singgah duduk di tembok trotoar, sambil memperhatikan petugas kebersihan alias tukang sapu jalan yang mayoritas ibu-bu yang ada di seberang jalan.

“Angga, panggil itu ibu-ibu petugas kebersaihan,” ujar Andi Amran kepada ajudannya.

Dr. H. Andi Amran Sulaiman, MP berdialog singkat dengan para petugas kebersaihan yang kebanyakan adalah kaum ibu.

Dalam hitungan detik, para petugas kebersihan itu pun telah berdiri di samping Andi Amran. Mereka terdiri dari enam orang perempuan dan tiga orang laki-laki.

“Berapa gajimu per bulan?,” tanyanya kepada salah seorang ibu dari mereka.

“Beda-beda, pak. Kalau saya Pak, 1.600.000,- per bulan,” jawab ibu yang bersangkutan.

Berapa anakmu? Bagaimana statusmu?,” tanya Andi Amran kepada ibu yang lain.

“Empat anak saya, Pak. Kontrak, Pak,” jawab itu tersebut.

Setelah terjadi dialog singkat dengan mereka, Ketum IKA pun memerintahkan ajudannya untuk memberikan bantuan uang tunai kepada mereka.

Bantuan tersebut sebagai wujud nyata kepedulian Andi Amran terhadap rakyat kecil yang sangat membutuhkan uluran tangan dari mereka yang lebih mampu.

“Coba, gaji mereka cuma 1.600.000,- setiap bulan, tapi mereka bekerja dengan tekun. Mereka mensyukuri gaji mereka,” ujar Andi Amran kepada pengurus IKA yang mendampingi melakukan jalan tapak tilas di kampus Unhas Tamalanrea.

Karitas dari uluran tangan kedermawanan Andi Amran adalah perwujudan dari nilai ajaran Islam yang ia yakini dan sering diucapkan di sejumlah forum, bahwa manusia yang baik adalah yang bermanfat bagi sesama.

“Saya ingin bermanfaat bagi sesama,” ujarnya pada suatu acara.

Bantuan untuk Mahasiswa Yatim

Saat memberikan sambutan pada puncak peringatan HUT ke-62 FIB Unhas yang dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus IKA FIBRA periode 2022-2026, Ketum IKA juga memberikan bantuan kepada mahasiswa FIB, khususnya yang berstatus yatim atau yatim piatu.

“Ada ndak mahasiwa di sini yang yatim atau yatim piatu. Coba naik ke sini,” ujarnya pada akhir kata sambutannya.

Empat orang kemudian segera menuju ke panggung. Semuanya perempuan.

Ketum IKA Unhas, Dr. H. Andi Amran Sulaiman, MP menyerahkan bantuan kepada lima orang mahasiswa FIB yang berstatus yatim, di depan gedung dekanat FIB Unhas.

Andi Amran kemudian berdialog secara singkat dengan mereka mengenai status keluarga dan uang kuliah mereka. Semua yang naik ke panggung itu adalah yatim.

Empat orang mahasiswa FIB yang menerima bantuan tersebut adalah:
1. Siti Aisyah, jurusan Sastra Prancis,
2. Fitri Meylia, jurusan Sastra Daerah,
3. Pintar Nabila, jurusan Sastra Prancis, dan
4. Anggi Nurjannah, jurusan Sastra Indonesia.

Mereka menerima bantuan masing-masing Rp 5 juta.

“Berapa besar bantuan yang diterima tadi dari Ketum IKA Unhas?,” tanya kabarika.id kepada Pintar Nabila melalui WA.

“5 juta, pak,” ujar Nabila.

“Berapa besar uang kualiahnya per semester?,” tanya kabarika.id lagi.

“Rp 1.750.000,- Pak,” jawab Nabila.

Pertanyaan berikutnya dari kabarika.id adalah, “Selain untuk membayar uang kuliah, uang bantuan tadi mau digunakan untuk apa lagi?”

“Saya mau berikan kepada mamaku, Pak,” tutur Nabila.

Dr. H. Andi Amran Sulaiman, MP foto bersama dengan mahasiswa yang barus saja menerima bantuan.

Anggi Nurjannah, salah seorang dari mahasiswa yang menerima bantuan tersebut adalah mahasiswa dari Medan. Mereka kuliah di FIB Unhas melalui program merdeka belajar kampus merdeka.

Kedermawanan Dr. Andi Amran Sulaiman telah dirasakan oleh ratusan bahkan ribuan orang di berbagai tempat. Dari lisan mereka terpancar doa yang menggoyahkan arasy Allah Swt, yang menjadi jalan turunnya rezeki oleh Sang Maha Pencipta untuk keluarga Dr. H. Andi Amran Sulaiman.

Begitulah harapan yang disampaikan oleh para mahasiswa penerima bantuan tersebut melalui WA kepada kabarika.id. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *