Raih Pahala Berlimpah di Hari Jumat Mubarak, Dr. H. Andi Amran Sulaiman Berikan Santunan kepada Anak Yatim dan Anak Buruh Bangunan

Berita596 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Hari Jumat merupakan hari yang paling mulia dalam agama Islam. Umat muslim berlomba menjadikan Jumat sebagai hari khusus untuk memaksimalkan amal ibadah dan amal kebajikan, seperti membantu sesama atau memberikan sedekah kepada anak yatim dan fakir miskin yang pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah Swt.

Pemilik Tiran Group Dr. H. Andi Amran Sulaiman memanfaatkan momentum hari Jumat ini (16/12/2022) untuk memberikan bantauan atau santunan kepada anak yatim dan anak buruh bangunan harian, saat mereka menghadiri pelaksanaan salat Jumat di AAS Building lantai 1, Makassar.

Sebelum protokol menyampaikan susunan acara Jumat, ketua umum PP IKA Unhas itu naik ke mimbar menyampaikan niatnya untuk berbuat baik dengan membantu sesama.

“Apakah ada anak yatim atau yatim piatu di sini?,” ujarnya singkat.

Dalam hitungan detik, seorang anak yang kira-kira berumur 10 tahun berjalan menuju mimbar. “Yatim atau yatim piatu?,” tanya Ketum IKA.

“Yatim. Bapakku sudah meninggal, ibuku tinggal di rumah,” ujar bocah tersebut.

Ketum IKA kemudian memanggil bocah tersebut mendekat, kemudian menyerahkan amplop berisi uang sebesar Rp 5 juta rupiah.

Setelah itu, pendiri AAS Foundation itu lanjut bertanya kepada jamaah salat Jumat. “Adakah di sini anak tukang becak atau anak tukang batu atau tukang kayu?,” tanya Andi Amran.

Dr. H. Andi Amran Sulaiman berdiri di mimbar dengan seorang bocah anak yatim di samping kanannya. Anak yatim tersebut diberikan sedekah sebesar Rp 5 juta.

Seorang bocah pun yang kira-kira berumur 10 tahun, melangkah maju ke dekat mimbar. “Ini anak siapa,” tanya Andi Amran.

“Anak tukang batu,” ujar kerabat anak tersebut dari tengah jamaah.

Andi Amran Sulaiman pun menyerahkan amplop yang isinya sama dengan untuk bocah yang pertama.

Setelah itu, mantan Mentan itu pun kembali ke tempat duduk.

Jamaah salat Jumat di AAS Building hari ini.

Membantu dan menyantuni anak yatim adalah perintah Allh Swt dalam Al Qur’an maupun dalam hadis Rasulullah Muhammad SAW.

Al-Qur’an secara tegas menyatakan bahwa anak yatim adalah sosok yang harus dikasihi, dipelihara dan disantuni, sebagaimana tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat 220: “Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang anak yatim, katakanlah, “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik.” Dan jika kamu mempergauli mereka, maka mereka adalah saudara-saudaramu. Allah mengetahui orang yang berbuat kerusakan dan yang berbuat kebaikan. Dan jika Allah menghendaki, niscaya Dia mendatangkan kesulitan kepadamu. Sungguh Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana. (QS. Al-Baqarah [2]: 220).

Dalam sebuah hadis, Rasulullah menegaskan bahwa orang yang menyantuni dan memelihara anak yatim dijamin masuk surga.

“Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas).

Kedermawanan yang ditunjukkan oleh Andi Amran Sulaiman yang senantiasa peduli kepada anak yatim dan yatim pitu di berbagai tempat yang dijalankan secara konsisten dan istiqamah, merupakan investasi akhirat berupa amal jariah yang pahalanya berlipat ganda. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *