Bupati Dorong Percepatan Pembentukan IKA Unhas Kabupaten Barru

Berita933 Dilihat

KABARIKA.ID, BARRU – Pembentukan Ikatan Alumni (IKA) Unhas kabupaten Barru tinggal menunggu waktu. Keberadaan tim inisitaor sebagai salah satu syarat utama pembentukan IKA di daerah kabupaten Barru, tinggal menunggu aksi.

Meskipun tim inisiator telah ada, namun hingga saat ini belum ada jawal pasti kapan Musyawarah Daerah (Musda) IKA Unhas kabupaten Barru akan digelar.

Jika dibandingkan dengan pembentukan IKA Unhas di kabupaten tetangga, Pangkep dan Parepare yang telah terbentuk sejak Agustus lalu, memang pembentukan IKA Unhas Kabupaten Barru terbilang lambat.

Lambatnya pembentukan IKA Unhas kabupaten Barru mendapat tanggapan dari bupati Barru Ir H. Suardi Saleh, M.Si dalam bentuk analogi.

“Biasa itu kalau kita mau salat berjamaah baku dorong-dorong untuk jadi imam. Baku dorong-dorong biasanya karena dua hal. Yang pertama karena jago semua, dan kedua karena tidak jago semua. Ini lebih parah lagi. Saya tidak tahu kenapa IKA Unhas Barru belum terbentuk, apakah karena hal yang pertama atau hal yang kedua,” ujar Bupati Suardi saat memberi sambutan pada kegiatan penanaman mangrove di kawasan eduwisata aqualife Unhas di desa Bojo, kecamatan Mallusetasi, Barru, Rabu (21/12/2022).

Pernyataan bupati tentang pembentukan IKA Unhas Barru merupakan tanggapan atas imbauan dan harapan agar IKA Unhas Barru segera terbentuk, yang disampaikan oleh ketua bidang koperasi dan UMKM PP IKA Unhas, Suharman Usman, SS saat memberi sambutan mewakili Ketum IKA Unhas pada kegiatan penanaman mangrove di desa Bojo, kecamatan Mallusetasi, yang diinisiasi melalui kolaborasi Unhas, Kementerian LHK, IKA Unhas, dan Pemkab Barru.

“Semoga IKA Unhas Kabupaten Barru segera terbentuk,” harap Bupati.

Tugu yang berdiri tegak di perempatan jantung kota Barru, seolah menunggu kehadiran IKA Unhas kabupaten Barru untuk melakukan aksi dan karya kolaboratif demi kemajuan daerah ini.

Berdasarkan surat tugas yang dikeluarkan pengurus IKA Unhas wilayah Sulsel Nomor 013/B/PW-IKA-UH/SS/XI/2022 tentang tim inisiator pembentukan IKA Unhas Barru, tanggal 18 November 2022, tercatat delapan orang alumni Unhas yang disetujui sebagai tim inisiator pembentukan IKA Unhas kabupaten Barru.

Mereka adalah : (1). Umar, SKM, M.Kes, (2). Ardi Susanto, SH, (3) Anas Isham, S.Pt, (4). Saifullah, SS, (5) Andi Hasanuddin, ST, (6). Muhammad Anwar, SE, (7). Emmy Mustafa, SKM, dan (8). Hesty Setiawati, S.Si.

Salah satu tugas tim inisiator adalah melaporkan perkembangan persiapan Musda IKA Unhas kabupaten Barru dan proses jalannya kepanitiaan pembentukan IKA Unhas kabupaten Barru sebelum Musda berlangsung.

Tugas lain tim inisiator adalah melaporkan hasil-hasil Musda IKA Unhas Barru, paling lambat 10 hari setelah Musda IKA Unhas Barru berlangsung.

Kehadiran IKA Unhas di kabupaten Barru nantinya akan menjadi wadah untuk menyatukan kekuatan alumni dalam merumuskan bentuk sumbangsih dalam pembangunan daerah, demi kemajuan kabupaten Barru.

Sumbangsih dan partisipasi alumni Unhas dalam pembangunan daerah kabupaten Barru akan lebih efektif jika dilakukan secara kolektif melalui wadah IKA, dibanding berperan sendiri-sendiri.

Semangat kolaborasi Unhas untuk negeri diharapkan menjadi semangat ber-IKA di kabupaten Barru, sehingga semua potensi alumni dapat disatukan dalam wadah tunggal IKA Unhas yang membuat hubungan para alumni di Barru semakin solid.

Kehadiran IKA Unhas di Barru harus menjadi perekat para alumni yang berasal dari beragam fakultas dan jurusan; bukannya menjadi penyebab terjadinya perpecahan dan keterbelahan karena berbagai alasan yang beraroma politik praktis. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *