Ketua Umum IKA Unhas Kunjungi Lokasi Longsor di Rompegading, Maros dan Serahkan Bantuan Logistik

Berita296 Dilihat

KABARIKA.ID, MAROS – Ketua umum (Ketum) IKA Unhas Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman memimpin tim PP IKA Unhas mengunjungi lokasi bencana hidrometeorologi berupa longsor di jalan poros Maros-Bone, Desa Rompegading,
Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sabtu (31/12/2022).

Sebelum berangkat menuju lokasi longsor, Ketum IKA Unhas terlebih dahulu bertemu dengan Bupati Maros Chaidir Syam di gedung serba guna Pemkab Maros, jalan Asoka No. 6, Kecamatan Turikale, Maros.

Di tempat ini, Ketum IKA Unhas Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan secara simbolis yang diterima oleh Bupati Maros Chaidir Syam.

Turut menyaksikan penyerahan bantuan tersebut, Wakil Bupati Maros Hj. Suhartina Bohari, S.E. dan kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros.

Selanjutnya, Ketum IKA Unhas dan Bupati Maros bersama rombongan bertolak menuju lokasi longsor di Desa Rompegading, kecamatan Cenrana.

Seperti diketahui, bencana longsor yang terjadi di lokasi ini menyebabkan sembilan warga menjadi korban tertimpa longsor.

Dr. H. Andi Amran Sulaiman selaku ketua umum IKA Unhas menyerahkan bantuan paket nasi dos kepada korban tanah longsor, yang diterima oleh Dandim 1422/Maros Letkol Inf. Muhammad Hujairin, M.Si

Bantuan logistik yang diserahkan oleh Ketum IKA Unhas untuk korban bencana longsor dan banjir kabupaten Maros, berupa nasi dos siap santap sebanyak 3.000 dos dan mi instan sebanyak 250 karton.

Bantuan yang diserahkan di posko bencana longsor terdiri dari nasi dos sekitar 700 dos dan mi instan sebanyak 50 dos. Selebihnya diturunkan di gedung serba guna Pemkab Maros.

Bantuan logistik yang diturunkan di gedung serba guna sebagai posko tanggap darurat bencana banjir, selanjutnya akan didistribusikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Maros kepada korban banjir di empat kecamatan, yakni Maros Baru, Turikale, Bantimurung, dan Simbang. Masyarakat yang terdampak banjir di empat kecamatan tersebut sebanyak 9.000 KK.

Di posko pengungsian korban bencana longsor, Ketua IKA Unhas juga menyerahkan bantuan biaya hidup dan persiapan pendidikan kepada bocah Alif (3,5) yang menjadi yatim piatu akibat longsor, sebanyak 50 juta rupiah. Kedua orang tua bocah Alif meninggal dunia dalam musibah longsor tersebut.

Ketum umum IKA Unhas Dr. H. Andi Amran Sulaiman, MP menggendong bocah Alif setelah diberikan bantuan keuangan, dan disaksikan Bupati Maros Chaidir Syam.

Usai menyerahkan bantuan keuangan kepada sang bocak, Andi Amran pun menggendong anak yatim piatu tersebut. “Ambil nak, ambil semua. Pintar…,” ujar Andi Amran saat menyuruh Alif yang berada dalam gendongannya untuk mengambil uang dari dalam tas kertas.

Perlu Program Reboisasi

Menanggapi bencana longsor tersebut, Andi Amran mengajak semua pihak untuk berkolaborasi melakukan penghijauan di lokasi longsor. Menurut pendiri AAS Foundation tersebut, bencana longsor ini adalah masalah kita semua dan masalah masyarakat Sulawesi Selatan.

“Kita berduka akibat musibah di kabupaten Maros. Hari ini IKA Unhas pusat, wilayah dan seterusnya datang memberikan bantuan. Ke depan, insya Allah, kita akan men-support untuk reboisasi. Semua pihak akan terlibat, dari pemerintah Kabupaten, Pemprov dan IKA Unhas juga akan terlibat mengambil bagian dalam menyelesaikan masalah ini,” ujar Andi Amran.

Dalam penghijauan nantinya, mantan Menteri Pertanian (2014-2019) itu menyarankan kepada bupati Maros agar pohon penghijauan yang ditanam adalah bambu. “Pohon bambu itu kuat menahan banjir dan akarnya menyerap air,” ujar ahli pertanian itu.

Ia juga bangga dan mengapresiasi kinerja bupati Maros bersama jajarannya yang sigap dan bekerja cepat dalam menangani bencana longsor, sehingga akses jalan dapat dibuka dalam waktu singkat.

“Saya bangga dengan gerak cepat pak bupati bersama jajaran. Apalagi beliau adalah alumni Unhas. Terima kasih pak bupati, IKA Unhas siap membantu untuk kepentingan masyarakat,” ujar Andi Amran.

Ketum umum IKA Unhas Dr. H. Andi Amran Sulaiman, MP dan dan Bupati Maros Chaidir Syam bersama rombongan meninjau lereng gunung yang mengalami longsor akibat hujan deras Sabtu lalu.

Sementara itu, bupati Maros Chaidir Syam merasa bangga dan salut atas kunjungan Ketum IKA Unhas bersama pengurus dan tim siaga bencana IKA Unhas pusat, yang bersedia mengunjungi lokasi bencana longsor sekalgus memberikan bantuan kepada warga yang terdampak longsor maupun banjir di kabupaten Maros.

“Mewakili masyarakat Maros saya ucapkan terima kasih. Seluruh petunjuk dan arahan dari gubernur dan ketua umum IKA Unhas akan ditindaklanjuti,” ujar Chaidir.

Kegiatan sosial IKA Unhas yang dilaksanakan hari ini, merupakan realisasi dari harapan Ketum IKA yang mengharapkan pengrus IKA pusat memprioritaskan kegiatan dan program kerja sosial kemanusiaan untuk kepentingan bersama.

Turut mendampingi Ketum IKA Unhas ke lokasi longsor, antara lain Sekjen IKA Prof Dr. Yusran Jusuf, M.Si, IPU, Wasekjen H. Muhammad Iqbal Samad Suhaeb, Waketum Andi Muhammad Irfan AB, Waketum A.M. Irwan Patawari, Wakil Bendum H. Ady Ansar, ketua bidang komunikasi dan dan informatika, Suwardi Tahir, ketua bidang pengembangan masayrakat milenial, Irwan Ade Saputra, Wakil ketua bidang ekonomi dan dunia usaha, H. Ilham Rasyid, anggota divisi pemberdayaan dan pengembangan koperasi, Andi Amri, serta Sekretaris bidang organisasi dan keanggotaan, Andi Lukman Irwan. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *