AAS Foundation Bersama IKA Unhas Bagikan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Puting Beliung di Pangkep

Berita463 Dilihat

KABARIKA.ID, PANGKEP – Kerja sosial dan kemanusiaan menjadi salah satu perhatian utama AAS Foundation dan pengurus pusat IKA Unhas. Setiap bencana yang terjadi, terutama di Sulsel selalu direspon cepat dengan memberikan bantuan natura kepada para korban.

Para korban bencana angin puting beliung di Desa Panaikang, Desa Kabba, Kelurahan Jagong, Kecamatan Pangkajene serta di Kelurahan Bonto Kio, kecamatan Minasa Tene juga menjadi perhatian khusus AA Foundation dan IKA Unhas.

Tim kemanusiaan AAS Foundation dan tim siaga bencana IKA Unhas menurunkan paket bantuan untuk korban puting beliung di desa Panaikang dan Desa Kabba.

Tim kemanusiaan AAS Foundation bersama tim siaga bencana IKA Unhas pusat mengunjungi lokasi bencana guna menyalurkan bantuan natura berupa makanan siap saji sebanyak 2.000 dos, serta bantuan peralatan mandi, alat pembersih lantai, dan minuman kemasan sehat sebanyak 2400 paket, Minggu (8/01/2023).

Rombongan IKA Unhas dan AAS Foundation dipimpin oleh Sekjen IKA Prof Dr Yusran Jusuf. Turut serta dalam rombongan adalah Wasekjen IKA Dr H. Muhammad Iqbal Samad Suhaeb, SE, MT.

Paket bantuan kemanusiaan tersebut diturunkan di tiga titik sararan. Yang pertama diturunkan di kantor Desa Panaikang, kecamatan Pangkajene. Bantuan tersebut selanjutnya didistribusikan oleh anggota IKA Unhas Pangkep yang dikomandoi oleh Adnan Muis, kepada korban puting beliung di Desa Panaikang dan Desa Kabba.

Penyerahan bantuan di perumahan residence Tamalakko Andi Caco, di Kelurahan Jagong, kecamatan Pangkajene, Pangkep.

Titik kedua tempat menurunkan bantuan kemanusiaan adalah perumahan Residence Tamalakko Andi Caco di kelurahan Jagong, kecamatan Pangkajene. Di tempat ini anging puting beliung yang terjadi pada Rabu pagi, (4/01/2022) menyebabkan delapan unit rumah mengalami rusak berat. Seluruh atap dan kanopinya terbang terbawa angin.

Para korban yang berjumlah delapan kepala keluarga ditampung di beberapa rumah kosong yang disiapkan oleh pengembang perumahan. Sedangkan biaya pengobatan dan perbaikan umah ditanggung oleh pengurus IKA Unhas Pangkep.

Selain angin puting beliung, di dusun Balanang, kelurahan Jagong, sejumlah warga juga menjadi korban banjir setinggi dada orang dewasa. Korban banjir ini juga menjadi sasaran pemberian bantuan kemanusiaan AAS Foundation dan IKA Unhas yang didistribsikan oleh lurah Jagong bersama tim IKA Unhas Pangkep.

Titik ketiga yang menjadi pengedropan bantuan kemanusiaan AAS Foundation dan IKA Unhas adalah rumah tahfiz Arrahman di kelurahan Bonto Kio, Kecamatan Minasa Tene.

Direktur AAS Foundation Resky Mulyadi menyerahkan bantuan paket natura kepada pembina rumah tahfiz Arrahman, di kelurahan Bonto Kio, Kecamatan Minasa Tene.

Satu bangsal yang terdiri dari beberapa kamar tidur santri mukim, seluruh atapnya diterbangkan angin. Santri mukim yang berjumlah 14 orang itu terpaksa diungsikan di rumah tahfiz induk yang berada di Tondong.

“Santri yang kena angin puting beliung kami pindahkan dulu ke rumah tahfiz di Tondong. Di sini memang kalau sudah hafal beberapa juz dipindahkan ke induknya di Tondong,” ujar ustad Ir Nur Abdur Rahman, pembina rumah tahfiz Arrahman.

Bantuan yang diberikan kepada rumah tahfiz Arrahman ini, kata ustad Nur, juga telah didistribusikan atau diantarkan kepada santri penyintas puting beliung yang ditampung di rumah tahiz yang ada di Tondong.

Salah satu kamar santri rumah tahfiz Arrahman yang plafonnya hancur dan atapnya terbang terbawa angin puting beliung.

Pembina rumah tahfiz Arrahman ini menyampaikan ucapan trima kasih yang sebesar-besarnya kepada ketua umum IKA Unhas Dr. H. Andi Amran Sulaiman atas bantuan paket makanan dan kebutuhan rumah tangga yang diberikan kepada santri dan pengelola rumah tahfiz Arrahman.

Pengurus pusat IKA Unhas lainnya yang turut mengantar bantuan kemanusiaan di Pangkep, adalah Sudirman Numba, Husni Thamrin, Sawaluddin Arif, Narni Sultan, Ichi Indrawan, Irwan Ade Saputra, Bau Irfan, Andi Amri, Fitra, Jumeriah Zakaria, Upieq Salama, Abdul Aziz, Yusran, Muhammad Ruslan, Mursalim Tahir, Misda Ulviatmi Dalmi, Mursalim Tawang, Saharuddin Ridwan, dan ketua bidang komunikasi dan informatika, Suwardi Tahir. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *