Rektor Unhas dan Wakil Ketua MPR RI Diskusikan Kepentingan Akselerasi Pembangunan Kawasan Timur Indonesia

Berita995 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad bersama tim Badan Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia (BP2KTI), bertempat di ruangan Rektor lantai 8 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Senin (30/01/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof. JJ bersama Wakil Ketua MPR RI secara umum membahas mengenai Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Wilayah Indonesia Timur.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Unhas untuk menjadi mitra strategis dalam percepatan pembangunan di Kawasan Timur Indonesia.

Dengan demikian, kajian tentang PPHN ini menjadi tugas khusus bagi Unhas yang akan dilakukan secara signifikan dan komprehensif dalam mendukung dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Prof. JJ lebih lanjut mengatakan, Unhas sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia Timur berkomitmen dalam mendukung dan mengawal perkembangan pembangunan IKN.

Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad berbincang dengan Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc.

Sejalan dengan pencapaian Unhas, Prof. JJ menyatakan siap berkontribusi secara aktif dalam memberikan setiap pemikiran melalui kajian-kajian keilmuan akademik, guna mendorong keseimbangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya di Wilayah Timur Indonesia.

“Kita harus proaktif dalam membahas isu-isu penting yang berkaitan dengan pembangunan IKN. Unhas sangat responsif dalam memberikan pandangan terhadap peluang dan dampak strategis untuk pemulihan ekonomi. Kita harapkan tidak ada lagi batasan antara pembangunan di wilayah barat dan timur,” ujar Prof JJ.

Oleh karena itu, sangat diperlukan dukungan segenap masyarakat Indonesia dalam mengawal kebijakan pemindahan IKN, demi menekan dan mencegah adanya kesenjangan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan infrastruktur.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad, mengatakan pertemuan bersama Unhas ini merupakan momentum terbaik dalam berkontribusi bersama untuk mendiskusikan kepentingan akselerasi pembangunan Kawasan Timur Indonesia.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. foto bersama dengan Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad, anggota tim BP2KTI, pejabat utama Unhas, serta mantan Rektor Unhas (1989-1997) Prof. Dr. Basri Hasanuddin (keempat dari kanan).

Diskusi ini diharapkan dapat menyuarakan ide serta gagasan strategis, guna memperkuat komitmen dalam mengawal kebijakan IKN.

“Bersama Unhas kita ingin membentuk tim kerja untuk menjadi pusat pergerakan di wilayah timur dalam mendukung pembangunan IKN baru. Sebagai perguruan tinggi terbaik, Unhas memiliki peran penting dalam memberikan kontribusi terbaiknya, yang diharapkan dapat memberikan masukan dalam Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) yang disiapkan,” jelas Fadel Muhammad.

Pertemuan Rektor Unhas dan Wakil Ketua MPR RI juga menyetujui rencana kerja sama yang akan dilakukan oleh kedua pihak. (sup/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *