Unhas Resmikan TPS 3R Inovasi Pengelolaan Bank Sampah Kampus Tamalanrea

Berita571 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan sampah dalam lingkup kampus, Universitas Hasanuddin meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS 3R) Bank Sampah Kampus Unhas Tamalanrea, di eks Farm Fakultas Pertanian Unhas Tamalanrea, Rabu (1/02/2023)

Ketua Pokja Pengelolaan Limbah Kampus Unhas Dr. Eng. Ir. Irwan Ridwan Rahim, ST, MT., dalam laporannya mengemukakan, Unhas memiliki potensi besar dalam melakukan pengelolaan sampah yang telah dipisahkan berdasarkan jenisnya, untuk didaur ulang agar dapat dimanfaatkan kembali.

“Dalam pengelolaannya, Unhas akan bekerja sama dengan mitra strategis untuk saling berkolaborasi memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat, khususnya bagi lingkup kampus. Diharapkan dapat berdampak jangka panjang untuk menangani permasalahan sampah, sehingga dapat mewujudkan lingkungan kampus yang lebih baik,” jelas Dr. Irwan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Prof. Dr. Eng. Ir. Adi Maulana, ST., M.Phil., yang mewakili rektor Unhas dalam sambutanya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim Pokja dan civitas academica yang telah mendukung pelaksanaan program kerja pengelolaan bank sampah kampus, demi mewujudkan Unhas sebagai Green Campus.

Prof. Adi menambahkan, peresmian TPS 3R ini merupakan bentuk implementasi dari konsep pemanfaatan energi terbarukan melalui pengelolaan sampah, sebagai langkah yang baik untuk menjadi kampus percontohan bagi kampus lainnya dan sebagai barometer di Kawasan Timur Indonesia.

“Kita mengajak civitas academica saling belajar untuk bersama-sama menyadari akan pentingnya kesadaran diri dalam menjaga lingkungan kampus. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan literasi masyarakat luas dalam menyadari dan memahami tentang pentingnya pelestarian lingkungan, salah satunya dengan upaya peningkatan pengelolaan sampah,” jelas Prof. Adi.

Penandatanganan MoU tentang pengelolaan sampah TPS 3R bank sampah antara Unhas yang diwakili Wakil Rektor IV Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Prof. Dr. Eng. Ir. Adi Maulana, ST., M.Phil., dengan Yayasan Peduli Negeri yang diwakili ketuanya, Saharuddin Ridwan, di eks Farm Fakultas Pertanian Unhas Tamalanrea, Rabu (1/02/2023)

Agenda peresmian TPS 3R Inovasi Pengelolaan Bank Sampah Kampus Unhas Tamalanrea, juga dilakukan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Hasanuddin yang diwakil oleh wakil rektor IV, Prof Adi Maulana
dan Yayasan Peduli Negeri yang dihadiri langsung ketuanya, Saharuddin Ridwan.

Ruang lingkup kerja sama ini meliputi pemberdayaan, pengabdian, pendidikan dan pelatihan dan melakukan proyek pengelolaan sampah bersama.

Sementara itu, direktur bank sampah dan TPS 3R kampus Unhas Tamalanrea, Dr. Ir. Irwan Ridwan mengatakan program TPS 3R dan bank sampah ini nantinya akan menjalankan tiga hal, antara lain, pengelolaan sampah organik dan anorganik melalui bank sampah, pengolahan sampah organik dengan teknologi.

Kedua, bank sampah dan TPS 3R ini nantinya bisa menjadi tempat penelitian bagi masiswa S1, S2 dan S3.

Ketiga, bank sampah ini nantinya bisa menjadi tempat pembelajaran dan rujukan dari semua stakeholder yang ingin belajar tentang pengelolaan sampah yang terintegrasi.


Perwakilan mahasiswa, petugas kebersihan, tenaga kependidikan, dan dosen lingkup Unhas yang telah menerima Buku Rekening Bank Sampah.

Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UPTD Bank Sampah Pusat Kota Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar dengan Direktur Bank Sampah Unhas Dr. Irwan Ridwan.

Prof Adi didampingi Shintani Naoyuki (penasihat kebijakan pembangunan Daerah untuk Sulawesi), perwakilan PP IKA Unhas, perwakilan dari wali amanat, dan beberapa dekan serta perwakilan dari pusat pengelolaan eco region Sulawesi Maluku mendengarkan penjelasan dari Dr. Irwan tentang flow chart pengelolaan sampah dan jenis sampah yang akan dibeli oleh bank sampah kampus.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan Buku Rekening Bank Sampah yang diberikan kepada perwakilan mahasiswa, petugas kebersihan, tenaga kependidikan, dan dosen.

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan lokasi bank sampah Unhas di eks Farm Fakultas Pertanian Unhas Tamalanrea. (dhs/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *