Pelantikan Pengurus IKA Fakultas MIPA dan IKA Fakultas Kedokteran Unhas Dihadiri Dua Wali Kota

Berita864 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Ketua umum (Ketum) pengurus pusat IKA Unhas, Dr Ir. H. Andi Amran Sulaiman, SP melantik pengurus IKA Fakultas MIPA dan IKA Fakultas Kedokteran Unhas periode 2022-2026, Minggu (19/02/2023), di auditorium Prof A. Amiruddin, kampus Unhas Tamalanrea.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Rektor Unhas Prof Dr Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, wali kota Makassar yang juga ketua IKA Unhas wilayah Sulsel, Mohammad Ramdhan Pomanto, wali kota Tarakan, dr Khairul, M.kes, dan wakil wali kota Palu, dr Reny A. Lamadjido.

Juga hadir Direktur Rumah Sakit Fatmawati Jakarta, dr. Andi Saguni, Direktur Yankes Kemenkes, dr. Aswan Usman, M.Kes, dan Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, dr. Andi Afdal Abdullah, MBA, AAK.

Pelantikan pengurus IKA Fakultas MIPA dan IKA Fakultas Kedokteran Unhas diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Pengurus Pusat IKA Unhas, yang dibacakan oleh Sekjen Prof Dr. Ir. Yusran Jusuf, M.Si. IPU.

Ketum IKA Unhas, Dr Ir. H. Andi Amran Sulaiman, SP dan ketua IKA Fakultas Kedokteran Unhas Prof dr. Abdul Kadir, Sp.THT-KL(K), Ph.D, MARS, memperlihatkan berita acara pelantikan usai penandatanganan.

Pengurus IKA Fakultas MIPA yang dilantik hari ini berjumlah 56 orang. Diketuai oleh H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.SI. Ketua dibantu lima orang wakil ketua.

Sedangkan ketua harian adalah Dr. A. Masniwati, S.Si, M.Si.

Sekretaris umum dijabat oleh Dr. Ekafadly Jusuf, S.Si, M.Kes. Sekretaris umum dibantu oleh empat wakil sekretaris.

Adapun bendahara, dipercayakan kepada Dr. Nur Haedar, S.Si, M.Si. Bendahara dibantu oleh satu orang wakil bendahara.

Struktur organisasi terdiri dari tujuh bidang, yakni: (1) Bidang organisasi dan pengembangan sumber daya alumni, terdiri dari enam orang pengurus; (2) Bidang hubungan kelembagaan, hukum dan HAM, terdiri dari lima orang pengurus; (3) Bidang dana dan usaha, terdiri dari tujuh pengurus.

Kemudian, (4) Bidang penelitian, pendidikan dan pelatihan, terdiri dari tujuh orang pengurus; (5) Bidang energi dan pangan, terdiri dari lima orang pengurus; (6) Bidang seni, olahraga, dan budaya, terdiri dari enam orang pengurus; dan (7) Bidang kerohanian dan pengabdian masyarakat, terdiri dari enam orang pengurus.

Ketum IKA Unhas, Dr Ir. H. Andi Amran Sulaiman, SP menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan oleh ketua IKA Fakultas MIPA, H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.SI.

Pada jajaran Dewan Pertimbangan terdiri dari delapan orang, diketuai oleh Jeffry Tajuddin, S.Si.

Dewan pembina terdiri dari 10 orang, diketuai oleh Aco Aslam Yusuf, S.Si., MM.

Sedangkan dewan pakar terdiri dari 12 orang, diketuai oleh Prof Dr. Syamsuddin Toha.

IKA Fakultas Kedokteran Bdentuk Koordinator Angkatan

Pengurus IKA Fakultas Kedokteran Unhas yang dilantik hari ini terdiri dari 65 orang, diketuai oleh Prof dr. Abdul Kadir, Sp.THT-KL(K), Ph.D, MARS. Ketua dibantu oleh tiga wakil ketua. Duduk sebagai ketua harian yang juga sebagai wakil ketua I adalah Dr. dr. St. Maisuri T. Chalid, Sp.OG(K).

Sekretaris umum dipegang oleh dr. Andi Afdal Abdullah, MBA, AAK. Sedangkan wakil sekretaris dipercayakan kepada Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin, M.KM.

Duduk sebagai bendahara adalah dr. Sitti Wahyuni, Ph.D, Sp.ParK. Sedangkan wakil bendahara dipercayakan kepada Dr. dr. Masyita Gaffar, Sp.THT-KL(K).

Penasehat IKA Fakultas Kedokteran Unhas, terdiri dari Prof Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Sp.OT (K), FICS sebagai ketua, sedangkan anggota antara lain Prof dr Andi Husni Tanra, Prof dr Syarifuddin Wahid, Ph.D, Sp.PA(K), dan Prof Dr dr. Andi Asadul Islam, Sp.BS(K).

Pada jajaran dewan pembina, duduk sebagai ketua adalah Prof Dr dr Haerani Rasyid, M.Kes, Sp.PD-KGH, Sp.GK, FINASIM. Adapun anggota pensehat, antara lain Prof Dr dr Andi Wardihan Sinrang, MS, Sp.And, dan Prof Dr dr. Bachtiar Murtala, Sp.Rad (K).

Duduk sebagai ketua dewan pakar IKA Unhas Fakultas Kedokteran, dr. Andi Wahyuningsih Attas, Sp.An, KIC, MARS. Anggotanya, antara lain, Prof Dr dr. Abdul Razak Thaha, M.Sc, Sp.GK, dan Prof Dr. dr. Syakib Bakri, Sp.PD-KGH.

Ketum IKA Unhas, Dr Ir. H. Andi Amran Sulaiman, SP dan Rektor Unhas Prof Dr Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc foto bersama dengan para pengurus IKA Fakultas MIPA Unhas usai pelantikan.

Struktur organisasi IKA Fakultas Kedoteran Unhas terdiri dari delapan bidang, yakni: (1) Bidang pengembangan organisasi, data dan informasi, terdiri dari tujuh orang pengurus; (2) Bidang kerja sama dan penggalangan dana, terdiri dari tujuh orang pengurus; (3) Bidang pelatihan dan pembinaan keprofesian, terdiri dari enam orang pengurus; (4) Bidang beasiswa dan bantuan pendidikan, terdiri dari enam orang pengurus.

Selanjutnya, (5) Bidang pengabdian masyarakat dan kebencanaan, terdiri dari tujuh orang pengurus; (6) Bidang pemberdayaan dan kesejahteraan alumni, terdiri dari enam orang pengurus; (7) Bidang komunikasi antar-alumni dan almamater, terdiri dari enam orang pengurus; (8) Bidang konsultasi dan bantuan hukum, terdiri dari empat orang pengurus.

Pengurus IKA Fakultas Kedokteran juga membentuk delapan koordinator wilayah, yakni wilayah luar negeri yang dipercayakan kepada Dr dr. Iqbal Mochtar, MPH. Sedangkan koordinator wilayah dalam negeri terdiri dari wilayah Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Yang menarik adalah koordinator angkatan yang dibagi per dekade. Koordinator angkatan 1956-1979, Dr dr. Nurdin Perdana, SMKM; koordinator angkatan 1980-1989, dr. Rosliah Lantara; koordinator angkatan 1990-1999, dr. Irwan Aras, M.Epid, M.Med.Ed; koordinator angkatan 2000-2009, dr. Arif Sutrisno Amin, MARS; dan koordinator angkatan 2010-2019, dr. Fikri Hamdi.

Ketum IKA Unhas, Dr Ir. H. Andi Amran Sulaiman, SP dan Rektor Unhas Prof Dr Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, dan Prof Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Sp.OT (K), FICS, foto bersama dengan para pengurus IKA Fakultas Kedokteran Unhas usai pelantikan.

Selain itu, juga ada koordinator alumni spesialis yang dipercayakan kepada Dr. dr. Hasyim Kasim, Sp.PD-KGH, FINASIM. Sedangkan koordinator alumni doktor, diamanahkan kepada Dr. dr. Irfan Idris, M.Kes

Alumni Unhas Tersebar di Mana-mana

Rektor Unhas Prof Dr Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para pengurus IKA Fakultas MIPA dan IKA Fakultas Kedokteran Unhas yang dilantik secara bersamaan.

Menurut Rektor, alumni Unhas tersebar di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri.

“Saya sebagai rektor Universitas Hasanuddin merasa bangga karena alumni kita telah tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Mereka telah berkontribusi dalam berbagai bidang keahlian mereka,” kata Prof JJ.

Perkuat Kolaborasi

Sementara itu, Ketum PP IKA Unhas Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP dalam pengarahannya mengapresiasi seluruh pengurus IKA Fakultas MIPA dan IKA Fakultas Kedokteran yang baru saja dilantik.

Andi Amran mengingatkan kepada seluruh alumni agar terus memperkuat kolaborasi demi kebesaran alumni.

“Kolaborasi harus diperkuat jika kita ingin berhasil. Kita tidak mungkin bisa bekerja sendiri-sendiri,” ujar Andi Amran.

Selain itu, pendiri AAS Foundation itu juga mengingatkan agar sesama alumni hendaknya tidak saling menjelekkan dan melemahkan. Justru yang perlu dilakukan adalah saling medukung dan bekerja sama, demi kebesaran alumni.

Terkait dengan tahun politik menyongsong Pemilu 2024, Ketum IKA Unhas itu memberi keleluasaan setiap individu alumni untuk menentukan pilihan, atau mendukung Capres pilihannya. Namun, IKA sebagai organisasi tidak boleh berpolitik.

“Anggota alumni sebagai individu, silakan menentukan pilihan politik. Tetapi stempel IKA tidak boleh berpolitik,” tandas Andi Amran.

Sedangkan pengurus pusat IKA Unhas yang hadir adalah, direktur eksekutif Salahuddin Alam, Dr Ilham Rasyid, Kahar Gani, Muhammad Ruslan, Bau Irfan, Fadlan, dan Mulawarman. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.