Warga Makassar! Siap-siaplah Menikmati Beragam Sajian Kopi Sepuasnya

Berita1503 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Para penikmat kopi di Kota Makassar bakal punya dua hari istimewa untuk menikmati beragam sajian kopi sepuasnya dengan riang gembira.

Hari istimewa itu adalah peringatan hari kopi nasional yang dilaksanakan oleh dewan kopi nasional provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan PP IKA Unhas.

Untuk tingkat Sulawesi Selatan, acaranya dipusatkan di Makassar selama dua hari, yakni 11-12 Maret 2023.

Hal itu terungkap pada rapat pemantapan panitia hari kopi nasional tingkat Sulawesi Selatan, Jumat (24/02/2023), di sekretariat PP IKA Unhas, AAS Building lantai 3.

Hadir dalam rapat, ketua dewan kopi Sulawesi Selatan Prof Dr. Ir. Kaimuddin, M.Si, ketua panitia A. Dedy, sekretaris umum dewan kopi Sulawesi Selatan, A. Sulaiman H. Andi Loeloe.

Dari PP IKA Unhas hadir direktur eksekutif Salahuddin Alam, Yaripai Mappeaty, Muhammad Ruslan, dan Ishak yang juga kepala BPJS Ketenagakerjaan Sulsel.

Pada hari pertama, Sabtu (11/03/2023), kegiatannya adalah talkshow industri kopi global, penyerahan bantuan mesin kopi kepada Warkop yang dipilih dan kelompok tani kopi, peluncuran (lauching) kopi Hasanuddin, nyeruput kopi bareng, penyerahan award kepada Warkop favorit, dan lomba barista.

Kegiatan hari pertama akan dilaksanakan di baruga Karaeng Pattingalloang Rujab Gubernur Sulsel.

Kegiatan ini bakal dihadiri sekitar 250 tamu, termasuk anggota Forkopimda Sulsel, para GM hotel di Makassar, kepala-kepala OPD provinsil Sulawesi Selatan, bupati/wali kota seluruh Sulawesi Selatan, serta instansi pemerintah lainnya.

“Kegiatan ini memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui lebih banyak tentang perkopian, sekaligus menikmati berbagai sajian kopi istimewa,” ujar Sekum Dekopi Sulsel, A. Sulaiman H. AL.

Ketua Dekopi Sulsel Prof Dr. Ir. Kaimuddin, M.Si (tengah). (Foto: Muh. Ruslan)

Pada hari kedua, Minggu (12/03/2023) kegiatannya berupa ngopi on the street alias ngopi dari Warkop ke Warkop.

Kegiatan ini merupakan hari istimewa bagi para penikmat kopi, untuk menikmati sajian kopi terbaik dari berbagai warkop yang ada di Makassar.

Tema peringatan hari kopi tingkat nasional adalah, “Keberagaman Kopi Nusantara Perkuat Ekonomi Masyarakat dan Pererat Harmonisasi Bangsa”.

Tugas dewan kopi adalah menyinergikan seluruh organisasi maupun pemangku kepentingan perkopian Indonesia.

“Dewan kopi Indonesia merupakan wadah pemersatu yang menyinergikan seluruh organisasi pemangku kepentingan perkopian Indonesia yang membantu pemerintah, swasta, petani dan pelaku usaha lainnya dalam memajukan perkopian Indonesia sehingga kopi Indonesia menjadi kopi unggul di dunia, sekaligus menyejahterakan petani dan para pelaku usaha perkopian yang terlibat di dalamnya,” ujar Prof Kaimuddin.

Tema hari kopi nasional untuk tingkat Sulawesi Selatan adalah, “Menyinergikan Perkopian antara Hulu dan Hilir Menembus Pasar Global Kopi Indonesia”. (rus)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *