Sehari Setelah Dilantik, Pengurus IKA Unhas Daerah Berau Langsung Beraksi Gelar Bakti Sosial Sunatan Massal

Berita1417 Dilihat

KABARIKA.ID, BERAU – Pengurus IKA Unhas kabupaten Berau, Kalimantan Timur, menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) berupa sunatan massal, Minggu (5/03/2023), bertempat di serambi Masjid Al A’la, jalan Kemakmuran, kelurahan Karang Ambun, Tanjung Redeb, kabupaten Berau.

Pembukaan Baksos ini dilaksanakan dalam bentuk “tudang sipulung” di masjid Al A’la yang dibuka secara resmi oleh wakil rektor bidang SDM, alumni dan sistem informasi, Prof Dr. Farida Patittingi, M.H. dan dipandu oleh direktur alumni dan pengembangan dana abadi Unhas, Dr. Andi Muhammad Akhmar, M.Hum.

Prof Farida dalam sambutannya mengatakan, pimpinan Unhas merespon dengan baik pelaksanaan bakti sosial yang dilaksanakan oleh pengurus IKA Unhas kabupaten Berau.

“Pelaksanaan program bakti sosial berupa sunatan gratis atau sunatan masal yang menjangkau 60 orang anak ini, menjadi bukti bahwa alumni Unhas memiliki tanggung jawab sosial. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga prasejahtera,” ujar Prof Farida.

Tim dokter yang seluruhnya anggota IKA Unhas kabupaten Berau, melayani pasien sunatan massal. (Foto: Muh. Ruslan)

Ke depan, lanjut Prof Farida, program seperti ini dapat dikembangkan dalam bentuk kolaborasi yang di dalamnya melibatkan Unhas.

“Unhas juga bisa mengembangkannya dalam betuk program pengabdian kepada masyarakat atau program KKN bagi mahasiswa,“ tambah Prof Farida.

Wakil Rektor 3 Unhas itu juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus IKA Unhas kabupaten Berau yang telah menyiapkan dan menyelenggarakan acara bakti sosial ini.

Kegiatan Baksos sunatan massal ini diikuti 57 orang anak yang seluruhnya berasal dari kelurahan Karang Ambun. Perekrutan anak dibantu oleh forum RT dan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) kelurahan Karang Ambun.

“Mendatangkan anak-anak untuk sunatan massal dibantu oleh forum RT. Ada 19 RT di kelurahan Karang Ambun. Setiap RT kita berikan kuota maksimal tiga orang anak,” papar M. Ichsan Rapi, ketua IKA Unhas Berau.

Ketua IKA Unhas daerah Berau, M. Ichsan Rapi, S.T., M.T. (Foto: Muh. Ruslan)

Yang membanggakan adalah dokter-dokter yang terlibat dalam kegiatan sunatan massal ini seluruhnya adalah alumni Unhas.

Anggota IKA Unhas daerah Berau memang cukup banyak yang berprofesi dokter. Bahkan ketua IDI kabupaten Berau yang merangkap direktur RSUD dr. Abdul Rivai kabupaten Berau adalah alumni Unhas, yang juga sekretaris IKA Unhas daerah Berau, dr. Jusram, Sp.PD.

Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh IKA Unhas daerah Berau ini merupakan wujud kepedulian sosial, sekaligus untuk menunjukkan eksistensi IKA Unhas di tengah masyarakat.

Panitia Baksos sunatan massal foto bersama usai kegiatan. (Foto: Muh. Ruslan)

“Kita harus tunjukkan eksistensi kita. IKA Unhas siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan siapa saja,” tandas Daeng Iccang, sapaan akrab ketua IKA Unhas kabupaten Berau.

Baksos sunatan massal IKA Unhas daerah Berau ini juga dipantau oleh anggota PP IKA Unhas, yakni Waketum bidang organisasi dan keanggotaan, Andi M. Irwan Patawari, S.Si, anggota divisi Humas Muhammad Ruslan, sekretaris bidang pengembangan masyarakat milenial, Ichi Indrawan, dan sekretaris divisi keagamaan pada bidang agama, sosial dan kemasyarakatan, Ahmad Musa Said. (rus)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *