Komisaris Pelindo Daya Sejahtera Jadi Dosen Praktisi pada Prodi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya Unhas

Berita957 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikristek) memberi peluang kaum profesional membagi pengalaman di universitas dengan mendaftar sebagai dosen praktisi.

Salah seorang profesional yang berminat memanfaatkan kesempatan tersebut adalah Hasbi Lodang, yang kini menjabat Komisaris Pelindo Daya Sejahtera. Hasbi Lodang mendaftar sebagai dosen praktisi pada Program Studi (Prodi) Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin (Unhas).

Hasbi Lodang memulai debutnya sebagai dosen praktisi di depan mahasiswa Sastra Arab, Senin (13/03/2023), di kampus Fakultas Ilmu Budaya, kampus Unhas Tamalanrea.

Hasbi Lodang yang dikenal sebagai Presidium Persatuan Nasional Aktivis 98 (PENA 98), diterima sebagai dosen praktisi pada Prodi Sastra Arab dengan mengampuh mata kuliah Pengembangan Diri bersama Haeruddin, SS, M.A, Dr Andi Agussalim, Dr Zuhriah, SS. M.Hum, Mujadilah, SS. M.Hum, dan Haeriyah, S.Ag, M.Pd.I.

Mahasiswa program studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya Unhas menyimak uraian materi kuliah Pengembangan Diri yang disajikan oleh Hasbi Lodang. (Foto: Ist.)

Menurut Haeruddin yang juga Kadep Sastra Asia Barat, mata kuliah Pengembangan Diri lebih menekankan pada soft skill mahasiswa.

“Mahasiswa pada mata kuliah ini dianjurkan untuk mengembangkan aspek psikomotorik dan behaviour berupa kemampuan membangun jaringan, memiliki skill komunikasi yang bagus, kemampuan retorika yang mumpuni serta pergaulan yang luas dengan berbagai kalangan,’’ ujar Haeruddin.

Sementara itu, Hasbi Lodang yang juga mantan komisaris PTPN tahun 2015-2020, menyampaikan rasa bangga dan syukur karena diberi peluang oleh pimpinan Prodi Sastra Arab untuk bisa berbagi pengalaman dengan para mahasiswa.

“Ini adalah kesempatan pertama bagi saya berdiri di kelas sebagai dosen. Tentu ini pengalaman yang sangat berharga dan sangat berkesan dalam hidup saya,” ujar Hasbi Lodang.

Ia berjanji akan menggunakan kesempatan ini untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa dengan menanamkan optimisme menghadapi masa depan dengan mengasah kecerdasan sosial yang sangat berperan dalam mencapai kesuksesan seseorang di ruang publik. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *