Rektor Unhas Buka Pelatihan Dasar Dosen dan Tenaga Kependidikan Non-PNS Tetap Angkatan V Tahun 2023

Berita1736 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc Pelatihan Dasar (Latsar) bagi 81 Dosen dan Tenaga Kependidikan Non-PNS Tetap Angkatan V Tahun 2023, bertempat di Aula LPMPP Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu (15/03).

Rektor dalam sambutannya mengatakan, Unhas merupakan perguruan tinggi dengan berbagai tanggung jawab yang harus dilaksanakan secara optimal. Untuk mendukung kontribusi Unhas dalam masyarakat, sumber daya manusia menjadi elemen penting sebagai bagian dari penguatan Unhas untuk masyarakat.

Prof JJ menambahkan, seluruh sumber daya yang dimiliki Unhas harus mengetahui misinya apa dan bersemangat untuk mencapai misi tersebut. Unhas ibaratnya adalah sebuah kapal yang besar dan tentunya akan ada badai gelombang yang siap menghantam. Namun, melalui penguatan kolaborasi dan SDM berkualitas, hal ini dapat diatasi bersama.

“Unhas memiliki misi yang sangat mulia. Kegiatan ini bukan hanya hadir untuk sekadar memperoleh pengetahuan atau pemahaman, melainkan juga untuk memperbaiki diri dan mendorong perubahan, sekaligus memperkuat kapasitas individu dalam melalukan berbagai tugas di atas standar,” jelas Prof. JJ.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K) dan Sekretaris Universitas Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phill., Ph.D., foto bersama dengan peserta Latsar.

Sebelum rektor membuka kegiatan seara resmi, Direktur SDM Unhas Dr. dr. Idar Mappangara, Sp.PD., Sp.IP (K) dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen dan tenaga kependidikan Unhas dalam memberikan pelayanan, baik akademik maupun nonakademik.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi media peningkatan karakter kepribadian dosen dan tenaga kependidikan yang unggul, bertanggung jawab dan profesional.

“Peserta Latsar ini ada 81 orang, terdiri dari 60 dosen dan 21 tenaga kependidikan. Peserta yang registrasi sebanyak 77 orang, 41 pria (53,20%) dan 36 wanita (46,80%) dengan jenjang pendidikan sarjana berjumlah 12 orang, magister 45 orang, doktor 13 orang, pendidikan spesialis 13 orang, SMU enam orang, dan 14 di antaranya merupakan lulusan luar negeri,” papar dr. Idar.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum, dalam sambutannya menuturkan bahwa sebagai lembaga pendidikan tinggi, Unhas berperan dalam proses pengembangan SDM secara organisasional dalam rangka melaksanakan Tri Dharma secara holistik yang berkesinambungan.

Peserta Latsar dosen dan tenaga kependidikan non-PNS tetap Angkatan V tahun 2023, menyanyikan lagu Indonesia Raya saat pembukaan kegiatan Latsar.

Pengembangan Unhas sebagai institusi pendidikan dapat dicapai apabila semua elemen, termasuk dosen dan tenaga kependidikan memahami visi dan misi Unhas dengan jelas dalam rangka pencapaian tujuan institusi.

Menurut Prof Farida, proses pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan secara terintegrasi diharapkan dapat membangun integritas moral, kejujuran, semangat, motivasi, nasionalisme dan kebangsaan ASN.

Untuk itu, mantan dekan Fakultas Hukum Unhas tersebut berharap, para peserta dapat memaksimalkan kegiatan untuk pengembangan kapasitas, dan memberikan pelayanan publik secara optimal kepada masyarakat.

“Secara umum, Latsar menjadi sarana untuk memberikan pemahaman terkait dengan bagaimana menjadi insan universitas. Harus diingat bahwa kita adalah orang terpilih untuk mendukung tujuan Unhas sebagai lembaga pendidikan tinggi yang di dalamnya melekat unsur tri dharma. Sejauh ini, SDM Unhas masih menjadi nomor satu terbaik Indonesia, tentu kualitas pelayanan juga harus kita tingkatkan selalu,” jelas Prof. Farida.

Kegiatan Latsar ini akan berlangsung hingga Sabtu (18/03) dengan berbagai agenda dan materi dari berbagai narasumber yang berkompeten. Pada hari terakhir, kegiatan dijadwal berlangsung di Maros Highland. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *