Silaturahmi Penuh Riang Gembira Selama Tiga Jam, Andi Amran Sulaiman Semangati Pengurus IKA Unhas Daerah Pinrang

Berita353 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Faktor jarak dan waktu tidak lagi menjadi hambatan bagi ketua umum (Ketum) PP IKA Unhas, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. untuk mengunjungi dan bersilaturahmi dengan pengurus IKA Unhas daerah di manapun, terutama di wilayah Sulawesi.

Seperti halnya yang dilakukan kemarin, Rabu (15/03/2023), saat Ketum berkunjung ke kabupaten Pinrang untuk memenuhi undangan silaturahmi Bupati Pinrang, Irwan Hamid sekaligus bersilaturahmi dan berdialog dengan pengurus IKA Unhas daerah Pinrang.

Perjalanan dari Makassar ke Pinrang yang berjarak sekitar 185 kilometer, hanya ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit menggunakan sarana transportasi “Capung Besi”.

Pengurus pusat IKA Unhas yang menyertai kunjungan silaturahmi Ketum IKA, Andi Amran Sulaiman ke Pinrang, adalah Sekjen Prof. Dr. Ir. Yusran Jusuf, M.Si., Waketum bidang organisasi dan keanggotaan, A.M. Irwan Patawari, S.Si, Ketua bidang koperasi dan UMKM, Suharman Usman, S.S, serta Dirut PD Karya kabupaten Pinrang yang juga pengurus IKA Unhas daerah Pinrang, Johamran Muhammad, S.Sos.

Ketum bersama rombongan mendarat di stadion Bau Massepe, kelurahan Pacongang, kecamatan Paleteang, Pinrang sekitar pukul 11.00 WITA, dan dijemput oleh bupati Pinrang Irwan Hamid bersama beberapa pengurus inti IKA Unhas Pinrang.

Ketum PP IKA Unhas, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. beserta rombongan dijamu oleh Bupati Pinrang Irwan Hamid di Rujab Bupati. (Foto: Johamran M.)

Rombongan kemudian bertolak menuju Rujab bupati Pinrang, Jl. Bau Massepe, Watang Sawitto, Pinrang.

Di tempat ini berlangsung dialog antara Ketum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman dengan bupati Pinrang, Irwan Hamid serta beberapa pengurus IKA Unhas Pinrang. Salah seorang pengurus IKA Unhas Pinrang yang hadir adalah H. Fathul Akbar Syarif.

Dia juga adalah ketua panitia pelantikan pengurus IKA Unhas Pinrang yang akan dilaksanakan pada 18 Maret mendatang.

Menurut Fathul, perbincangan antara Andi Amran Sulaiman dengan bupati Irwan Hamid berlangsung santai dan riang gembira.

Pada kesempatan itu, kata Fathul, bupati menyampaikan kepada Ketum IKA Unhas bahwa dirinya mendukung sepenuhnya keberadaan IKA Unhas Pinrang.

Apalagi banyak pengurus IKA Unhas Pinrang yang merupakan ASN yang bekerja di instansi pemerintah kabupaten Pinrang.

Sementara itu, Andi Amran Sulaiman menanyakan kepada bupati tentang perkembangan UMKM di kabupaten Pinrang.

Ketum IKA Unhas yang sangat peduli terhadap perkembangan UMKM itu, juga meminta kepada pengurus IKA Unhas Pinrang agar memetakan permasalahan yang dihadapi UMKM yang ada di Kabupaten Pinrang, untuk dicarikan solusinya.

Mengenai pembinaan UMKM di kabupaten Pinrang, Fathul Akbar menuturkan bahwa bupati Pinrang juga punya perhatian serius terhadap pengembangan UMKM di daerah ini.

“Bupati secara pribadi patungan dengan kepala-kepala OPD untuk membantu UMKM sehingga sudah ada yang bisa mengekspor produknya ke luar negeri,” tutur Fathul.

Cerita Riang Gembira Berlanjut ke Warkop

Setelah santap siang di Rujab bupati Pinrang, Ketum IKA Unhas bersama bupati Pinrang serta pengurus IKA Unhas Pinrang, kemudian bergeser ke Warkop Cerita Kopi.

Di Warkop milik bupati Pinrang ini, diskusi dan cerita riang gembira kembali berlanjut.

Ketum PP IKA Unhas, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. beserta rombongan bertemu dengan Bupati Pinrang Irwan Hamid dan pengurus IKA Unhas Pinrang di Warkop Cerita Kopi. Dari kiri ke kanan: Andi Chalo Kerrang, Qory Rini, Saifullah Akbar Asyikin, dan Fathul Akbar Syarif. (Foto: Fathul Akbar)

Di tempat itu, menurut penuturan ketua panitia pelantikan IKA Unhas Pinrang, Ketum IKA Unhas sempat menanyakan persiapan panitia pelantikan.

“Persiapan panitia pelantikan sudah 90 persen siap,” ujar Fathul Akbar, saat menjawab pertanyaan Ketum.

Alumni Unhas yang telah terdata di kabupaten Pinrang saat ini, mencapai 600 orang. Sebanyak 150 orang di antaranya menjadi pengurus IKA Unhas Pinrang yang akan dilantik oleh pengurus IKA Unhas wilayah Sulsel pada 18 Maret mendatang.

Pengurus IKA Unhas Pinrang yang hadir di Wakop Cerita Kopi adalah Andi Chalo Kerrang, wakil ketua 2 yang juga Kadis Peternakan kabupaten Pinrang,
Qory Rini yang juga staf Dinas Pertanian kabupaten Pinrang, Saifullah Akbar Asyikin ketua bidang dalam kepengurusan IKA Pinrang yang juga Kabid Kesbangpol Kabupaten Pinrang, dan Fathul Akbar Syarif ketua bidang dalam kepengurusan IKA Pinrang. sekaligus ketua panitia pelantikan pengurus IKA Unhas daerah Pirang yang kini adalah staf BKPSDM kabupaten Pinrang.

Semua merasa riang gembira. Dari kiri ke kanan: Ketum PP IKA Unhas, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P., Dandim 1404/Pinrang Letkol Inf. Aris Barunawan, Bupati Pinrang Irwan Hamid, Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K, Saifullah Akbar Asyikin, Ketua Bidang Koperasi PP IKA Unhas, Suharman Usman, S.S. (Foto: Johamran M.)

Pengurus IKA Unhas Pinrang ini menyampaikan permohonan kepada Ketum PP IKA Unhas agar dapat melantik pengurus IKA Unhas Pinrang.

Namun permintaan itu tidak dapat dikabulkan karena tidak sesuai AD/ART. “Itu bertentangan dengan AD/ART. Pelantikan pengurus IKA daerah menjadi kewenangan pengurus IKA wilayah,” ujar Andi Amran.

Tetap Mengharapkan Pencerahan dari PP

Walau demikian, pengurus IKA Unhas Pinrang tetap mengharapkan adanya pencerahan dari Ketum IKA Unhas.

“Meskipun kami pengurus di daerah, namun kami tetap mengharapkan perhatian dan pencerahan dari pengurus pusat,” ujar Fathul Akbar.

Menanggapiharapan pengurus IKA UNhas Pinrang tersebut, Ketum kemudian minta kepada pengurus IKA Unhas Pinrang untuk menyiapkan kegiatan khusus bagi Andi Amran Sulaiman untuk bertemu dengan para pengurus IKA Unhas Pinrang setelah pelantikan.

Selain ingin bertemu dan bersilaturahmi dengan seluruh pengurus IKA Unhas Pinrang, Andi Amran juga ingin bertemu dengan para pelaku UMKM di kabupaten Pinrang untuk membantu mereka keluar dari kendala yang dihadapi.

Pada acara khusus itu, Andi Amran juga minta kepada pengurus IKA Unhas Pinrang untuk menghadirkan juga para pelaku UMKM.

Salah satu produk UMKM asal Pinrang yang telah menembus pasar ekspor ke Timur Tengah adalah kemiri Sultan. UMKM ini juga menjadi peserta Business Matching yang digelar PP IKA Unhas dua bulan lalu.

Lomba Suit TNI-Polri yang Penuh Tawa

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh Ketum IKA Unhas setiap kali ada acara pertemuan, adalah lomba yang dilaksanakan secara riang gembira dan menghibur. Bahkan tidak jarang ada unsur kelucuan.

Kebiasaan itu kembali terulang di Pinrang kemarin, saat Andi Amran bertemu dengan Dandim 1404/Pinrang Letkol Inf. Aris Barunawan beserta empat orang Babinsanya dan Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K bersama empat orang Bhabinkamtibmas.

Personel TNI dan Polri itu kemudian diadu lomba suit jari. Sesi pertama dimenangkan oleh TNI. Pertandingan kemudian dilanjutkan pada sesi kedua dan pemenangnya adalah Polri. Sampai di sini, posisi imbang.

“Harus ada pemenangnya. Siapa wakil TNI dan Polri?,” ujar Andi Amran.

Tertawa itu sehat. Ketawa lepas karena perasaan riang gembira membuat suasana jadi cair dan menghilangkan sekat-sekat kedudukan dan jabatan. (Foto: Johamran M.)

Lomba suit kemudian dilanjutkan dan dimenangkan oleh TNI. Masing-masing pemenang menerima hadiah Rp 5 juta rupiah.

“Adakah wartawan di sini? Lomba suit juga lawan IKA,” kata Andi Amran.

Lomba pun dilaksanakan dan dimenangkan oleh IKA Unhas Pinrang.

Sepanjang pertadingan suit berlangsung suasana berjalan penuh tawa.

Sesunggunnya itulah cara tersendiri yang dilakukan oleh Ketum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman untuk bersedekah kepada sesama. Beramal dengan cara riang gembira, penuh tawa, dan penuh rasa empati.

Kegiatan silaturahmi berlangsung sukses dan semua yang terlibat merasa senang dan riang gembira. Ketum bersama rombongan kemudian menaiki “Capung Besi” untuk kembali ke Makassar. Pukul 14.15 rombongan tiba dengan selamat di AAS Building, sekretariat PP IKA Unhas. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.