Pengurus IKA Unhas Kabupaten Pinrang Resmi Dilantik, Bupati Sebut Alumni Unhas Manusia-manusia Unggul

Berita746 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unhas wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel), Ir. H. Moh. “Danny” Ramdhan Pomanto melantik secara resmi pengurus IKA Unhas daerah Pinrang periode 2022-2026, bertempat di aula kantor bupati Pinrang, Sabtu (18/03/2023).

Pelantikan ditandai dengan penyerahan pataka oleh ketua IKA Unhas Wilayah Sulsel kepada ketua IKA Unhas daerah Pinrang.

Pengurus inti yang dilantik adalah Ir. H. Sudirman Sultan sebagai ketua, Muhammad Ramli, S.Pt yang menduduki ketua harian, Andi Sadikin, SH yang berposisi sebagai sekretaris, dan jabatan bendahara dipercayakan kepada Hj. Hasnawati Zain, SP, M.Si.

Acara pelantikan berlangsung khidmat dan dihadiri seluruh pengurus IKA Unhas Pinrang. Juga hadir unsur Forkopimda kabupaten Pinrang, yakni bupati Pinrang, perwakilan Kodim 1404/Pinrang, dan utusan Polres Pinrang.

Ketua IKA Unhas wilayah Sulsel, Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto memberikan sambutan usai prosesi inaugurasi.

Ketua panitia pelantikan H. Fathul Akbar Syarif, S.H. dalam laporannya menyampaikan, acara pelantikan pengurus ini merupakan amanah Musda IKA Unhas kabupaten Pinrang yang dilaksanakan pada 12 November 2022 yang lalu.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari bupati Pinrang, OPD, dan perusahaan yang ada di kabupaten Pinrang.

Acara pelantikan ini mengambil tema, “Kolaborasi IKA Unhas Pinrang dengan pemerintah Kabupaten Pinrang dalam mengembangkan SDM dan SDA di Kabupaten Pinrang.”

Ketua IKA Wilayah Sulsel dalam sambutannya mengatakan, ada tiga manfaat sebuah ikatan alumni yang dibentuk. Yakni, manfaat bagi almamater, manfaat untuk para alumni sendiri, dan manfaat untuk masyarakat luas.

Pada kesempatan itu juga, Danny Pomanto menjelaskan inisiatif dari Sulsel yang menjadi visi IKA Unhas wilayah Sulsel, membagi wilayah sasaran kerjanya ke dalam enam wilayah sesuai topografi dan geografi masing-masing wilayah.

Ketua IKA Unhas daerah Pinrang, Ir. H. Sudirman Sultan memberikan sambutan usai prosesi pelantikan.

Keanam wilayah itu adalah Selat Makassaar inisiatif, Laut Selatan inisitif, Teluk Bone inisiatif, Lompobattang inisiatif, Bulusaraung inisiatif, dan Latimojong inisiatif.

Sementara itu, ketua IKA Unhas daerah Pinrang yang baru saja dilantik, Ir. H. Sudirman Sultan, dalam sambutannya mengatakan IKA Unhas Pinrang siap berkolaborasi di segala lini dengan berbagai pihak, baik pihak pemerintahan maupun swasta untuk mendukung percepatan kemajuan kabupaten Pinrang.

Bupati Sebut Alumni Unhas Manusia Unggul

Bupati Pinrang H. A. Irwan Hamid, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, Pemda Pinrang akan mendukung setiap program IKA Unhas Pinrang.

Menurut bupati, para alumni Unhas adalah manusia unggul. “Alumni-alumni Unhas adalah manusia-manusia unggul, baik secara individi maupun secara komunitas dan mereka mampu bekerja sama dalam kelompok,” tandas Bupati.

Bupati Pinrang H. A. Irwan Hamid, S.Sos memberikan sambutan pada pelantikan pengurus IKA Unhas daerah Pinrang.

Bupati juga mengakui kalau banyak alumni Unhas yang telah menjadi pembesar di negeri ini, termasuk ketua umum PP IKA Unhas, Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, H. M. Jusuf Kalla, dan lain-lain.

Dalam struktur kepengurusan IKA Unhas daerah Pinrang, bupati Pinrang diposisikan sebagai ketua dewan penasihat. Sedangkan sekretaris dewan penasihat adalah wakil bupati Pinrang.

IKA Unhas Pinrang Diawaki 171 Orang

Pengurus inti IKA Unhas daerah Pinrang yang dilantik hari ini terdiri dari ketua Ir. H. Sudirman Sultan, Ketua harian Muhammad Ramli, S.Pt, Sekretaris Andi Sadikin, SH, dan Bendahara Hj. Hasnawati Zain, SP, M.Si.

Dalam struktur kepengurusan, pengurus inti dibantu 11 orang wakil ketua, 11 wakil sekretaris dan 11 wakil bendara.

Jumlah pengurus yang berjumlah 171 orang, disebar ke dalam 28 bidang sesuai dengan bidang ilmu dan kompetensinya masing-masing.

Wakil ketua I, A. Azizah Irma Wahyudiyati, S.AP, M.Si, membawahi dua bidang dengan 11 orang pengurus, yakni Bidang politik dan pemerintahan; serta Bidang pertahanan dan keamanan.

Wakil ketua II, Jamaluddin, STP, M.Si membawahi tiga bidang dengan 14 orang pengurus. Yakni, Bidang ekonomi dan dunia usaha; Bidang keuangan, moneter, dan perbankan; serta Bidang koperasi, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Wakil ketua III, A. Suyuti Fachrul, S.T, M.Si membawahi tiga bidang dengan 18 orang pengurus, yakni Bidang pemuda dan olahraga; Bidang seni dan budaya; serta Bidang pengembangan masyarakat milenial.

Senyum ceria pengurus IKA Unhas Pinrang pada acara pelantikan. Karya dan pengandian mereka dalam kolaborasi ditunggu masyarakat.

Wakil ketua IV, Iswady Wahid, S.Si, M.Si, Apt membawahi dua bidang dengan 10 orang pengurus. Kedua bidang tersebut adalah, Bidang organisasi dan keanggotaan, serta Bidang sumber daya alumni.

Wakil ketua V, Ir. H. Muh. Jaenal, MT membawahi 15 orang pengurus yang tersebar ke dalam tiga bidang. Yakni, Bidang agama dan sosial budaya; Bidang tanggap darurat dan penanganan bencana; serta Bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Wakil ketua VI, Andi Tjalo Kerrang, SP., M.Si membawahi tiga bidang dengan 25 pengurus. Yaitu, Bidang pertanian; Bidang peternakan dan perkebunan; serta Bidang Kelautan dan Perikanan.

Wakil ketua VII, Hasjuddin AT, S.H membawahi tiga bidang dengan 18 orang pengurus. Ketiga bidang tersebut adalah, Bidang hubungan antar lembaga; Bidang hukum dan HAM; serta Bidang komunikasi dan informatika.

Wakil ketua VIII, A. Awaluddin Maramat, S.STP, M.Si membawahi dua bidang dengan 14 orang pengurus. Dua bidang tersebut adalah Bidang perhubungan; serta Bidang pekerjaan umum, permukiman wilayah, dan tata ruang.

Wakil ketua IX, H. A. Fahruddin, S.Sos, M.Si membawahi 10 orang pengurus yang tersebar ke dalam dua bidang, yakni Bidang pendidikan, riset dan teknologi; serta Bidang perencanaan pembangunan dan kajian strategis.

Wakil ketua X, dr. Moh. Inwan Ahsan membawahi dua bidang dengan 22 orang pengurus. Kedua bidang itu adalah, Bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak; serta Bidang kesehatan.

Wakil ketua XI, Drs. H. Hartono Mekka, M.Si mengawaki tiga bidang, yakni Bidang perindustrian dan perdagangan; Bidang ketenagakerjaan; serta Bidang energi dan sumber daya mineral. Pengurus yang memperkuat tiga bidang ini berjumlah 14 orang.

Selain pengurus, juga ada dewan pertimbangan yang diketuai oleh Ir. H. A. Budaya Hamid, MM serta Aswin, S.STP, M.Si sebagai sekretaris.

Pada posisi dewan pembina, duduk sebagai ketua adalah Drs. H. Syarifuddin Side, M.Si, dan sekretaris dijabat oleh Johamran Muhammad, S.Sos.

Sedangkan dewan pakar, duduk sebagai ketua adalah Ahmad Abdy Baramuli, SE, dibantu oleh Dr. Arsyad, S.T, M.T. sebagai sekretaris.

Alumni Unhas di kabupaten Pinrang yang berjumlah 600 orang dan 171 di antaranya menjadi pengurus IKA Unhas Pinrang, merupakan kekuatan besar dalam karya dan pemikiran.

Jika kekuatan itu dikolaborasikan dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, akan mempercepat derap pembangunan kabupaten Pinrang untuk meraih kemajuan bersama. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *