Rektor Unhas Bahas Tantangan Perguruan Tinggi Era Digitalisasi di Universitas Yapis Papua, Jayapura

Berita675 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. (Prof JJ) menjadi narasumber dalam kuliah umum yang dilaksanakan oleh Universitas Yapis Papua (Uniyap) Jayupura, Selasa (21/03/2023).

Rektor Unhas dalam kuliah umumnya memaparkan Tantangan Perguruan Tinggi Era Digitalisasi. “Era revolusi industri mengharuskan seluruh elemen masyarakat untuk melakukan proses adaptasi, termasuk perguruan tinggi,” kata Prof. JJ.

Proses adaptasi ini juga dilakukan oleh Unhas dalam berbagai hal, salah satunya dalam bidang akademik melalui pembelajaran yang bersifat hybrid, apalagi ketika Covid-19 yang mana penggunaan teknologi sangat diperlukan untuk mendukung kelancaran aktivitas akademik.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. bersama unsur pimpinan Uniyap sebelum menyampaikan kuliah umum.

“Ketika Covid-19, seluruh sektor merasakan dampak yang sangat besar termasuk perguruan tinggi. Unhas kemudian melakukan adaptasi untuk menyesuaikan kondisi kala itu. Kita menghadirkan pembelajaran secara Luring dan Daring dengan pemanfaatan teknologi. Bukan hanya pada sektor pembelajaran saja, beberapa layanan Unhas juga berbasis online saat ini,” jelas Prof. JJ.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, lanjut Rektor, tentunya banyak hal yang harus terus dilakukan proses optimalisasi dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia berkualitas.

Ketika Covid-19, peran digitalisasi memberikan pengaruh besar terhadap berbagai hal dalam lingkup pendidikan tinggi. Prof JJ menekankan era digitalisasi yang membawa pengaruh besar harus dimanfaatkan dengan baik dalam mendorong dan menghasilkan lulusan berdaya saing melalui proses pembelajaran adaptif.

Dialog dengan Civitas Academica Uncen

Selain ke Uniyap, Rektor Prof JJ juga melakukan kunjungan kerja ke Universitas Cendrawasih (Uncen) Papua, Selasa (21/03). Di Uncen, Rektor Unhas berdiskusi tentang tata kelola perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi berstatus badan hukum.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. ketika berdiskusi dengan civitas academica Uncen Jayupura, Selasa (21/03/2023).

Di Uncen, Rektor Unhas diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Jonathan K. Wororomi, M.Si., Dekan FEB Dr. Mesak Lek, SE., M.Si., Asisten Direktur I Pascasarjana Dr. Basir Rohrohmana, SH., M.Hum., dan Koordinator Kerja sama dan Humas Ir. Nurtanti Handono, M.Si.

Prof. JJ menyampaikan ungkapan rasa senang dan terima kasih atas sambutan hangat dari Uncen. Dirinya banyak membagi kisah dan pengalaman dalam mengelola pasca sarjana sekaligus berbagi informasi mengenai tata kelola Unhas yang telah berstatus PTN BH.

Prof. JJ mengatakan, Unhas akan merasa senang jika membangun kolaborasi bersama Uncen, khususnya dalam pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi. Ia mengharapkan Unhas dan Uncen bisa bersinergi dalam mendorong peningkatan mutu dalam berbagai sektor.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. bersama rombongan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Uncen Dr. Jonathan K. Wororomi, M.Si. di ruang tamu Warek.

“Sebagai perguruan tinggi, Unhas menyadari kolaborasi dengan berbagai pihak sangat diperlukan. Perluasan kemitraan itu terus dilakukan Unhas dengan berbagai mitra strategis. Ke depan, kita mengharapkan bersama, Unhas dan Uncen bisa terus membangun kolaborasi dalam mengoptimalkan pengembangan Tri Dharma,” jelas Prof. JJ.

Mewakili Rektor Uncen, Jonathan K. Wororomi menyampaikan rasa senang atas kunjungan Rektor Unhas di Uncen. Menurut Jonathan, Unhas merupakan perguruan tinggi dengan berbagai capaian membanggakan. Uncen mengharapkan Unhas bisa memberikan dukungan dan membangun kemitraan dalam berbagai sektor. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *