Hasnulir Nur, Juara Nasional Kaligrafi Mengajar Ilmu “Rasm” di Sastra Arab FIB Unhas

Berita343 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Ilmu rasm salah satu mata kuliah wajib di jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas. Mata kuliah ini mengajarkan genre tulisan yang digunakan dalam bahasa Arab.

Demi memaksimalkan sasaran dan target tersebut, Departemen Sastra Asia Barat meminta Hasnulir Nur, S.S. sebagai salah seorang pengajar dalam ilmu rasm. Dia adalah juara nasional lomba kaligrafi mahasiswa.

Dalam proses pembelajaran mata kuliah ilmu rasm, Hasnulir mendampingi dosen pengampuh mata kuliah tersebut, yakni Muhammad Ridwan, S.S., M.A. dan Supratman, S.S., M.Sc, Ph.D.

“Saya sungguh bersemangat terlibat pada mata kuliah ini. Karena dunia pendidikan adalah sesungguhnya spirit seluruh jiwa raga saya. Dan tentang ilmu rasm itu bagian dari passion saya,” ujar Hasnulir, Selasa (28/03/2023).

Mahasiswa Sastra Arab antusias mengikuti uraian materi kuliah ilmu rasm dari Hasnulir Nur. (Foto: Supa)

Ia berharap keterlibatannya di jurusan Sastra Arab FIB Unhas, menjadi pintu gerbang untuk memasuki dunia pendidikan secara lebih intens.

“Oleh karena itu, semoga keterlibatan saya kali ini adalah pintu awal menuju pada proses dunia pendidikan dan akademik yang semakin intens dan profesional,” harap Hasnulir.

Ketua Departemen Sastra Asia Barat FIB Unhas, Haeruddin, S.S., M.A. mengatakan kegemberian atas kesedian Hasnulir bergabung dan memperkuat tim di Departemen Sastra Asia Barat yang selama ini sudah menunjukkan performa yang maksimal dan unggul.

“Semoga dengan kehadiran Hasnulir, maka keunggulan Departemen Sastra Asia Barat semakin unggul dan lebih unggul lagi di masa masa mendatang,” tegas Haeruddin.

Ilmu rasm tidak sekadar menekankan mahasiswa untuk memiliki skill menulis tulisan Arab dengan baik, tetapi juga memahami dan menghayati mengapa sebuah huruf ditulis dengan bentuk dan pola tertentu.

Perkembangan teknologi yang begitu masif menyebabkan banyak orang tidak memperhatikan bagaimana teknik menulis dan penulisan bahasa Arab yang baik. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *