Unhas Mewisuda 1.707 Lulusan Baru Periode Maret 2023

Berita860 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali mewisuda lulusan program Sarjana, Vokasi, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi untuk periode wisuda Maret 2023. Lulusan baru yang diwisuda berjumlah 1.707 orang wisudawan. Karena jumlah lulusan cukup banyak, maka pelaksanaan wisuda dibagi ke dalam dua sesi, yakni sesi pagi dan sore. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 WITA di Baruga A.P. Pettarani Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Rabu (29/03/2023).

Kegiatan wisuda dipimpin oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. dan dihadiri para Wakil Rektor, dekan di lingkup Unhas, anggota Majelis Wali Amanat, dan Ketua Senat Akademik.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga serta penghargaan kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya di Unhas.

Prof. JJ menuturkan, Unhas selalu memaksimalkan keberadaannya untuk kemaslahatan masyarakat. Kehadiran Unhas dengan berbagai langkah dan program strategis diharapkan mampu menjadi penguatan menuju “the main leading University”. Perguruan tinggi yang unggul secara nasional dan global, memiliki tujuan peningkatan kerja sama riset tidak hanya secara nasional, namun juga internasional.

“Sebagai penguatan komitmen peningkatan kualitas, Unhas memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang berperan untuk mendukung tenaga kerja profesional yang memiliki kompetensi di bidangnya. LSP Unhas terbuka bagi dosen dan mahasiswa yang ingin meraih sertifikasi kompetensi yang diperoleh dari pembelajaran berbasis uji kompetensi yang disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja,” jelas Prof. JJ

Secara umum, Unhas terus berupaya agar seluruh wisudawan terus berkarya, maju dan positif menyebar semangat pionir di masyarakat, serta senantiasa memiliki jiwa kepemimpinan, solidaritas, leadership, dan memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat.

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik, Unhas terus berbenah dan berupaya untuk menjadi yang terbaik bukan hanya di tingkat nasional namun juga mengglobal.

Prof. JJ menambahkan, Unhas terus meningkatkan kualitas lulusan khususnya keterserapan di dunia kerja melalui berbagai aktivitas yang membangun hard dan soft skill termasuk menciptakan “Active Lifelong Learner” sebagai profil lulusan dalam menghadapi tantangan perubahan zaman.

Penyelerasan kurikulum yang adaptif berdasarkan kebutuhan industry 4.0 melalui experiental learning (program-program MBKM dan program mandiri lainnya). Kurikulum 2023 akan ditunjang oleh sinergi dan konektivitas bersama DUDI (dunia usaha dan dunia industri-Red) dan mitra lainnya, dalam dan luar negeri.

Wisuda periode Maret 2023 terbagi dua sesi, yakni pagi dan siang dengan total 1.707 Wisudawan, terdiri dari 594 wisudawan laki-laki (34,82%) dan 1.112 wisudawan perempuan (65,18%). Rincian jumlah wisudawan per jenjang pendidikan, adalah:
1. Program Diploma III 34 orang
2. Program Sarjana 877 orang
3. Program Spesialis 64 orang
4. Program Profesi 281 orang
5. Program Magister 382 orang
6. Program Doktor 68 orang

Adapun jumlah IPK rata-rata dan lama studi wisudawan adalah sebagai berikut :
1. Program Diploma III, IPK 3,50 dengan masa studi 3 tahun bulan
2. Program Sarjana, IPK 3,62 dengan masa studi 4 tahun 8 bulan
3. Program Profesi, IPK 3,86 dengan masa studi 2 tahun 9 bulan
4. Program Spesialis, IPK 3,87 dengan masa studi 4 tahun 4 bulan
5. Program Magister, IPK 3,91 dengan masa studi 2 tahun 4 bulan
6. Program Doktor, IPK 3,94 dengan masa studi 4 tahun 2 bulan

Jumlah wisudawan berdasarkan fakultas, sebagai berikut:
1. Fakultas Peternakan 51 orang,
2. Fakultas Pertanian 134 orang,
3. Fakultas Farmasi 48 orang,
4. Fakultas Hukum 109 orang,
5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis 153 orang,
6. Fakultas Kedokteran Gigi 16 orang,
7. Fakultas Kedokteran 324 orang,
8. Fakultas Kehutanan 18 orang,
9. Sekolah Pascasarjana 73 orang,
10. Fakultas Ilmu Budaya 81 orang,
11. Fakultas Kesmas 108 orang,
12. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan 83 orang,
13. Fakultas Keperawatan 88 orang,
14. Fakultas ISIPOL 120 orang,
15. Fakultas Teknik 249 orang,
16. Fakultas MIPA 51 orang,

Wisuda kali ini agak istimewa karena dihadiri Bupati Asmat Elisa Kambu, S.Sos. Unhas dan Kabupaten Asmat, provinsi Papua Selatan, menjalin kerja sama dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia.

Kehadiran Bupati Asmat pada kegiatan wisuda Unhas ini adalah untuk menyaksikan wisuda sejumlah sarjana dari putra-putri kabupaten Asmat sebagai hasil kerja sama Unhas dan Kabupaten Asmat. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *