Gelar Buka Puasa Bersama, Para Perwakilan IKA Unhas Merasa Senang dan Berterima Kasih Kepada Andi Amran

Berita453 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Buka puasa bersama yang dilaksanakan PP IKA Unhas disambut gembira dan antusias oleh para pengurus IKA Unhas dari berbagai tingkatan, Sabtu (1/04/2023), di AAS Building lantai 1, Makassar.

Ketua umum IKA Unhas wilayah Sulbar, Dr Muhammad Idris, M.Si sengaja datang untuk menghadiri undangan dari PP. Ia berangkat dari Pasangkayu melalui perjalanan darat dan tiba di Makassar setelah menempuh perjalanan selama 19 jam.

Demikian pula perwakilan IKA Unhas Jabodetabek, terbang khusus dari Jakarta dan tiba di Makassar tadi sore, hanya untuk menghadiri acara buka puasa ini. Perwakilan IKA Unhas wilayah Sultra serta perwakilan IKATEK Bali-Nusa Tenggara juga hadir khusus demi kegiatan ini.

Dari kiri ke kanan: Wakil Rektor Bidang SDM, Alumni dan Sistem Informasi, Prof Dr Farida Patittingi, M.Hum, Ketua umum PP IKA Unhas Dr Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP, Sekjen IKA Unhas Prof Dr Yusran Jusuf, Rektor Unhas Prof Dr. Jamaluddin Jompa, Ketua Majelis Wali Amanah (MWA) Unhas Prof Dr. Alimuddin Unde, dan Ilham Arief Sirajuddin, M.Sc. (Foto: Muh. Ruslan)

IKA Unhas wilayah Sulsel diwakili oleh ketuaya, Hidayah Muhallim sekretaris umum IKA wilayah Sulsel. Ketua IKA Kota Makassar, Rudi Lallo juga hadir. Demikian pula perwakilan pengurus IKA fakultas dan IKA departemen lingkup Unhas.

Kegiatan buka puasa bersama ini mengusung tema, “Merajut Kebersamaan, Merawat Kebersamaan”.

Sebelum azan berkumandang sebagai pertanda waktu berbuka puasa telah tiba, ketua umum PP IKA Unhas Dr Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP memberikan sambutan yang sebagian berisi tentang kisah perjalanan hidupnya selama berada di jajaran pemerintahan, serta dalam menggeluti usaha bisnisnya.

Kisah perjalanan hidup yang disampaiakannya sejatinya menjadi motivasi bagi alumni Unhas yang berusaha mencapai cita-cita dan harapan. “Kita harus belajar bersungguh-sungguh untuk menjadi pemimpin,” ujar Andi Amran.

Para peserta buka puasa saling berinteraksi sambil menuju meja prasmanan untuk mengambil makanan. (Foto: Muh. Ruslan)

Mengenai relasi antara alumi dengan Unhas, Andi Amran membuka diri bagi para mahasiswa Unhas yang telah memasuki semester 6-8 untuk datang berdiskusi dan bertukar pikiran di AAS Building.

“Kami siapkan tempat di lantai 13 untuk mahasiswa yang sudah semester 6, 7 atau 8 untuk berdiskusi menyampaikan aspirasinya. Ini juga bisa disebut persiapan menjadi alumni. Kami mau bina mereka agar tangguh menghadapi kehidupan yang keras,” ujar Andi Amran.

Tawaran ketua umum IKA Unhas itu disambut baik oleh Rektor Unhas, Prof Dr Jamaluddin Jompa, M.Sc. “Kami menyambut baik tawaran ketua umum IKA. Apapun yang akan dilaksanakan oleh IKA, kami dukung sepenuhnya karena IKA adalah mitra dalam membangun Unhas menjadi universitas yang unggul,” ujar Rektor.

Selain rektor, unsur pimpinan Unhas yang hadir adalah Wakil Rektor Bidang Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr drg Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D, Wakil Rektor Bidang SDM, Alumni dan Sistem Informasi, Prof Dr Farida Patittingi, M.Hum, Ketua senat akademik Unhas, Prof drg Baharuddin Talib, Ketua Majelis Wali Amanah (MWA) Unhas, Prof Dr. Alimuddin Unde. Para pimpinan fakultas seluruh Unhas juga hadir.

Hadir pula walik kota Makassar periode 2004-2008 Ilham Arief Sirajuddin, anggota Komisi IX DPR RI Dr. Aliyah Mustika Ilham, dan Manajer PSM Munafri Arifuddin.

Salat Tarawih Bersama

Sekitar 100 orang alumni menyempatkan diri mengikuti salat tarawih bersama. Setelah salat tarawih ketua umum IKA Unhas membuka diskusi lepas, untuk memberi kesempatan kepada perwakilan-perwakilan IKA wilayah dan IKA daerah untuk menyampaikan berbagai hal terkait aktivitas IKA Unhas di wilayahnya.

Ketua umum IKA Unhas wilayah Sulsel menyampaikan bahwa pengurus IKA Unhas daerah yang belum dilantik tersisa dua daerah lagi.

“Kami laporkan bahwa pengurus IKA daerah kabupaten yang belum dilantik di Sulsel tinggal dua daerah lagi,” ujar Hidayah.

Menanggapi hal itu, ketum umum IKA mengatakan bahwa pelantikan pengurus daerah merupakan kewenangan pengurus wilayah. Ketua umum akan hadir setelah pelantikan.

Para peserta buka puasa bersama mendengarkan sambutan-sambutan dari Ketua Umum IKA unhas, Rektor Unhas, dan Ketua MWA Unhas. (Foto: Aang)

“Setelah pelantikan kami akan hadir. Seperti di Pinrang, Soppeng, dan Bantaeng. Kami hadir untuk mendengar keinginan dan aspirasi mereka,” ujar Andi Amran.

Pada kesempatan tersebut para perwakilan pengurus IKA wilayah, kabupaten, fakultas serta departemen menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap undangan untuk buka puasa bersama ini.

“Kami khusus datang untuk kegiatan ini. Saya tidak mau diwakili karena ini merupakan penghargaan terhadap undangan pak ketua umum,” ujar ketua IKA Unhas wilayah Sulbar, Muhammad Idris.

Kepada para pengurus IKA daerah, Andi Amran mengingatkan agar terlibat pada kegiatan sosial yang akan dilaksanakan. Dalam bulan ini PP IKA Unhas akan membagikan paket bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan, serta untuk yatim piatu. Kegiatan itu akan dilaksanakan di 10 titik di wilayah Sulsel. Para pengurus IKA daerah dipersilakan bergabung pada kegiatan tersebut. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.