Unhas dan Pemprov Kaltim Jalin Kerja Sama Sukseskan Pembangunan IKN

Berita903 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional jalin kerja sama dalam rangka mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua Pokja IKN Unhas, Prof. Dr. Sakti Adjie Adisasmita dan Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Kaltim, Dr. Ir. Junaidi, MT., di Samarinda, Rabu (5/04/2023).

Penandatanganan MoU tersebut turut disaksikan Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan Unhas, Prof. Dr. Eng. Adi Maulana, ST. M.Phil.

Dr. Junaidi menjelaskan, tugas Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kaltim berperan mendukung terciptanya konektivitas infrastruktur jalan di wilayah IKN, salah satunya dengan memastikan konektivitas jalan terbangun dengan baik sebagai infrastruktur dasar.

Bukan hanya memastikan konektivitas jalan, tapi juga diberikan beberapa tugas lain dalam beberapa bidang, seperti pembangunan bandar udara, pelabuhan, dan lain-lain.

Usai penandatanganan MoU dilanjutkan dengan foto bersama. (Foto: Humas Unhas)

Untuk memastikan infrastruktur dasar di IKN siap sebelum peresmian, Kepala Balai yang juga alumni S3 Teknik Sipil Unhas ini mengatakan pentingnya kerja sama dengan perguruan tinggi.

“Kami sangat senang karena tugas Balai Besar yang sangat luas ini membutuhkan dukungan dari perguruan tinggi dan kami percaya bahwa Unhas dengan Pokja IKN yang beranggotakan guru besar dan pakar dalam berbagai bidang, mampu memberikan dukungan dengan kajian ilmiah untuk mengatasi persoalan yang kami hadapi di IKN,” jelas Dr. Junaidi.

Prof. Adi Maulana yang mewakili Rektor Unhas, menyambut baik kerja sama tersebut. Ia menegaskan, Unhas berada di garda terdepan dalam mengawal IKN. Keseriusan Unhas dalam mengawal pembangunan IKN diwujudkan dalam pembentukan Pokja IKN melalui SK Rektor Unhas pada awal 2023.

Ia menambahkan, Pokja terdiri dari empat klaster bidang ilmu, yaitu tekno-sains, Agro-kompleks, medikal kompleks, dan sosial humaniora yang beranggotakan guru besar dan ahli dalam bidang masing-masing. Pokja ini bertugas mengkaji isu-isu yang terkait dengan pembangunan IKN.

“Dengan MoU ini, berarti pintu masuk kerja sama yang lebih operasional telah terbuka, terutama dalam bidang infrastruktur. Dalam waktu dekat, dilakukan penandatanganan beberapa kerja sama antara Balai Besar dan Pokja Unhas,” jelas Prof. Adi.

MoU yang ditandatangani kedua belah pihak mencakup Tri Dharma, yaitu dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.