IKAFE Unhas Kolaborasi dengan Laboratorium Kewirausahaan FE UNJ Bahas Standardisasi Produk UMKM

Berita503 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA – Laboratorium Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggandeng Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (IKAFE) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan webinar sebagai bentuk concern terhadap pentingnya standardisasi produk-produk UMKM nasional.

Sebanyak 500 peserta mengikuti webinar yang digelar, Kamis (6/04/2023) secara daring memenuhi kuota zoom. Mereka berasal dari berbagai kalangan, terutama yang bergelut di bidang UMKM. Hadir sebagai narasumber Heru Suseno, Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan & Halal – Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Dalam pemaparannya, Heru mengemukakan bahwa UMKM sebagai salah satu motor penggerak penting ekonomi nasional perlu memahami perlunya standardisasi produk. Sangat dimaklumi karena UMKM nasional selama ini mampu menyumbang 60,34 persen total PDB Nasional & menyerap 97 persen tenaga kerja (BPS, 2017).

“Bahkan dalam tahun-tahun terakhir juga menunjukkan peningkatan signifikan. Diharapkan dengan adanya standardisasi produk yang menyasar produk-produk UMKM akan meningkatkan daya saing mereka, dan tentu saja daya saing kita dalam perdagangan barang dan jasa dengan bangsa-bangsa lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Kewirausahaan FE-UNJ, Andi Muhammad Sadat, Ph.D menekankan bahwa masalah standardisasi adalah masalah bersama dan tidak mungkin dibebankan hanya kepada lembaga tertentu seperti BSN.

Pihak kampus, lanjutnya, harus mengambil peran, berkontrubusi bagi terwujudnya produk-produk nasional dengan standar yang layak.

“Selain memberi rasa aman buat konsumen, juga dapat mengantarkan UMKM naik kelas. Selanjutnya mampu bersaing dengan produk-produk lainya, termasuk barang-barang impor yang terus membanjiri pasar nasional,“ ujarnya. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *