Rektor Buka MTQ Mahasiswa Unhas 2023, Sarana Tumbuhkan Kecerdasan Spiritual

Berita382 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) tingkat Unhas 2023, bertempat di lantai dasar Gedung Rektorat Unhas, Senin (10/04/2023).

Pembukaan MTQM ini juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K), para dekan dan wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan lingkup Unhas, Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier Abdullah Sanusi, S.E., MBA Ph.D, para Kasubdit dalam lingkup Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier, serta tim Pokja Prestasi dan Kemahasiswaan.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier ini, akan berlangsung hingga 13 April 2023.

Seorang peserta MTQM menunjukkan kemampuannya untuk lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa dalam sambutannya mengatakan bahwa momentum Ramadan bukan sekadar memperbanyak membaca Al-qur’an, tetapi menjadi waktu untuk lebih banyak mendalami isi Al-qur’an lewat kajian, termasuk lewat kegiatan MTQ Mahasiswa yang berlangsung hari ini.

Prof JJ menegaskan bahwa Unhas bukan kampus yang hanya mengedepankan kecerdasan intelektual saja, melainkan juga kecerdasan spiritual.

“Sesungguhnya Unhas tidak boleh lepas dari kampus yang berlandaskan spiritual, kita bina dan kita pupuk kecerdasan spiritual. Apabila kecerdasan intelektual dan spiritual digabung, lahirlah kecerdasan emosional,” ujar Prof JJ.

Peserta Terbanyak

Sebelumnya, Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier, Abdullah Sanusi dalam laporannya mengatakan, MTQ Mahasiswa Unhas tahun 2023 ini diikuti 374 mahasiswa untuk 10 cabang lomba. Jumlah tersebut rupakan yang terbanyak sepanjang penyelenggaraan MTQM di Kampus Merah.

Fakultas Ilmu Budaya mengutus perwakilan mahasiswa terbanyak dengan total 63 mahasiswa.

Penyelenggaran MTQM kali memiliki nilaiplus karena diikuti juga mahasiswa internasional.

“MTQ Mahasiswa kali ini juga diikuti lima mahasiswa internasional dari Fakultas Kedokteran yang mengikuti cabang lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hifzil Qur’an lima juz,” ujar Abdullah Sanusi.

Ia menambahkan, MTQM Unhas 2023 ini menjadi ajang seleksi tingkat universitas. Pemenang akan mewakili kampus di tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Universitas Brawijaya.

Usai dibuka secara resmi oleh Rektor Unhas, acara dilanjutkan dengan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Hifzil Quran lima juz, Musabaqah karya tulis ilmiah kandungan Al-Qur’an, dan penilaian lomba fotografi Ramadan. Semua lomba digelar di lantai dasar Gedung Rektorat

Sedangkan untuk lomba Ceramah Bahasa Daerah, Musabaqah Khaththil Qur’an, Musabaqah Tartil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Musabaqah Fahmil Qur’an, dan Musabaqah Hifdzil Qur’an 10 juz digelar pada Selasa 11 April 2023.

Adapun lomba Musabaqah Syarhil Qur’an digelar pada Rabu, 12 April 2023. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman dan penutupan MTQM 2023. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *