Bupati Maros Tinjau Lokasi, HBH IKA Unhas dan Temu Alumni Nasional Bakal Berlangsung Meriah dan Penuh Kejutan

Panitia Siapkan Doorprize Berupa Sepeda Motor, Sepeda, Televisi LED, dan Senilai Umrah

Berita687 Dilihat

KABARIKA.ID, MAROS – Dua hari menjelang pelaksanaan halalbihalal IKA Unhas dan temu alumni nasional, ketua umum penyelenggara yang juga Bupati Maros, H.A.S. Chaidir Syam, S.IP, M.H. menggelar rapat pemantapan teknis di Rujab Bupati Maros, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lokasi kegiatan di kawasan destinasi wisata Bantimurung, Maros, Selasa sore (25/04/2023).

Kunjungan tersebut untuk memastikan semua tata letak lokasi sudah terpetakan dengan baik sehingga mendukung pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Dalam kunjungannya ke lokasi, Bupati Maros didampingi ketua panitia pelaksana Dr. Ir. H. Ilham Rasyid, M.Si, IPM yang akrab disapa H. Ilo, serta ketua-ketua atau anggota seksi, yakni seksi acara, lomba, pameran UMKM, pemberian penghargaan, perlengkapan, publikasi, dan seksi konsumsi.

Bupati Maros, H.A.S. Chaidir Syam, S.IP, M.H. memberikan arahan pada rapat teknis antara panitia pusat dan panitia lokal IKA Unhas Maros di Rujab Bupati Maros, sebelum meninjau lokasi kegiatan di Bantimurung.

Untuk menyemarakkan suasana dan membuat perasaan senang para peserta, panitia menyiapkan undian berhadiah panitia (doorprize) yang menarik. Yakni, empat unit sepeda motor, belasan unit sepeda, televisi LED, dan dua hadiah senilai umrah.

Sebagai rangkaian kegiatan, juga akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dan donor darah. Dinas Kesehatan dan PMI Kabupaten Maros telah menyatakan kesiapan untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan donor darah.

Posko kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan ini akan ditempatkan di area kegiatan dalam kawasan destinasi wisata Bantimurung.

Sedangkan lapak atau stan UMKM yang mendaftar melalui panitia halalbihalal IKA Unhas yang dikoordinasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, akan menempati sisi kiri jalan yang ada kanopinya sebelum simpan tiga menuju baruga utama.

Adapun gerobak UMKM yang selama ini berjualan di arena tempat wisata, tetap diberi kesempatan menjajakan jajanannya, tinggal penempatan gerobaknya yang memerlukan penataan posisinya.

Para peserta halalbihalal dan temu alumni nasional akan dibuat senyaman mungkin tanpa ada kebingungan untuk mengakses fasilitas yang dibutuhkan di lokasi.

Panitia telah mempersiapkan personel yang akan memberikan informasi dan menunjukkan akses bagi peserta yang akan ke musala, toilet, tempat pemeriksaan kesehatan, atau informasi lainnya yang dibutuhkan.

Panitia pusat berkoordinasi dengan panitia lokal IKA Unhas Maros mengenai pembagian tugas teknis di lapangan.

Panitia juga menyiapkan sejumlah games yang menarik dan lomba berhadiah yang dapat membuat suasana riang gembira, sekaligus menjalin keakraban sesama alumni lintas fakultas dan lintas angkatan dari berbagai jurusan.

Untuk masing-masing fakultas, ada lomba yel-yel. Sedangkan untuk kostum, masing-masing fakultas diberi kebebasan untuk berkreasi, dress code-nya adalah nuasa putih.

Lomba yel-yel tidak perlu menunggu seluruh fakultas siap baru dilaksanakan. Fakultas yang sudah siap, dipersilakan menyampaikan kepada panitia untuk mengekspresikan yel-yelnya.

Kegiatan lain yang menjadi rangkaian halalbihalal ini adalah penanaman pohon endemik di kawasan destinasi Bantimurung.

Yang tak kalah menariknya adalah kegiatan pelepasan kupu-kupu oleh ketuam umum IKA Unhas bersama Bupati Maros dan pejabat Unhas.

Untuk menjamin kelancaran kegiatan di lokasi, sebanyak 50 orang panitia lokal dari IKA Unhas Maros juga terlibat langsung. Bahkan sebagian di antaranya bermalam di lokasi tadi malam, untuk memastikan detail kegiatan.

Beli Suvenir untuk Dapat Kupon

Peduli UMKM merupakan salah satu perhatian (concern) dari ketua umum IKA Unhas, Dr. Ir Andi Amran Sulaiman, MP. Kepedulian terhadap kelangsungan usaha UMKM, juga akan ditunjukkan dalam kegiatan halalbihalal di Bantimurung, Maros, pada 27 April besok.

Lapak penjualan suvenir di kawasan Bantimurung, sebelum pintu masuk area destinasi wisata.

Kepedulian terhadap UMKM itu menjadi syarat bagi setiap peserta halalbihalal untuk mendapatkan kupon kudapan (snack), makan siang (lunch), dan undian berhadiah (doorprize) di lokasi acara.

Caranya adalah setiap peserta dianjurkan membeli suvenir sesuai pilihan yang dijual di sejumlah lapak sebelum pintu masuk area kegiatan.

Suvenir yang telah dibeli itu kemudian diperlihatkan kepada panitia untuk diberikan kupon untuk kudapan, makan siang, dan undian berhadiah.

Harga suvenir bervariasi, mulai dari Rp 5.000,- tergantung jenis suvenirnya. Para peserta halalbihalal tidak perlu khawatir mengenai harga, sebab harga yang ada adalah harga normal yang berlaku setiap harinya. Dijamin tidak ada kenaikan harga.

Contoh kupon kudapan, makan siang, dan undian berhadiah.

“Berapa harga suvenirnya? Persiapan cukup ya? Jangan ada kenaikan harga ya,” ujar bupati Maros kepada kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maros, M Ferdiansyah, sore kemarin.

Pengelola itupun menjamin para penjual suvenir tidak akan menaikkan harga jualannya untuk memanfaatkan momentum kegiatan halalbihalal yang pengunjungnya bakal membludak. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *