Andi Amran Sulaiman: “IKA Unhas Kini Kolaborasi untuk Global”

Berita669 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Acara temu alumni nasional dan halalbihalal IKA Unhas berlangsung meriah, Kamis (27/04/2023) di arena destinasi wisata Bantimurung, kabupaten Maros.

Hadir dalam kegiatan ini, ketua IKA wilayah Sulsel yang juga wali kota Makassar Mohammad Ramdan Pomanto, Bupati Gowa Puricta Ichsan YL, ketua IKA wilayah Sulbar Muhammad Idris, M.Si, ketua IKA wilayah Kaltim yang juga Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si, ketua IKA kota Makassar, Rudianto Lallo, ketua IKA Luwu Utara, dan ketua IKA Bantaeng, serta ketua IKA Jabodetabek, Muhammad Ismak.

Ketua umum PP IKA Unhas Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. saat mencabut nomor undian berhadiah.

Juga hadir Rektor Unhas Prof Dr. Ir Jamaluddin Jompa, M.Sc, ketua Majelis Wali Amanah Unhas Prof. Dr. Andi Alimuddin Unde, M.Si, Rektor Unhas periode 1989-1997 Prof Dr. Basri Hasanuddin, M.S, dan Rektor Unhas periode 2006-2014 Prof Dr. dr. Idrus Paturisi, Sp.B, Sp.OT(K).

Peserta HBH dan temu alumni nasional yang berjumlah kurang lebih 3.000 orang, berasal dari pengurus dan anggota IKA wilayah IKA wilayah Sulsel, Sulbar, Kaltim, dan IKA wilayah Sultra. Juga hadir pengurus dan anggota IKA daerah dari seluruh Sulsel.

Ketua umum PP IKA Unhas Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. dalam sambutannya mengatakan bahwa kiprah IKA Unhas saat ini sudah merambah ke dunia global.

“Sekarang IKA Unhas bukan lagi ‘kolaborasi untuk negeri’, tetapi sudah kolaborasi untuk global. Saat terjadi gempa bumi di Turki kita kirim bantuan ke sana. IKA Unhas juga telah mengirim tujuh pelaku UMKM ke Mesir,” papar Andi Amran.

Dari kiri ke kanan: Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, ST, Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam, dan Ketua umum PP IKA Unhas Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P.

IKA Unhas sekarang, lanjut Andi Amran, terus bergerak dalam membantu masyarakat melalu kerja sosial, sehingga peran IKA semakin nyata di tengah masyarakat.

“Ketika terjadi bencana gempa di Cianjur, IKA juga bergerak cepat mengirim bantuan. Ada 10 truk bantuan logistik kita kirim ke sana,” ujar Andi Amran.

Kegiatan temu alumni nasional dan halal bi halal ini yang dilaksanakan di Bantimurung, kabupaten Maros, merupakan momentum untuk mempererat silaturahmi dengan IKA Unhas dari berbagai wilayah dan daerah.

Kegiatan ini juga menunjukkan kalau IKA Unhas semakin solid, sehingga semakin mudah membuat kegiatan kolaboratif dengan berbagai pihak yang lebih bermanfaat, baik untuk alumni sendiri maupun untuk masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, ST dalam sambutannya memuji semangat anggota IKA Unhas yang datang dari jauh untuk menghadiri kegiatan ini.

“Saya memuji semangat anggota IKA Unhas yang datang dari jauh, ada yang bermalam di Makassar kemudian datang di Maros ini untuk menyukseskan kegiatan IKA Unhas,” ujar Andi Sudirman.

Kegiatan ini juga sangat istimewa, lanjut Gubernur Sulsel, karena anggota IKA Unhas dari berbagai daerah di wilayah Sulsel dan luar wilayah Sulsel dapat dipertemukan di tempat yang sangat istimewa.

Anggota IKA Unhas yang berjumlah sekitar 3.000 orang dari berbagai daerah membludak di area kegiatan.

Sebab daerah ini telah ditetapkan oleh Unesco sebagai global geopark Maros Pangkep.

“Kita dapat berkumpul di tempat istimewa yang mana adalah telah ditetapkan sebagai geopark Rammang-Rammang Maros Pangkep. Spesialnya kita ini juga karena merupakan daerah pengembangan kita ke depan,” tandas Gubernur Sulsel.

Wakil rektor bidang SDM, alumni dan sistem informasi, Prof Dr Farida Patittingi, M.H. dalam sambutannya yang mewakili rektor Unhas mengatakan, IKA Unhas semakin maju di bawah kepemimpinan Andi Amran Sulaiman.

Ia mengatakan bahwa salah satu indikator kemajuan sebuah universitas adalah kualitas para alumninya.

Alumni Unhas yang semakin berkualitas menunjukkan kalau Unhas juga semakin berkualitas. Hal ini juga tercermin para peringkat Unhas yang semakin baik dalam jajaran universitas dalam negeri, maupun di antara universitas di dunia.

Penanaman Modal dan Pelepasan Kupu-kupu

Kegiatan awal dari rangkaian HBH IKA Unhas dan temu alumni nasional hari ini adalah penanaman pohon di area Bantimurung. Jenis bibit pohon yang ditanam adalah ebony atau kayu hitam yang merupakan pohon endemik di kawasan karst Maros.

Ketua umum PP IKA Unhas Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. menanam bibit pohon ebony di kawasan Bantimurung.

Ikut menanam pohon adalah Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, ketua umum IKA Unhas Dr Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P., Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam, Rektor Unhas yang diwakili Warek bidang SDM, alumni dan sistem Komunikasi, Sekjen IKA Unhas Prof Yusran Jusuf, dan Waketum PP IKA Unhas Bachrianto Bachtiar.

Usai penanaman pohon dilanjutkan dengan pelepasan 19 jenis kupu-kupu oleh Gubernur Sulsel, ketua umum PP IKA Unhas, Bupati Maros, Sekjen IKA Unhas, anggota DPRD Sulsel Andi Muhmmad Irfan AB, dan anggota DPRD Kota Makassar Rahman Pina.

Pelepasan kupu-kupu ke habitat aslinya di kawasan Bantimurung, Maros, ini merupakan simbol kepedulian IKA Unhas terhadap pelestarian lingkungan hidup dan penyelamatan habitat kupu-kupu endemik Bantimurung, Kabupaten Maros. (rus)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *