Mahasiswa Unhas Jadi Delegasi Indonesia Berbicara di Forum Pemuda PBB di New York

Berita, Kabar Unhas722 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Abdi Ardiansyah, Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas mengharumkan nama almamater dan Indonesia di kancah internasional. Abdi merupakan salah satu dari empat delegasi Kementerian Pemuda dan Olahraga di ajang forum pemuda internasional PBB, The 2023 United Nations Economic and Social Council (ECOSOC) Youth Forum yang digelar pada 25-27 April 2023, di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) New York, Amerika Serikat.

ECOSOC Youth Forum 2023 dibuka secara resmi oleh Presiden Majelis Umum PBB Y.M. Csaba Kõrösi, dan Presiden ECOSOC Y.M Lachezara Stoeva.

ECOSOC merupakan forum internasional yang menjadi wadah bagi para pemuda dari seluruh dunia, untuk membahas peningkatan pemulihan kehidupan sosial pasca Covid-19, serta isu kepemudaan secara konkret berdasarkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Abdi Ardiansyah di antara delegasi lainnya dari seluruh negara anggota PBB, di ruang sidang ECOSOC Youth Forum PBB.

Abdi yang merupakan mahasiswa angkatan 2022, bersama delegasi dari Universitas Indonesia dan UIN Syarif Hidayatullah mengikuti Ministerial Sessions, yakni rapat menteri dari berbagai negara.

Pada kesempatan bergengsi tersebut, Abdi juga menyampaikan gagasannya mengenai komitmen baik Indonesia terkait partisipasi politik pemuda di Indonesia pada Plenary Session.

“Ada juga sesi di mana setiap delegasi dari berbagai negara mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan gagasan. Saya sendiri mendapatkan tugas untuk melakukan intervensi yang berfokus pada SGD 7 terkait Affordable and Clean Energy atau menjamin akses universal layanan energi yang terjangkau, andal dan modern,” jelas Abdi.

Abdi Ardiansyah (berdiri, ketiga dari kiri) foto bersama dengan delegasi dari Universitas Indonesia, UIN Syarif Hidatullah, dan delegasi pemuda dari negara lain.

Abdi menuturkan bahwa ECOSOC Youth Forum ini menjadi ruang untuk bertemu dan berbicara langsung bersama petinggi PBB dan berdiskusi untuk menyampaikan gagasan-gagasan, serta melaporkan apa saja yang telah dilakukan Indonesia terkait SDGs bersama pemuda-pemudi terpilih dari seluruh negara anggota PBB.

“Tentunya senang dan bersyukur bisa terpilih mewakili Kemenpora dan Universitas Hasanuddin sebagai delegasi Indonesia pada UN ECOSOC Youth Forum 2023 ini,” tandas Abdi.

Setelah mengikuti forum internasional ini, Abdi akan terus bersinergi untuk mendukung upaya akselerasi SDGs, khususnya pada bidang pendidikan di Indonesia.

Ia juga berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada Universitas Hasanuddin sebagai salah satu kampus yang sangat memperhatikan SGDs di Indonesia. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *