Unhas dan Universidade de Lisboa Portugal Teken Kerja Sama Bidang Tridarma

Berita, Kabar Unhas522 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universidade de Lisboa Portugal teken kerja sama dalam bidang pengembangan tridharma. Kesepakatan tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc dan Rektor Universidade de Lisboa, Luís Ferreira.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan secara virtual melalui zoom meeting di kampus masing-masing pada pukul 21.30 WITA, Rabu (3/05/2023). Di kampus Unhas, zoom meeting berlangsung di ruang Rektor Unhas.

Hadir secara virtual adalah Dubes Indonesia untuk Portugal, H.E. Rudy Alfonso dan Dubes Portugal untuk Indonesia, H.E. Maria Cardoso.

Hadir secara virtual, antara lain Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, Rektor Universidade de Lisboa Luis Ferreira, Dubes RI untuk Portugal
H.E. Rudy Alfonso dan Dubes Portugal untuk Indonesia, H.E. Maria Cardoso. (Foto: Humas Unhas)

Sedangkan turut mendampingi Rektor secara langsung adalah Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis, Prof. Dr. Eng. Adi Maulana, S.T., M.Phil., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K), dan beberapa pimpinan Unhas lainnya.

Mengawali pembicaraan dengan pimpinan kedua universitas tersebut, Rektor Unhas Prof. JJ menyampaikan ungkapan terima kasih atas kolaborasi dan kepercayaan yang diberikan untuk bersinergi dalam mendorong penguatan tridarma perguruan tinggi melalui berbagai langkah strategis yang bisa dilakukan kedua belah pihak.

Selain itu, Rektor Unhas juga memberikan gambaran mengenai Unhas dalam berbagai aspek, termasuk mengenai kualitas dan kuantitas yang dimiliki Unhas kepada Rektor dan pimpinan Universidade de Lisboa.

“Kami menyakini, kolaborasi yang dilakukan melalui penandatanganan MoU ini bisa menjadi satu penguatan untuk menghadirkan inovasi dalam berbagai kegiatan tridarma melalui sumber daya yang dimiliki,” ujar Prof JJ.

Pimpinan Unhas juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Universidade de Lisboa atas kepercayaan yang diberikan kepada Unhas.

“Apresiasi tinggi kami sampaikan atas kepercayaan yang diberikan untuk bermitra dengan Unhas. Semoga implementasi dari kolaborasi ini bisa segera kita laksanakan bersama,” jelas Prof. JJ.

Kampus Universidade de Lisboa yang terletak di jantung kota Lisboa, Portugal. (Foto: remessaonline.com.br)

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universidade de Lisboa Luis Ferreira juga menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa senangnya bisa membangun kolaborasi dengan Unhas.

Dalam sambutannya, Luis banyak memberikan penjelasan tentang universitasnya sebagai pengenalan awal. Luis mengatakan, Universidade de Lisboa setiap tahunnya menyambut lebih dari 9.000 mahasiswa asing. Dari jumlah itu, sekitar 17,8 persen mahasiswa berasal dari 100 negara.

Universidade de Lisboa saat ini adalah universitas terbesar di Portugal dan salah satu yang terbesar di Eropa. Kampusnya terletak di jantung kota Lisboa, menyediakan program akademik terbaik dan paling beragam untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa.

Luis mengharapkan, Universidade de Lisboa dan Unhas bisa membangun kolaborasi melalui berbagai langkah strategis. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *