Universitas Hasanuddin dan Universitas Toyama, Jepang, Perkokoh Kerja Sama di Bidang Kedokteran dan Farmasi

Berita, Kabar Unhas793 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa, M.Sc beserta rombongan mengunjungi Toyama University, Jepang, selama sepekan hingga Minggu (13/05/2023).

Tujuannya adalah untuk memperkuat kerja sama antara Unhas dengan Universitas Toyama yang selama ini sudah berjalan sangat baik.

Menurut Rektor, kerja sama dengan Universitas Toyama perlu terus dikembangkan karena Toyama sangat maju untuk kajian kedokteran dan farmasi, terutama untuk obat-obatan yang berasal dari alam.

“Selain itu, banyak alumni dari Universitas Toyama menduduki posisi strategis di Unhas dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan dalam berbagai penelitian bertaraf internasional,” ujar Rektor yang dihubungi dari Universitas Toyama Jepang, Selasa (9/05/2023).

Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa, M.Sc bersama Rektor Universitas Toyama Prof. Shigeru Saito.

Prof JJ menjelaskan, Universitas Toyama sangat antusias untuk menerima pertukaran mahasiswa atau dosen yang ingin melanjutkan studi di Toyama. “Sudah sekitar 10 tahun Toyama tidak menerima mahasiswa dari Indonesia karena masalah ketersediaan beasiswa,” kata Rektor

Dengan adanya berbagai peluang beasiswa dari LPDP dan yang lainnya setelah pandemi Covid-19, Unhas diharapkan dapat mengirim kembali mahasiswa dan dosen untuk belajar studi lanjutan di Universitas Toyama.

Sementara itu, Rektor Universitas Toyama Prof. Shigeru Saito mengungkapkan, pihak Toyama akan melihat kemungkinan untuk mengirim mahasiswa dari Toyama untuk belajar di Unhas, terutama di jurusan kedokteran dan farmasi.

“Karena itu, kami berharap kiranya kerja sama yang positif ini dapat terus dikembangkan,” ujar Saito.

Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa, M.Sc didampingi Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Unhas, Prof. Dr. Eng. Adi Maulana, S.T., M.Phil. berdialog dengan unsur pimpinan Universitas Toyama.

Turut menyertai Rektor Unhas dalam kunjungannya ke Universitas Toyama, adalah Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis, Prof. Adi Maulana, M.Phill., Ph.D., Dekan Pascasarjana Prof. dr. Budu, Direktur Rumah Sakit Unhas Prof. A. Muh. Ichsan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Agussalim Buhari, Ketua Departemen Opthalmology Fakultas Kedokteran Unhas dr. Habibah S. Muhiddin, dan Sekretaris Rektor Dr. Sawedi Muhammad.

Dari pihak Universitas Toyama, Rektor Prof. Shigeru Saito didampingi oleh Wakil Rektor Prof. Masayuki Ikeda, Direktur Rumah Sakit Universitas Toyama Prof. Atsushi Hayashi, Direktur Pengobatan Bahan Alam Prof. Yoshihiro Hayakawa, Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Takashi Nakagawa, serta Manager Kerja Sama Internasional Mr. Takeru Nashio.(*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *