40 Mahasiswa FIKP Unhas Ikuti Sertifikasi Kompetensi Kerja Bidang Kelautan dan Perikanan

Berita, Kabar Unhas548 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa merupakan wujud pengakuan kompetensi atas kemampuan mahasiswa sesuai dengan keahlian dalam cabang ilmu tertentu.

Pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja (PSKK) tahun 2023 bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Unhas bertujuan untuk mendorong percepatan tercapainya sumber daya manusia yang kompeten, dalam bidang kelautan dan perikanan. Kegiatan terlaksana atas dukungan pendanaan dari BNSP.

PSKK tahun 2023 diikuti 40 orang mahasiswa FIKP menggunakan skema kompetensi kluster pengemasan hasil perikanan dan kluster pemasaran produksi perikanan. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FIKP Unhas, Safruddin, S.Pi., MP., Ph.D. pada Sabtu (6/05/2023) dan berlangsung selama dua hari, hingga Minggu (7/05/2023) di FIKP Unhas.

Dalam sambutannya Dekan FIKP Unhas mengatakan, sertifikat kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa akan menjadi pendamping ijazah saat melamar pekerjaan.

Para peserta sertifikasi kompetensi kerja mahasiswa FIKP, foto bersama dengan para asesor dan panitia pelaksana usai penutupan kegiatan.

“Sertifikat kompetensi ini nantinya memberikan kepastian bagi mahasiswa sudah terjamin akan kredibilitas hasil kerjanya dalam artian sudah kompeten di bidangnya”, ujar Safruddin.

Hasil uji kompetensi kerja bagi mahasiswa ini akan mendukung pencapaian mahasiswa dan alumni FIKP unggul dan mampu bersaing di bidangnya.

PSKK tahun 2023 dilaksanakan oleh Tempat Uji Kompetensi FIKP Unhas (TUK FIKP UNHAS). PSKK menjadi sebuah indikator pencapaian kompetensi mahasiswa dan merupakan upaya institusi dalam menjamin mutu pendidikan.

Menurut Ketua TUK FIKP UNHAS, Dr. Ir. St. Aisjah Farhum, M.Si, PSKK terselenggara atas kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan Perikanan (LSP KP) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Seluruh mahasiswa yang mengikuti PSKK selama dua hari, direkomendasikan kompeten oleh tiga asesor kompetensi, yakni Dr. Nursinah Amir, S.Pi., MP. ; Dr. St Fakhriyyah, S.Pi., M.Si, dan Dr. Ratnawati, S.Pi., M.Si. (*/rs)

Kepala Bagian Humas Un

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *