Rektor Unhas Tegaskan, Hubungan Unhas dengan Hiroshima University Sudah Berlangsung 47 Tahun

Berita, Kabar Unhas606 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Pada hari ketiga kunjungannya ke Jepang, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc. bersama rombongan mengunjungi Hiroshima University, di Kampus Saijo, Rabu (10/05/2023).

Dalam kunjungan ini, Rektor Unhas didampingi Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Inovasi, Bisnis dan Wirausaha Prof. Adi Maulana, M.Phil., Ph.D. dan Sekretaris Rektor Unhas Dr. Sawedi Muhammad.

Prof. Adi Maulana menyampaikan dari Jepang, bahwa kunjungan rombongan Unhas tersebut diterima oleh Presiden Hiroshima University Presiden Mitsuo Ochi dan jajarannya.

Acara diawali dengan mengundang Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa dalam acara seremoni untuk meresmikan pembaharuan plakat Unhas yang ditanam di Memorial Park di Hiroshima Deigaku.

Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa menyerahkan coklat celebes produk Unhas kepada Rektor Hiroshima University. Sedangkan Rektor Hiroshima University Prof. Mitsuo Ochi memberikan dasi kepada Rektor Unhas sebagai simbol pertemanan.

Plakat sebut sebagai simbol persahabatan panjang yang telah dimulai oleh Unhas dan Hiroshima University ketika Prof. dr. Husni Tanra, Ph.D., melakukan studi lanjut di Hiroshima University.

“Artinya, hubungan Unhas dengan Hiroshima University telah berlangsung sekitar 47 tahun yang lalu,” kata Prof. JJ.

Dalam kunjungan ini pula, kedua belah pihak memperbaharui Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah ditandatangani sejak tahun 1997 yang masih berlaku sampai sekarang.

Dalam seremoni ini Prof. Jamaluddin Jompa menyerahkankan plakat Unhas dengan simbol kemudi perahu yang terbuat dari pohon jati, salah satu pohon khas dari Indonesia.

Pertemuan kemudian dilanjutkan di ruang rapat Rektor Hiroshima University. Dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini, disepakati beberapa pola dan skema kerja sama di masa depan.

Unhas dan Hiroshima University nantinya akan saling memperkuat, tidak hanya di dalam bidang-bidang yang selama ini sudah ada seperti bidang kedokteran, teknik dan bidang-bidang lainnya, tetapi juga sepakat untuk bekerja sama dalam bidang yang relatif baru di Indonesia, seperti di bidang sains material.

Hal ini tentu akan mendukung Unhas yang kebetulan baru membuka Departemen Material dan Metalurgi, sehingga ke depan diharapkan kedua universitas bisa bekerja sama lebih erat dan diikuti luaran-luaran berupa publikasi-publikasi berlevel internasional.

Prof. Jamaluddin Jompa menyerahkankan plakat Universitas Hasanuddin berbentuk kemudi perahu yang terbuat dari pohon jati, kepada Rektor Hiroshima University, Mitsuo Ochi.

Menurut Prof Adi Maulana yang dihubungi via jaringan media sosial juga menyampaikan, kedua universitas bersepakat untuk bekerja sama dalam bidang pembangunan berkelanjutan (sustainable development) dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pertemuan di ruang rektor ini berlangsung sekitar 15 menit dan diakhiri dengan saling bertukar cenderamata antara Rektor Unhas dengan Rektor Hiroshima University.

Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa menyerahkan coklat celebes yang merupakan produk Unhas dan diberikan kepada Rektor Hiroshima University. Sebaliknya, Rektor Hiroshima University Prof. Mitsuo Ochi memberikan dasi sebagai simbol pertemanan kepada Rektor Unhas.

Selanjutnya, rombongan dan tuan rumah berfoto bersama dan dilanjutkan makan malam bersama.

Selanjutnya, Rektor Unhas beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Tokyo untuk mengunjungi salah satu sains tekno park (STP) terbesar yang ada di Jepang. STP ini terletak di Kota Suraoka, sebelah utara Tokyo yang saat ini dikelola oleh Keio University, salah satu universitas swasta terbesar di Jepang. (*rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *