Waspada! Leher Menghitam Bisa Jadi Gejala Diabetes

DIABETES merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (glukosa) yang merupakan sumber energy utama bagi sel tubuh manusia.

Ketika gula darah naik, itu pertanda bagi pankreas untuk melepaskan insulin.

Insulin berguna sebagai pengiring gula darah masuk ke sel-sel tubuh manusia dan nantinya diproses sebagai energi.

Namun, adanya diabetes, tubuh tidak dapat membuat cukup insulin atau tidak dapat bisa menggunakan sebagaimana fungsinya.

Insulin yang kurang berakibat terlalu banyak gula di aliran darah. Seiring waktu, hal tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono mengatakan ada beberapa gejala diabetes yang perlu diwaspadai dan diperhatikan, salah satunya adanya garis atau lingkaran hitam yang berada di area leher. Istilah medisnya, disebut acanthosis nigricans.

“Gejala diabetes yang mungkin tidak terlalu diperhatikan, yaitu adanya lingkaran hitam di leher. Kita sebut acanthosis nigricans, kalau ada garis hitam di leher bagian belakang itu merupakan pertanda diabetes,” tuturnya di akun Instagram Kemenkes RI @kemenkes_RI, dilansir pada Jumat (12/5/2023).

Gejala tersebut terjadi akibat insulin yang terlalu tinggi dan tidak bekerja, sehingga memicu garis atau lingkaran hitam di area leher pengidap.

Dante juga menyebut orang yang sering mengantuk setelah makan bisa menjadi salah satu tanda diabetes.

“Itu terjadi karena insulin yang tinggi, tidak bisa bekerja,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *