Tekuk Vietnam dengan Skor 3-2, Indonesia Pastikan Lolos ke Babak Final Sepak Bola SEA Games 2023

Berita85 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Timnas Indonesia U-22 memastikan diri lolos ke final sepak bola SEA Games 2023 setelah menekuk Vietnam dengan skor 3-2. Meski bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua, Skuad Garuda Muda ini tetap mampu mempersembahkan hasil terbaik kepada para penonton dan pencinta bola di seluruh Indonesia .

Pertandingan ini berlangsung di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu sore (13/5/2023) WIB. Tim Indonesia mampu meraih kemenangan secara dramatis setelah berjuang hingga titik darah penghabisan.

Timnas Indonesia U-22 berhasil unggul cepat di menit ke-10 lewat Komang Teguh. Gol ini bermula dari lemparan ke dalam yang jadi spesialisasi Pratama Arhan.

Arhan berhasil melempar bola ke depan gawang Vietnam dan Komang Teguh ada di posisi yang tepat untuk menyundul bola masuk ke dalam gawang. Kiper Quan Van Chuan pun hanya terpana melihat bola masuk ke dalam gawang.

Pemain Timnas Indonesia U-22 yang diturunkan pada laga semifinal sepak bola SEA Games 2023 melawan Timnas Vietnam U-22 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu sore (13/05/2023) WIB. (Foto: Ist.)

Vietnam kemudian bisa menyamakan kedudukan 1-1 di menit ke-35. Gola bisa tercipta ketika Nguyen Van Tung bisa menyundul bola memanfaatkan umpan Nguyen Phu Duc.

Setelah imbang 1-1 di babak pertama, Indra Sjafri memutuskan menurunkan Muhammad Taufany dan Muhammad Ferarri untuk menggantikan Komang Teguh dan Ananda Raehan yang cedera.

Indonesia mencetak gol kedua pada menit ke-53 lewat lemparan ke dalam Arhan yang bolanya ditinju kiper Vietnam, Quan Van Chuan. Bola muntahan disambut Marselino Ferdinan, tendangannya dibelokkan Ferrari hingga masuk ke gawang.

Indonesia harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-61. Pratama Arhan melakukan pelanggaran terhadap pemain sayap Vietnam, Nguyen Duc Phu, hingga wasit mengganjar dengan kartu kuning kedua.

Vietnam yang unggul dalam jumlah pemain berhasil menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Bagas Kaffa pada menit ke-78. Pemain Barito Putera itu salah dalam mengantisipasi datangnya bola, kedudukan sementara 2-2.

Setelah mampu menyamakan kedudukan, Vietnam terus menekan pertahanan Indonesia. Ernando melakukan penyelamatan pada menit ke-85 setelah sundulan Van Tung yang ditepis hingga membuahkan tendangan sudut.

Keasyikan menyerang, Vietnam justru kebobolan di menit kritis. Berawal dari serangan balik cepat, Muhammad Taufany (90+5’) sukses melepaskan tembakan terukur dari luar kotak penalti.

Pada akhirnya, tidak ada gol yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai. Timnas Indonesia U-22 sukses mengalahkan Vietnam U-22 dengan skor 3-2 dan mengunci tiket ke babak final sepak bola SEA Games 2023. (emrus)

Susunan Pemain

Indonesia:
Ernando Ari;
Rizky Ridho,
Amiruddin Bagas,
Komang Teguh (Muhammad Ferrari 46),
Pratama Arhan (Kartu merah),
Alfeandra Dewangga;
Ananda Raehan (Taufani Muslihuddin 46),
Marselino Ferdinan,
Fajar Fathur Rachman,
Witan Sulaeman (Rio Ilham 64),
Muhammad Ramadhan Sananta

Vietnam:
Quan Van Chuan;
Phan Tuan Tai,
Tran Quang Thinh,
Nguyen Ngoc Thang,
Le Van Do,
Nguyen Van Tung,
Nguyen Thanh Nhan,
Nguyen Thai Son,
Ho Van Cuong,
Vo Min Trong,
Nguyen Duc Phu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.