Konsolidasi Percepatan Pencapaian SDGs, Unhas Hadirkan Pakar dari Bappenas dan Kementerian KLHK

Berita, Kabar Unhas1201 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Rektor Unhas Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc., membuka secara resmi kegiatan konsolidasi peran perguruan tinggi dalam percepatan pencapaian target SDGs di tingkat daerah, dalam rangka pengarusutamaan Sustainable Development Goals (SDGs) ke dalam lingkup universitas dan penguatan peran SDGs Center Unhas, di Unhas Hotel and Convention, Senin (22/05/2023).

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama antara Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan SDGs Center Unhas,

Dalam sambutannya, Rektor Prof JJ menjelaskan pentingnya menginternalisasi target-target SDGs ke dalam Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu dalam penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat.

Peserta konsolidasi peran perguruan tinggi dalam percepatan pencapaian target SDGs, menyimak paparan dari narasumber.

Menurut Rektor, Unhas telah membentuk SDGs Center sebagai wadah untuk mempercepat pelaksanaan SDGs di Unhas

“Unhas memainkan peran penting dengan memasukan isu SDGs ke dalam berbagai penelitian, baik pada pembangunan sosial, pembangunan ekonomi, pembangunan lingkungan dan pembangunan hukum dan tata kelola,” ujar Rektor Prof JJ.

Bukan hal mudah untuk mempercepat capaian target tersebut, lanjut Rektor, sehingga dibutuhkan kerja sama berbagai pihak. “Unhas sebagai institusi pendidikan memiliki kapasitas dan peluang yang besar dengan mencakup semua bidang keilmuan yang dimiliki, sesuai dengan tujuan SDGs,” jelas Prof. JJ.

Ia menekankan kepada semua fakultas untuk membentuk Task Force SDGs. Capaian Unhas dalam mendapatkan predikat terbaik kedua pada SDGs Action Award 2022 sangat dibutuhkan peran dan komitmen seluruh pihak untuk mempertahankan berbagai upaya program yang telah dilaksanakan dan terus memastikan rencana pelaksanaan SDGS ke depan.

Sementara itu, Kepala SDGs Center Unhas Dr. Muhammad Yusri Zamhuri, MA. menyampaikan bahwa peran SDGs Center Unhas setelah diresmikan tidak hanya sebagai pendukung pembangunan berkelanjutan nasional dan daerah, tetapi juga berperan dalam meningkatkan peringkat universitas melalui pencapaian target program SDGs.

Dalam perkembangannya sejak tahun 2019, SDGs Center Unhas menjadi yang terdepan dalam mendorong pembangunan berkelanjutan di Indonesia dengan memulai perjalanan transformatif untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat dan lingkungan.

Melalui penelitian yang ketat, program inovatif, dan keterlibatan masyarakat yang aktif, dengan mengambil pendekatan multidisiplin untuk mengatasi masalah yang kompleks.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber. Seknas SDGs Kementerian PPN/Bappenas Dr. Rachman Kurniawan mempresentasikan materi tentang Localizing SDGs dan peran perguruan tinggi dalam pelaksanaan SDGs di Indonesia.

Sedangkan Staf Ahli Menteri KLHK Bidang Energi, Prof. Dr. Ir. Winarni Monoarfa, MS memaparkan mengenai praktik terbaik sektor kehutanan dalam percepatan pencapaian SDGs. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *