Dubes Italia Berikan Kuliah Umum di Unhas, Bahas Strategi Diplomasi Ekonomi di Eropa

Berita, Kabar Unhas1120 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Duta Besar (Dubes) Italia untuk Indonesia H.E. Benedetto Latteri memberikan kuliah umum dengan memaparkan strategi diplomasi di hadapan 200 orang peserta, bertempat di Ruang Senat, Gedung Rektorat lantai 2, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa (6/06/2023).

Sekretaris Universitas Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D., dalam sambutannya saat membuka acra, mengucapan selamat datang kepada Dubes Italia ke Unhas. Selanjutnya ia memberikan gambaran umum tentang Unhas serta potensi dan prestasi yang dimiliki kepada Dubes Latteri.

Mahasiswa Unhas dari berbagai fakultas menyimak paparan Dubes Italia H.E. Benedetto Latteri saat memberikan kuliah umum.

“Sebagai perguruan tinggi, Unhas memiliki komitmen dalam mendorong peningkatan kualitas pada berbagai sektor. Unhas merupakan PTN terbesar dengan berbagai capaian, tidak hanya di bagian Timur Indonesia. Untuk itu, upaya berkelanjutan terus dilakukan termasuk memperluas kemitraan dengan berbagai pihak,” ujar Prof. Sumbangan.

Selanjutnya, Dubes Italia menguraikan materi kuliah umumnya di depan mahasiswa Unhas dari berbagai fakultas. Dalam uraiannya, Dubes Latteri memberikan gambaran tentang tinjauan ekonomi bilateral hingga proses diplomasi.

Tidak hanya itu, ia juga banyak menjelaskan tentang hubungan kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan Italia.

Dubes Italia H.E. Benedetto Latteri didampingi Sekretaris Universitas Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D., foto bersama dengan para peserta kuliah umum.

Menurut Latteri ada enam strategi proses diplomasi yang diterapkan oleh Italia, salah satunya adalah diplomasi dalam bidang ekonomi.

“Italia merupakan negara yang memimpin dalam hal perputaran ekonomi sirkular di atas Jerman, Spanyol dan Prancis. Italia terbesar kedua di dunia dan menjadi negara pertama di Eropa dalam hal ekspor,” papar Latteri.

Usai presentasi, sejumlah peserta kuliah umum yang merupakan mahasiswa Unhas dari berbagai fakultas, aktif memberikan pertanyaan dan berdiskusi dengan narasumber. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *