Besok, Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako Kunjungi Indonesia untuk Pererat Persahabatan Kedua Negara

Berita1097 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Kaisar Jepang dan Permaisuri Masako dijadwalkan mengunjungi Indonesia besok, Sabtu (17/06/2023). Kaisar Jepang dan Permaisuri akan berada di Indonesia hingga 23 Juni 2023.

Rencana kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako ke Indonesia ini, diumumkan oleh Perdana Menteri Fumio Kishida, Jumat pekan lalu.

“Kunjungan tersebut akan semakin mempererat hubungan persahabatan yang akrab dan niat baik dengan Indonesia,” ucap Kishida.

Menjelang keberangkatannya ke Indonesia, Kaisar Naruhito menggelar jumpa pers di Tokyo, Kamis (15/06/2023). Kaisar Naruhito berharap kunjungannya ke Indonesia akan membantu membangun hubungan bersahabat antara kedua negara.

Kunjungan Kaisar Naruhito ini merupakan kunjungan pertamanya sejak Kaisar Naruhito naik takhta pada 2019.

Saat ditanya dalam jumpa pers mengenai hubungan bilateral di masa lalu, saat Jepang menguasai Indonesia, Kaisar menyebutkan terdapat masa-masa yang sulit.

Presiden Joko Widodo didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo, foto bersama dengan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako, saat Presiden berkunjung ke Istana Kekaisaran Jepang, pada 27 Juli 2022. (Foto: Setpres)

Ia mengatakan Jepang berkontribusi bagi perdamaian dan kemakmuran masyarakat internasional bersama Indonesia dan negara-negara Asia lainnya, sejak berakhirnya perang.

Kaisar juga mengatakan kunjungan ini akan makin mempererat persahabatan dan niat baik antara kedua negara, serta membangun sejarah pertukaran bilateral.

Selama berada di Indonesia hingga 23 Juni, Kaisar Naruhito didampingi Permaisuri Masako. Namun, Kaisar memutuskan untuk mengunjungi sejumlah tempat sendirian (tanpa didampingi Permaisuri).

Kaisar membuat keputusan tersebut setelah melakukan kajian menyeluruh terhadap acara-acara yang direncanakan.

Kaisar berharap, Permaisuri yang akan melakukan lawatan resminya yang pertama ke Asia Tenggara ini, dapat menjaga kondisinya agar ia dapat menjalankan tugasnya dengan aman.

Kunjungan perdana Kaisar Naruhito bersama Permaisuri Masako ke Indonesia ini, merupakan kunjungan balasan atas kunjungan Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Joko Widodo ke istana kekaisaran Jepang, pada 27 Juli 2022.

Pada saat itu, Presiden mengundang keduanya untuk mengunjungi Indonesia. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *